Sukses

UPH Putra Juara Nasional LIMA Basketball

Liputan6.com, Jakarta: Universitas Pelita Harapan (UPH) berhasil menjadi juara nasional Liga Mahasiswa (LIMA) Basketball season tiga usai mengalahkan ITHB Bandung di final dengan skor tipis 47-45 di GOR Kertajaya, Minggu (15/2/2015).

Pertandingan kedua tim tersebut berjalan alot sejak awal hingga kuarter akhir. ITHB memimpin terlebih dahulu di babak pertama dengan skor 15-9. Half time kuarter kedua ITHB masih memegang kendali permainan dengan unggul 25-16, namun ITHB dikunci di angka 25 sementara UPH perlahan mulai mengejar perolehan poin.

Tembakan tiga poin Taufik Ramadhan dari UPH menyamakan kedudukan menjadi 25-25 sekaligus mengakhiri kuarter kedua.Memasuki kuarter ketiga, UPH mengambil alih keunggulan. Berada di posisi yang tidak menguntungkan, ITHB mulai menerapkan defense yang ketat. Kedua tim juga lebih bermain hati-hati.

Tertinggal 35-30, ITHB terus berusaha keras mencoba menembus pertahanan UPH yang sulit ditembus. UPH berusaha menambah angka di detik terakhir lewat tembakan tiga poin Christian Gunawan. Sayangnya tembakan tersebut meleset. ITHB akhirnya bisa memperkecil ketinggalan dengan selisih dua angka, 36-34.

Kuarter terakhir menjadi kuarter yang paling menegangkan. Unggul sementara 38-36, Jan Misael Panagan melakukan two point shoot. ITHB kembali imbang dengan UPH, skor menjadi 38-38. Selang beberapa menit kemudian giliran tembakan three point dari Hans Abraham yang memuat UPH unggul kembali, 41-38.

Sisa dua menit jelang berakhirnya pertandingan, UPH unggul lima angka, 47-42 namun lagi-lagi Jan Misael memberi harapan lewat tembakan tiga poin dan mengubah kedudukan menjadi 47-45. Sayangnya, ITHB tidak memiliki cukup waktu. UPH yang dilatih oleh Stephen Metcalfe menang.

Lanjut ke halaman berikutnya----->

2 dari 2 halaman

Klimaks

Ini menjadi klimaks permainan UPH setelah dari babak penyisihan hingga laga puncak menjadi “giant killer” dengan menumbangkan juara Central Java DIY Conference; Universitas Atmajaya Yogyakarta, West Java Conference; ITHB, dan Air Greater Jakarta Conference; Universitas Esa Unggul(UEU).

Bagi sang kapten UPH Christian Gunawan yang juga meraih top steal, percaya terhadap tim menjadi salah satu kunci kemenangan timnya.“Pelatih bilang kalau kita harus percaya sama tim. Kuarter awal ITHB yang menekan kita lalu kita tekan balik,” tutur Christian seperti rilis yang diterima Liputan6.com.

Randika Aprillian dari ITHB dan Taufik Ramadan dari UPH sama-sama membukukan 12 poin. UPH mendapat tambahan gelar dari Rivaldo Tandra yang sukses menjadi Most Valuable Player (MVP). Dari sektor putri, tuan rumah Ubaya menjadi juara setelah mengalahkan UEU di final.

Berikut hasil LIMA Nationals Basketball Season 3, Minggu (15/2);

1.    Unair vs UPH (pi): 35-56 (Posisi tiga putri)

2.    UEU vs Perbanas (pa): 65-55 ( posisi tiga putra)

3.    Ubaya vs UEU (pi): 77-68 (juara putri)

4.    UPH vs ITHB (pa): 47-45 (juara putra)


Berikut daftar Individual Award:

Putra dan Putri

1.Top skor: Benny Wijaya (ITHB) dan Annisa Widyarini (Unair)

2.Top rebound: Sandy Ibrahim (Perbanas) dan Gabriel Sophia (Ubaya)

3.Top assist: Abraham Damar (UEU) dan Fitriyana Sari Dewi (UEU)

4.Top block: Steven Oei (UPH) dan Yuliana Anggita Bening (Unair)

5.Top steal: Christian Gunawan (UPH) dan Anne Innesa (UEU)

6.All Academic player: Kevin Moses Poetiray (UEU) dengan IPK 4,00 dan Angel Nuach (Unair) dengan IPK 4,00

7.Best management: ITHB Bandung (putra) dan UEU (putri)

8. Best coach: Ricky Gunawan (ITHB putra) dan Abrizal Hasiholan (UEU Putri)

9.MVP: Rivaldo tandra (UPH) dan Gabriel Sophia (Ubaya)

Baca Juga:

Hasil Riset Universitas: Ronaldo Bernilai Rp 2,1 Triliun

Firman Utina Minta Persib Lupakan Nostalgia Musim Lalu

Bantai Levante, Neymar Kritik Strategi Enrique