Sukses

Bomber Asing Kuasai Daftar Top Scorer Putaran Pertama

Pemain lokal tersubur adalah Ferdinand Sinaga dengan koleksi tujuh gol.

Liputan6.com, Jakarta- Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo telah usai menggelar putaran pertama. Dari daftar top scorer, pemain asing masih mendominasi atas pemain lokal.

Dari total 373 gol yang tercipta pada putaran pertama, posisi lima besar daftar top scorer seluruhnya dihuni oleh pemain asing. Catatan ini setidaknya juga membuktikan bahwa striker lokal masih melempem di putaran pertama.

Penyerang Barito Putera, Luis Carlos Junior, sukses memimpin daftar top scorer dengan koleksi 12 gol. Hebatnya lagi, Luis Carlos mampu menciptakan dua hattrick di sepanjang putaran pertama.

Sementara itu, bomber lokal yang mampu muncul di sela-sela dominasi pemain asing adalah penyerang PSM Makassar, Ferdinand Sinaga. Striker asal Sumatera Utara ini telah menyumbangkan tujuh gol dan menjadi top scorer bagi Juku Eja.

Berikut adalah lima bomber pencetak gol terbanyak pada putaran pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Luis Carlos Junior (Barito Putera)

1. Luis Carlos Junior (Barito Putera)

Luis menjadi striker paling subur di TSC 2016 dengan torehan 12 gol dari 14 pertandingan yang dijalani. Penyerang asal Brasil ini bahkan sukses membuat dua hattrick selama putaran pertama.

Kendati demikian, Luis tidak selalu konsisten dalam mencetak gol. Penyerang bernomor punggung 10 ini telah absen menjebol gawang lawan dalam empat laga terakhir di TSC 2016.

3 dari 6 halaman

2. Pablo Rodrigues Aracil (Madura United)

2. Pablo Rodrigues Aracil (Madura United)

Di peringkat kedua, muncul nama penyerang Madura United, Pablo Rodriguez Aracil. Penyerang asal Spanyol ini telah mengoleksi 11 gol dari 16 laga yang dilakoni.

Setali tiga uang dengan Luis Carlos, Pablo juga sempat mencetak hattrick saat menang 3-0 atas Persiba Balikpapan.

Tak hanya piawai dalam mencetak gol, Pablo juga rajin membuat assist bagi Madura United. Pemain bertubuh jangkung itu telah membuat empat assist bagi klub berjuluk Sapeh Kerab ini.

4 dari 6 halaman

3. Marcel Silva Sacramento (Semen Padang)

3. Marcel Silva Sacramento (Semen Padang)

Torehan gol Marcel sama seperti Pablo Rodrigues dengan koleksi 11 gol. Keberhasilan Marcel berada di peringkat ketiga daftar top scorer tak terlepas dari performanya di beberapa laga terakhir.

Hal tersebut dibuktikan ketika Marcel mampu membuat Marcel mampu mencetak tujuh gol hanya dari lima pertandingan terakhir di TSC 2016. Produktivitas Marcel baru terhenti setelah dia gagal mencetak satu gol pun ke gawang Mitra Kukar pada pekan ke-16. Alhasil, Semen Padang pun harus mengakui keunggulan Naga Mekes setelah menyerah dengan skor akhir 0-2 di Stadion Aji Imbut Tenggarong.

Sama halnya seperti Pablo Rodriguez, Marcel juga tak hanya pandai mencetak gol tapi juga rajin membuat assist. Sejauh ini empat assist telah dibuat oleh Marcel untuk klub berjulukan Kabau Sirah itu.

5 dari 6 halaman

4. Shohei Matsunaga (Persiba Balikpapan)

4. Shohei Matsunaga (Persiba Balikpapan)

Penyerang asal Jepang ini mampu menembus papan atas daftar pencetak gol terbanyak kendati klubnya sedang terpuruk di tangga klasemen. Shohei sejauh ini merupakan top scorer Persiba dengan torehan delapan gol.

Shohei adalah tipikal striker yang selalu bergerak untuk mencari ruang. Meski jarang berada di kotak penalti lawan, Shohei memiliki kemampuan melepaskan tendangan yang akurat. Statistik menunjukkan Shohei memiliki persentase akurasi tembakan mencapai 66 persen.

6 dari 6 halaman

5. Beto Goncalves (Sriwijaya FC) dan Thiago Furtuoso (Bhayangkara Surabaya United)

5. Beto Goncalves (Sriwijaya FC) dan Thiago Furtuoso (Bhayangkara Surabaya United)

Koleksi gol Beto dan Thiago sama-sama mencetak delapan gol. Kedua bomber ini melengkapi empat pemain asal Brasil yang menguasai daftar top scorer.

Meski begitu, Beto lebih unggul dari Thiago jika berkaca pada torehan assist yang telah dia buat. Beto saat ini telah mengoleksi empat assist sedangkan Thiago hanya dua assist.

(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini