Sukses

Klopp Masih Terkendala Bahasa di Inggris

"Saya kira, masalahnya sejauh ini adalah bahasa. Saya tidak punya kata-kata cukup untuk membuat perbedaan kecil antara kata dan makna,"

Liputan6.com, Liverpool - Perpindahan tongkat estafet pelatih Liverpool dari Brendan Rodgers ke Jurgen Klopp sejauh ini belum membuahkan hasil optimal. The Reds masih sulit mendapatkan kemenangan.

Dalam tiga partai terakhir di semua ajang kompetisi, Liverpool mendapatkan tiga hasil imbang. Debut Klopp kontra Tottenham Hotspur berujung hasil imbang tanpa gol. Lanjut ke partai kedua kontra Rubin Kazan di ajang Europa League, Liverpool hanya sanggup memetik poin satu. Tren hasil seri Liverpool berlanjut, ketika menghadapi Southampton yang berakhir 1-1.

Rangkaian rapor tersebut membuat Klopp angkat bicara. Mantan pelatih Borussia Dortmund ini mengakui masih terkendala bahasa melatih di Inggris bersama Liverpool. "Saya kira, masalahnya sejauh ini adalah bahasa. Saya tidak punya kata-kata cukup untuk membuat perbedaan kecil antara kata dan makna," ungkap pelatih berkacamata ini.

Soal komposisi dan kekuatan tim, Klopp mengaku hal itu bukan kendala. Cuma, komunikasi menurut Klopp menjadi masalah krusial saat ini. "Bagaimana saya bisa paham bila ada informasi baru, Anda kemudian bergerak ke arah yang lain."

Karena itu, dia meminta waktu kepada fan dan manajemen untuk memberikan hasil meyakinkan. Tidak ada yang gampang ketika melakukan adaptasi di tim baru. "Ini cukup normal. Sekarang, Anda membutuhkan waktu guna mengubah semuanya.  Saya masih bingung, seberapa besar langkah-langkah yang telah kami lakukan."

Bagi pelatih asal Jerman ini, keluar dari tekanan di Inggris juga bukan perkara mudah. Selain kontestan yang kompetitif, jadwal pertandingan padat menjadi tantangan tersendiri. "Kami masih harus mencari solusi menghadapi pertandingan penting tiga hari sekali," kata Klopp. "Terlebih tiga lawan kami semua kompetitif," sambungnya dilansir dari IBTimes.

"Bila seseorang berharap perubahan bakal lebih cepat, maka saya minta maaf. Tapi saya pikir, itu tidak lebih baik, untuk berpikir kapan Anda bisa memenangkan pertandingan pertama. Sangat penting mencari cara memenangkan pertandingan berikutnya dan tahu alasannya. Dan itu, membuat kami bisa lebih baik."

Dari klasemen Premier League, Liverpool masih terdampar di papan tengah klasemen mengantongi 14 poin. Tugas selanjutnya Klopp memastikan Jordan Henderson dan kawan-kawan tetap bertahan di Piala Liga Inggris. Rabu besok atau Kamis dinihari WIB, Liverpool bakal menghadapi AFC Bournemouth, sebelum bersua Chelsea akhir pekan nanti. 

Guna menjaga kebugaran pemain, Klopp mengisyaratkan bakal merotasi pemain. "Saat ini saya belum mengetahui seberapa banyak rotasi yang kami perlukan. Namun, saya bakal melakukan perubahan bukan karena kompetisi ini sangat penting, tapi kami membutuhkan kemenangan." (Rjp/Ian)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.