Sukses

Daftar 10 Agen Pemain Top di Dunia Sepak Bola

Mendes disebut-sebut sebagai agen paling makmur karena menangani Ronaldo dan Mourinho.

Liputan6.com, Jakarta Saga transfer Paul Pogba dari Juventus ke Manchester United ikut melambungkan nama Mino Raiola. Sebagai agen Pogba, pria asal Italia tersebut punya peran sentral dalam menyukseskan kepindahan pemain asal Prancis itu ke Old Trafford.

Agen memang punya peran vital di saat jendela transfer bergulir. Dia menjadi perantara bagi pemain dan klub dalam mencapai kata sepakat. Agen ibarat "gelandang sentral" dalam urusan perpindahan pemain dari satu klub ke klub lainnya.

Kemampuan yang paling dibutuhkan dari seorang agen pemain adalah skill negosiasi mereka. Meski tidak ikut terlibat langsung dalam mengolah si kulit bundar, terkadang seorang agen ikut menentukan kesuksesan pesepak bola yang jadi kliennya.

Profesi agen juga terbukti menjanjikan. Sebab dalam menjalankan tugasnya, agen mendapat bayaran yang tidak sedikit. Apalagi untuk pemain sekelas Cristiano Ronaldo, upah yang mereka dapatkan bisa mencapai miliaran.

Sejauh ini, setidaknya, ada 10 agen ternama dalam dunia sepak bola yang perlu diketahui. Sebagian besar dari mereka sudah terlibat dalam aktivitas transfer fantastis. Berikut adalah daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Jorge Mendes

1. Jorge Mendes
Kapasitas Mendes sebagai seorang agen tak perlu diragukan lagi. Namanya disebut-sebut sebagai agen tersukses di Eropa. Bahkan, ia mendapat julukan Raja Agen Sepak Bola. Itu karena ia menaungi nama-nama top dalam dunia sepak bola.

Momen transfer yang membuat namanya menjulang adalah saat ia sukses mengirim Cristiano Ronaldo dari Sporting Lisbon ke Manchester United pada musim panas 2003 dengan mahar 17,5 juta euro. Namanya terus dikenal seiring kesuksesan Ronaldo sebagai pemain.

Tak heran jika Ronaldo menganggap Mendes sudah seperti keluarga. Pemain lain yang juga ditangani Mendes adalah James Rodriguez, David de Gea, Diego Costa, Renato Sanches, Ricardo Quaresma, Pepe, Luis Nani, dan Radamel Falcao. Di sektor pelatih, ia adalah agen Jose Mourinho dan Luiz Felipe Scolari.

Jika melihat masa lalunya, orang tentu tak akan percaya bahwa Mendes akan menjadi sosok penting dalam sepak bola. Itu karena ia memiliki kehidupan yang serba pas-pasan. Ia pun harus membantu ibunya untuk menjual topi dan keranjang dari jerami untuk membeli makan siang.

3 dari 7 halaman

2. Mino Raiola

2. Mino Raiola
Nama Raiola kini sedang ramai diperbincangkan. Itu karena ia tengah terlibat dalam negosiasi mengenai transfer gelandang Juventus, Paul Pogba. Kebetulan, Pogba sedang menjadi komoditi panas di bursa transfer musim panas ini.

Raiola disebut-sebut akan meraup keuntungan besar jika Pogba resmi direkrut Manchester United. Setidaknya, ia akan mengantongi upah hingga 25 juta euro, jumlah yang terbilang cukup untuk membeli seorang pemain berkualitas.

Sebelum Pogba, ia juga sudah menyalurkan dua pemain ke Old Trafford. Mereka adalah Zlatan Ibrahimovic dan Henrikh Mkhitaryan. Pria Italia berusia 48 tahun itu juga sempat terlibat dalam transfer Dennis Bergkamp, Bryan Rog, dan Wim Jonk.

Nilai transfer fantastis yang pernah ditangani Raiola adalah saat ia menyalurkan Ibra dari Inter Milan ke Barcelona di musim panas 2009 dengan mahar 46 juta euro. Namun, angka itu akan terlampaui jika transfer Pogba ke MU terealisasi karena mencapai lebih dari 100 juta euro.

4 dari 7 halaman

3. Pini Zahavi

3. Pini Zahavi
Nama Zahavi mungkin masih asing terdengar di telinga. Sebab, era kejayaan Zahavi sebagai seorang agen sudah berlangsung beberapa tahun yang lalu. Pemain-pemain top yang ditanganinya adalah Ashley Cole, Carlos Tevez, dan Rio Ferdinand.

Transfer perdana yang ditangani pria Israel berusia 72 tahun adalah saat menjual Avi Cohen dari Maccabi Tel Aviv ke Liverpool dengan mahar 237.000 euro. Lalu, momen yang membuat namanya dikenal adalah saat membantu Roman Abramovich membangun Chelsea setelah mengakuisisinya pada 2003.

Barry Silkman (Football365)

4. Barry Silkman
Lahir di Inggris pada 29 Juni 1952, Silkman pun memilih profesi sebagai pesepak bola. Klub profesional pertamanya adalah Wimbledon. Lalu, ia juga sempat memperkuat Crystal Palace, Manchester City, Brentford, dan Queens Park Rangers.

Setelah pensiun pada 1987, Silkman mencoba peruntungan sebagai agen pemain sejak 1990. Pemain-pemain yang menjadi kliennya adalah David Villa, Demba Ba, Didier Drogba, dan Ravel Morrison.

5 dari 7 halaman

5. Cezary Kucharski

5. Cezary Kucharski
Sejatinya, Kucharski adalah mantan pemain timnas Polandia yang sempat tampil di Piala Dunia 2002. Setelah pensiun, ia memilih untuk berprofesi sebagai agen pemain. Sebagian besar kliennya adalah pemain asal Eropa Timur.

Sebut saja Robert Lewandowski, Jakub Blaszczykowsi, dan Dimitar Rangelov. Kebetulan, karier gemilang Lewandowski ikut membuat nama Kurcharski juga semakin diperhitungkan.

Jerome Anderson (The Guardian)

6. Jerome Anderson
Anderson merupakan agen yang disebut-sebut paling kontroversial di Inggris. Anderson merupakan agen yang terkait dengan negosiasi dari John Obi Mikel, Eduardo, Axel Witsel, dan Kieran Gibbs. Mereka adalah pemain yang memiliki sejarah transfer kontroversial di bawah naungan Anderson.

Tak hanya itu, ia juga sempat membuat dirinya menjadi sasaran kritik setelah mengontrol transfer pemain Manchester City dan Blackburn Rovers. Diperkirakan, klien Anderson sudah lebih dari 150 pemain.

6 dari 7 halaman

7. Tim Hager

7. Tim Hager
Dalam dunia agen, Hager bisa dikatakan sebagai pemula. Itu karena ia belum lama memulai kariernya sebagai seorang agen. Ia pun belum memiliki pemain top yang dijadikan sebagai kliennya.

Meski begitu, kecerdasannya sebagai seorang agen tetap layak diacungi jempol. Saat ini ia adalah orang yang bertanggung jawab pada transfer Antoine Griezmann. Namanya akan terus menjulang seiring ketertarikan banyak klub Eropa kepada Griezmann.

Jonathan Barnett (Telegraph)

8. Jonathan Barnett
Yang membuat Barnett lebih unik dari agen lainnya adalah karena ia tak cuma aktif di dunia sepak bola, tapi juga tinju. Bahkan, ia mengawali kariernya sebagai agen dengan menaungi legenda kriket Brian Lara.

Dari sana, ia pun mendapat kesempatan untuk masuk dalam transfer sepak bola. Momen yang membuatnya ramai dibicarakan adalah saat menyelesaikan transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid. Hingga ini, nilai transfer Bale masih menjadi yang tertinggi di dunia.

7 dari 7 halaman

9. Pere Guardiola

9. Pere Guardiola
Pere mungkin menjadi orang paling beruntung dibandingkan agen-agen lain. Itu karena ia tak perlu bersusah payah untuk mencari klien ternama. Pasalnya, Pep Guardiola yang notabene adiknya adalah klien Pere.

Namun, ia juga sempat terlibat dalam transfer pemain ternama. Itu ketika Barca merekrut Luis Suarez dari Liverpool di musim panas 2014 dengan nilai 81 juta euro. Pemain lain yang juga menjadi kliennya adalah Hector Bellerin, Jon Toral, dan Isaac Cuenca.

Paul Stretford (Alchetron)

10. Paul Stretford
Stretford termasuk agen asal Inggris yang sering dibicarakan. Ia adalah otak di balik transfer Wayne Rooney dari Everton ke Manchester United pada musim panas 2004. Konon, ia mendapatkan upah hingga 1,7 juta euro dari transfer Rooney.

Usut punya usut, ternyata Stretford bukan agen resmi Rooney. Ia sempat tersangkut kasus akibat insiden itu. Pada akhirnya, Stretford didenda 350.000 euro dan dihukum 9 bulan tak boleh aktif dalam aktivitas transfer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini