Sukses

7 Pemain Paling Berpengaruh di MU Musim Ini

Hingga saat ini, para pemain MU telah menciptakan 317 peluang yang 59 diantaranya berbuah menjadi gol.

Liputan6.com, Manchester - Enam pertandingan terakhir menjadi momen krusial Manchester United untuk duduk di posisi ketiga klasemen Liga Premier Inggris. Hingga pertandingan ke-32, statistik klub berjuluk Setan Merah tersebut menunjukkan peningkatan.

Statistik Squawka mengatakan, Wayne Rooney dan kawan-kawan adalah tim yang paling akurat dalam melepaskan umpan. Setidaknya, 85 persen umpan para pemain Setan Merah tidak menemui kegagalan.

Hingga saat ini, para pemain MU telah menciptakan 317 peluang yang 59 diantaranya berbuah menjadi gol. Dalam catatan, 14 gol Setan Merah tercipta dari bola mati. Akurasi sepakan tim besutan Louis van Gaal itu mencapai 49 persen.

Selain jago dalam menyerang dan menguasai bola, MU juga tangguh di lini pertahanan. Daley Blind dan kawan-kawan bisanya bisa memenangkan duel dengan pemain lawan dengan persentase keberhasilan sebesar 48 persen.

Sayangnya, permainan Setan Merah terbilang kotor. Setidaknya, tim yang bermarkas di Old Trafford Stadium itu telah mengoleksi 58 kartu kuning dan empat kartu merah.

Dari data tersebut, ada tujuh pemain MU yang paling berpengaruh di musim ini. Siapa saja mereka? Simak ulasannya di halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1

David De Gea

David De Gea memeran peran vital di lini pertahanan Setan Merah. Dia adalah pemain terakhir yang menjaga gawang MU dari kebobolan.

Dari 32 laga yang sudah dimainkannya, kiper berkebangsaan Spanyol itu telah melakukan 10 kali clean sheets. Jika dirata-rata, De Gea melakukan penyelamatan sebanyak 2,13 kali per laga.

Aksi penyelamatan De Gea terbilang heroik. Setidaknya, 93 persen aksinya selalu menyelamatkan gawang Setan Merah. Statistik lainnya menjelaskan, eks kiper Atletico Madrid tersebut menggagalkan 2,27 peluang lawan yang hampir berbuah gol setiap pertandingan.

3 dari 8 halaman

2

Chris Smalling

Musim ini, Chris Smalling telah membuat 19 penampilan di Liga Premier Inggris. Setidaknya, bek asal Inggris tersebut telah mencetak empat gol.

Statistik mengatakan, Smalling adalah bek paling tangguh di lini pertahanan Setan Merah musim ini. Sepanjang musim ini, dia mencatatkan 37 intersep, 123 clearances dan 12 blok. Tekel yang dilakukannya pun meningkat 37 persen.

Smalling juga kian handal melakukan duel dengan pemain lawan. Persentase memenangkan duel sebesar 56 persen. Sedangkan akurasi umpannya sebesar 88 persen.

4 dari 8 halaman

3

Daley Blind

Daley Blind adalah pemain didatangkan MU pada awal musim ini dari Ajax Amsterdam. Meski masih baru menjadi pemain Setan Merah, Blind beradaptasi dengan cepat.

Pemain yang memiliki bobot 72 kilogram tersebut telah mencetak dua gol dari 20 penampilan di Liga Premier Inggris. Sepanjang musim ini, Blind telah menciptakan 16 peluang dan dua assists.

Akurasi umpannya pun terbilang besar, yakni 88 persen.  Setidaknya, 76 persen umpan yang dilepaskannya mengarah ke penyerang MU. Blind juga tidak takut berduel dengan lawan, dia memangkan duel sebesar 44 persen.

5 dari 8 halaman

4

Ander Herrera

Di awal musim, Ander Herrera kesulitan menembus skuat utama Setan Merah karena dia dibekap cedera. Namun, setelah pulih, Herrera tampil cemerlang dan berhasil mencetak lima gol dari 20 penampilan di Liga Premier Inggris.

Sebagai seorang gelandang, dia adalah pemain yang sangat kreatif. Buktinya, pria asal Spanyol itu telah menciptakan 19 peluang dan mencetak empat assists.

Hingga pekan ke-32, Herrera telah melepaskan 927 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 89 persen. Umpan-umpannya yang mengarah ke striker MU sebesar 58 persen.

6 dari 8 halaman

5

Antonio Valencia

Musim ini, Antonio Valencia harus beradaptasi dengan posisi baru. Manejer MU, Louis van Gaal lebih mempercayainya bermain di bek sayap kanan MU ketimbang Rafael,

Untungnya, Valencia berhasil beradaptasi dengan cepat. Sebagai pemain sayap, mantan pemain Wigan tersebut telah menciptakan 21 peluang dan mencetak dua assists.

Winger asal Ekuador tersebut tercatat telah melepaskan 1144 umpan dengan persentase keberhasilan sebesar 89 persen. Bermain di lini pertahanan, Valencia diwajibkan merebut bola dari pemain lawan. Setidaknya, dia menenangkan duel dengan lawan sebesar 48 persen.

7 dari 8 halaman

6

Juan Mata

Juan Mata adalah pemain Setan Merah yang paling akurat dalam memberikan umpan. Setidaknya, persentase umpan mantan gelandang serang Chelsea itu sebesar 90 persen. Sejauh ini, Mata telah melepaskan 1034 umpan, 51 persen diantaranya langsung mengarah ke pemain menyerang Setan Merah.

Pria asal Spanyol tersebut juga menjadi pemain yang paling banyak menciptakan peluang untuk MU, yakni mencapai 34 kali. Hingga pekan ke-32, Mata telah mencetak delapan gol dan empat assists.

8 dari 8 halaman

7

Wayne Rooney

Pemain paling berpengaruh bersama MU musim ini adalah sang kapten, Wayne Rooney. Dia telah mencetak 12 gol dan lima assists.

Di awal musim, Wazza --sapaan akrab Rooney-- sempat kesulitan mencetak gol karena Van Gaal menempatkannya sebagai gelandang. Tapi, dalam lima pertandingan terakhir, Rooney telah mencetak empat gol.

Sayangnya, akurasi sepakan Rooney sebagai seorang striker tidak terlalu bagus. Akurasi sepakannya hanya sebesar 51 persen. Namun, akurasi umpannya terbilang besar, yakni 84 persen.

Baca juga:

Bintang Spurs Pamer Kemesraan dengan Kekasih Seksinya

"Musim Depan, MU Juara Liga Premier Inggris!"

4 Tim Raksasa Eropa yang Gagal Diperkuat Eks Striker Persib

Timnas Indonesia Jumpa Thailand, Van Dijk Malah Kebingungan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Marouane Fellaini merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain dengan tim Manchester United dan tim nasional Belgia.
    Marouane Fellaini merupakan pemain sepak bola profesional yang bermain dengan tim Manchester United dan tim nasional Belgia.

    Marouane Fellaini

Video Terkini