Sukses

10 Fakta Penting di Balik Kehebatan Iker Casillas

Kepindahan Casillas adalah dampak dari situasi yang sedang berlangsung di Madrid.

Liputan6.com, Madrid - Iker Casillas sudah menghabiskan waktu hampir 25 tahun bersama Real Madrid, dan ia sudah menciptakan warisan yang luar biasa bagi klub itu.

Namun, keputusan mengagetkan dibuat Madrid dengan menyetujui kesepakatan untuk menjual kiper veteran mereka ke Porto.

Kepindahan Casillas adalah dampak pada situasi yang sedang berlangsung, yakni tentang kedatangan David de Gea dari Manchester United ke Bernabeu.

MENGHARUKAN - Iker Casillas berurai air mata saat menyampaikan salam perpisahannya. (Reuters/Andrea Comas)

Dalam pernyataan emosional yang dirilis klub, Casillas digambarkan sebagai kiper terbesar yang pernah ada di Spanyol. Berikut adalah 10 fakta menarik tentang Casillas:

1. Casillas pemain dengan caps paling banyak untuk Spanyol dengan 162 penampilan internasional.

2. Pada usia 19, Casillas adalah pemain termuda yang melakukan debut Spanyol-nya.

3. Casillas adalah kapten ketiga dalam sejarah, setelah Franz Beckenbauer dan Didier Deschamps, yang sukses mengangkat Piala Dunia, trofi Liga Champions dan trofi Kejuaraan Eropa.

4. Casillas menjadi kapten saat Spanyol menjuarai Piala Eropa 2008. Itu merupakan trofi mayor pertama La Furia Roja sejak 1964.

5. Mengantar Spanyol menjuarai Piala Dunia untuk kali pertama di 2010. Casillas membuat penyelamatan penting saat menghalau tendangan Arjen Robben di final. Total cuma dua gol masuk ke gawang Casillas di turnamen itu.

6. Pada 2012 Casillas kembali mengantar Spanyol menjuarai PIala Eropa. Di sepanjang turnamen Casillas menorehkan rekor setelah tidak kebobolan selama 509 menit.

7. Menjalani Piala Dunia yang buruk di Brasil 2014. Spanyol tersingkir di fase grup.

8. Diantar ayahnya, Casillas datang ke akademi Real Madrid untuk mengikuti trial saat berusia 9 tahun. Dia akhirnya bergabung dengan akademi klub tersebut di musim 1990-91 dalam usia 10 tahun.

9. Trofi pertama yang diraih Casillas di tim utama Madrid adalah Piala Interkontinental pada 1 Desember 1998. Casillas menjadi bagian dari skuat Madrid yang terbang ke Tokyo ketika itu.

10. Debut Casillas bersama Madrid adalah pada 12 September 1999 dalam laga dengan Athletic Bilbao di San Mames.(Ian/Ary)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini