Sukses

Mourinho Belum Sehebat Di Matteo di Chelsea

Sejauh ini, prestasi terbaik Jose Mourinho bersama Chelsea di Liga Champions mencapai semifinal.

Liputan6.com, London - Jose Mourinho belum dapat memberikan trofi Liga Champions untuk Chelsea. Ini setelah The Blues ditahan imbang Paris Saint-Germain (PSG) 2-2 pada leg kedua perdelapan final di Stamford Bridge, Kamis (12/3/2015) dini hari WIB.

Meski agregat gol 3-3, PSG lebih berhak merebut tiket ke perempat final. Sebab, skuat asuhan Laurent Blanc ini unggul dalam produktivitas mencetak gol di kandang lawan. Ini merupakan kali kelima kegagalan Mourinho di Liga Champions bersama Chelsea.

Bersama Chelsea, prestasi Mourinho di Liga Champions belum mengkilap. Ini berbeda saat pria asal Portugal tersebut membesut FC Porto dan Inter Milan. Kedua klub itu pernah dibawanya merebut trofi Liga Champions. Porto merasakan trofi bergengsi itu di musim 2003-04. Sementara Inter pada musim 2009-10.

Debut Mourinho bersama Chelsea dimulai musim 2004-05. Di musim pertamanya itu, pria berjuluk The Special One ini membawa Chelsea juara Piala Liga Inggris dan Liga Premier Inggris. Sementara di Liga Champions, langkah Chelsea hanya sampai semifinal. John Terry cs takluk dari Liverpool dengan agregat gol 0-1.

Musim 2005-06, Mourinho kembali membawa Chelsea meraih gelar Liga Premier Inggris dan trofi Community Shield. Tapi, lagi-lagi wakil Inggris ini gagal di Liga Champions. Bahkan, langkah Chelsea sudah terhenti di perdelapan final setelah disingkirkan Barcelona dengan agregat gol 2-3.

Semusim kemudian, Liverpool lagi-lagi yang menjadi penghalang Chelsea. Sama seperti musim 2004-05, The Reds menyingkirkan Chelsea di semifinal lewat drama adu penalti. Setelah musim ini berakhir, Mourinho pindah ke Inter Milan dan kemudian berlanjut ke Real Madrid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesempatan Kedua Mourinho Bersama Chelsea

Mourinho kembali dipercaya menjadi manajer Chelsea pada musim panas 2013. Di musim keduanya ini, ternyata Liga Champions belum juga bersahabat dengan pria berusia 52 tahun itu.

Mourinho membawa Chelsea lolos ke semifinal setelah menyingkirkan PSG. Tetapi, badai cedera yang melanda Chelsea membuat mereka tak berdaya menghadapi Atletico Madrid di semifinal. The Blues pun tersingkir dengan agregat gol 1-3 pada musim 2013-14.

Musim ini, prestasi Chelsea di Liga Champions menurun dengan hanya mencapai perdelapan final. Yang menyakitkan, Chelsea tersingkir di depan publiknya sendiri setelah ditahan imbang PSG 2-2.

Meski mengkilap membawa Chelsea di liga domestik, prestasi Mourinho ternyata belum sehebat Roberto Di Matteo di Liga Champions. Matteo yang dipercaya sebagai manajer sementara menggantikan Andreas Villas Boas, yang dipecat di pertengahan musim, sukses membawa Chelsea meraih trofi Liga Champions 2011-12.

Setelah menyingkirkan favorit juara Barcelona di semifinal dengan agregat gol 3-2, Chelsea mempermalukan Bayern Muenchen pada laga final yang berlangsung di Allianz Arena. Chelsea menang lewat drama adu penalti.

 

Baca juga:

7 Data & Fakta Unik Kemenangan Dramatis PSG Atas Chelsea

Mourinho Beberkan Penyebab Chelsea Dipecundangi 10 Pemain PSG

Video PSG Hentikan Langkah Chelsea di Liga Champions 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini