Sukses

7 Tim Ini Peraih Treble Winners, Juventus Selanjutnya?

Liputan6.com, Jakarta - Partai final Liga Champions musim ini mempertemukan dua juara liga domestik, yakni Juventus dan Barcelona. Pertarungan tersebut bakal dilangsungkan di Berlin, Jerman, 7 Juni mendatang.

Menariknya, dua tim tersebut berkesempatan meraih treble winners. Barcelona sudah menjuarai La Liga dan Copa del Rey, sedangkan Juventus merupakan raja Serie A dan Coppa Italia.

Bagi Barcelona, jika mereka menang di Berlin, maka itu adalah treble winners yang kedua kalinya sepanjang sejarah mereka. Namun bagi Juventus, mereka akan mencetak sejarah baru dengan treble winners.

Sejak Liga Champions digulirkan, sudah ada tujuh tim yang pernah meraih treble winners. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikut!

2 dari 8 halaman

1

Celtic FC: 1966-1967

Pada tahun 1960-an, Real Madrid sangat berjaya di Eropa, klub berjuluk Los Blancos itu memenangkan 5 gelar Piala Eropa pada masa itu. Tapi, Celtic membuat kejutan dengan menjuarai tiga kejuaraan dalam satu musim, yakni pada 1966-1967.

Pada tahun 1967, Celtic meraih Piala Eropa setelah mengalahkan Inter Milan dengan skor 2-1 di Lisbon, Portugal. Di tahun yang sama, Celtic meraih gelar Liga Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia.

3 dari 8 halaman

2

Ajax Amsterdam: 1971-1972

Inter Milan kembali menjadi korban di Piala Eropa. Pada tahun 1972, Ajax Amsterdam menang 2-0 atas Inter di Rotterdam. Sepasang gol Ajax diborong oleh Johan Cruyff. Klub asal Belanda itu pun meraih gelar Piala Eropa.

Dua minggu sebelum final Piala Eropa, Ajax menyabet gelar Piala Belanda setelah mengalahkan FC Den Haag. Di musim yang sama, Ajax juga menjuarai Eredivisie.

4 dari 8 halaman

3

PSV Eindhoven: 1987-1988

Tim ketiga yang meraih treble adalah PSV Eindhoven. PSV lebih hebat ketimbang Ajax Amsterdam ketika meraih treble. PSV mencetak 117 gol dalam semusim ketika menjuarai Eredivisie pada musim 1987-1988.

PSV menang 3-2 atas Roda JC di final Piala Belanda. Klub asal Belanda itu sukses meraih treble ketika menang 6-5 dalam drama adu penalti melawan Benfica di Stuttgart, Jerman pada final Piala Eropa.

5 dari 8 halaman

4

Manchester United: 1998-1999

Manchester United menjadi tim pertama dari Inggris yang meraih treble winners. Tim yang ketika itu dilatih Sir Alex Ferguson tersebut meraih treble pada musim 1998-1999.

Di final Liga Champions, MU menghadapi Bayern Muenchen tanpa diperkuat Roy Keane dan Paul Scholes. Hingga masa injury time, Setan Merah tertinggal 0-1 dari Muenchen.

Namun keadaan berubah hanya dalam tiga menit. Situasi sepak pojok berhasil dimanfaatkan oleh Teddy Sheringham dan Ole Gunnar Solskjaer untuk meraih gelar Liga Champions.

Pada musim yang sama, MU juga menjuarai Liga Premier Inggris dan FA Cup.

6 dari 8 halaman

5

Barcelona: 2008-2009

Satu dekade setelah MU meraih treble, klub asal Spanyol, Barcelona juga berhasil membuat sejarah. Hebanya, tim yang ketika itu dilatih Pep Guardiola menang dua gol tanpa balas atas MU, peraih treble sebelumnya. Dua gol Los Blaugrana dicatatakan oleh Samuel Eto'o dan Lionel Messi.

Pada musim yang sama, tim yang bermarkas di Camp Nou Stadium itu merajai La Liga dan Copa del Rey.

7 dari 8 halaman

6

Inter Milan: 2009-2010

Samuel Eto'o kembali berperan membuat sebuah tim meraih treble. Pada musim 2009-2010, penyerang asal Kamerun itu mempersembahkan treble untuk Inter Milan, klub Italia pertama yang menjuarai tiga gelar dalam satu musim.

Nerazzurri memenangkan Coppa Italia setelah menaklukkan AS Roma dengan skor 1-0 berkat gol Diego Milito. Seminggu kemudian, Inter meraih gelar Serie A setelah menang 1-0 atas AC Siena.

Tim yang ketika itu dilatih Jose Mourinho meraih treble di Madrid, Spanyol setelah mengalahkan Bayern Muenchen dengan skor 2-0. Diego Milito mencetak dua gol di pertandingan tersebut.

8 dari 8 halaman

7

Bayern Muenchen: 2012-2013

Musim 2012-13 sangat istimewa untuk Bayern Muenchen. Mereka meraih gelar Bundesliga dengan mengemas 91 poin, unggul 25 angka dari Boruusia Dortmund yang finis di posisi kedua.

Pada 1 Juni 2013, Muenchen meraih DFB-Pokal setelah mengalahkan VfB Stuttgart. Seminggu kemudian, FC Hollywood meraih gelar Liga Champions usai menang 2-1 atas Dortmund di Wembley Stadium, London, Inggris.

Baca juga:

Curhatan Putri Presiden FIFA: Ayah Saya Tidak Mencuri Uang!

Lionel Messi Bisa Cetak Rekor di Final Liga Champions

5 Manajer yang Bisa Bawa Liverpool Kembali ke Liga Champions

4 Wanita Seksi Selingkuhan Cristiano Ronaldo