Sukses

Data dan Fakta, Indonesia 7 Kali Menang atas Vietnam

Kemenangan terbesar Indonesia atas Vietnam terjadi di Hanoi pada ajang Piala Tiger 2004 atau Piala AFF.

Liputan6.com, Sleman Indonesia akan menghadapi Vietnam di pertandingan uji coba, Minggu, (9/10/2016) di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta. Sepanjang sejarah, kedua kubu sudah 18 kali bertemu.

Dari data RSSF, Indonesia memetik 7 kali kemenangan, 7 kali imbang dan 4 kekalahan. Tim Merah Putih terakhir bertemu pada 2012 di Surabaya. Empat tahun lalu, Indonesia bermain imbang tanpa gol.

Pertandingan ini membangkitkan memori pelatih Indonesia, Alfred Riedl. Pelatih asal Austria ini tercatat tiga periode bekerja untuk Timnas Vietnam. Berikut deretan data dan fakta menarik Indonesia kontra Vietnam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

1. Indonesia dan Vietnam total sudah bersua 18 kali terhitung sejak 1991. Indonesia mencatat 7 kemenangan, 7 imbang, dan 4 kali kalah.

2. Kemenangan terbesar Indonesia atas Vietnam terjadi di Hanoi pada ajang Piala Tiger 2004 atau yang sekarang dikenal dengan Piala AFF. Indonesia menang 3-0 berkat gol yang dicetak Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakusuma.

Lee Cong Vinh

3. Laga terakhir Indonesia vs Vietnam terjadi dia ajang Piala AFF 2014. Kala itu skor yang terjadi 2-2. Gol Indonesia dicetak Zulham Zamrun dan Samsul Arif dalam pertandingan di My Dinh Stadium, Hanoi.

4. Pada gelaran Piala AFF, Vietnam pernah juara satu kali pada 2008. Di final, mereka mengalahkan Thailand. Mereka juga menjadi runner-up pada 1998 saat bernama Piala Tiger.

Timnas Indonesia

5. Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, pernah menukangi Vietnam selama tiga periode. Yakni 1998-2000, 2003-2004 dan 2005-2007. Prestasi terbaik adalah runner-up Piala AFF 1998 serta perempat final Piala Asia 2007. (Penulis: Indra Eka Setiawan)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

  • Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih
    Tim Nasional Vietnam selalu diisi oleh sederet talenta hebat. Hal ini dibuktikan dengan dua gelar juara Piala AFF yang pernah diraih

    Timnas Vietnam