Sukses

Maria Londa Pimpin Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2016

Pesta olahraga Olimpiade Rio 2016 resmi dibuka pada Sabtu (6/8/2016) pagi di Stadion Maracana, Rio de Janeiro.

Liputan6.com, Rio de Janeiro - Pesta olahraga Olimpiade Rio 2016 resmi dibuka pada Sabtu (6/8/2016) pagi di Stadion Maracana, Rio de Janeiro. Warna-warni kembang api, atraksi laser tiga dimensi, hingga gabungan antara tarian, musik, dan drama teatrikal disuguhkan di hadapan 78 ribu penonton yang hadir.

Upacara pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan tuan rumah. Namun sebelumnya, Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dan Presiden interim Brasil Michel Temer diperkenalkan kepada para tamu yang hadir di Maracana.

Dalam defile kontingen Rio 2016, Indonesia diperkenalkan setelah India. Atlet lompat jauh kebanggaan Indonesia, Maria Natalia Londa, membawa bendera dengan pakaian adat Bali.

Peraih medali emas Asian Games 2014 Incheon itu didampingi Chef de Mission Raja Sapta Oktohari. Sementara atlet lainnya mengenakan jas putih bercorak Garuda merah dan batik Parang. Selain Maria, seluruh rombongan mengibarkan bendera Merah-Putih berukuran kecil.

Di sisi lain, Amerika Serikat hadir dengan kostum sederhana, tetapi memiliki warna khas bendera mereka. Kontingen AS dipimpin oleh jagoan mereka di cabang renang, Michael Phelps. AS menjadi negara tersukses dalam sejarah Olimpiade. Pada Rio 2016 kali ini, mereka mengirim 555 atlet.

Sementara petenis peringkat kedua dunia, Andy Murray, mendapat kehormatan membawakan bendera kontingen Britania Raya.

Pebulu tangkis veteran Malaysia, Lee Chong Wei, menjadi pembawa bendera dalam Olimpiade 2016 ini. Lee pernah mengatakan bahwa inilah Olimpiade terakhirnya, sebelum juara Indonesia Open 2016 tersebut pensiun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini