Sukses

Melihat Lebih Dekat Stadion Wembley Baru

Setelah enam tahun ngungsi ke Stadion Millenium, Cardiff, Wales, akhirnya babak final FA Cup kembali digelar di Stadion Wembley, London, Inggris. Stadion yang konon menghabiskan dana sampai 800 juta pound atau Rp 14 triliun lebih dalam renovasinya itu disebut-sebut sebagai stadion terbesar di muka bumi yang mampu menampung kapasitas tempat (kursi) duduk sampai 90 ribu penonton.

Menjelang partai final FA Cup 2007 antara Manchester United vs Chelsea pada Sabtu (19 Mei) besok, ada baiknya kita melihat lebih dekat data dan fakta tentang stadion baru itu yang membutuhkan waktu pengerjaan selama lebih dari lima tahun.

Ciri khas The New Wembley Stadion yang menjadi pengganti trade-mark semula, Twin Towers, adalah lengkungan baja yang tingginya 133 meter dari tempat terbuka. Bandingkan dengan tinggi Twin Towers yang hanya 35 meter. Diamater dari lengkungan baja ini 7,4 meter atau cukup melalukan kereta api Channel Tunnel. Berat keseluruhan dari baja ini adalah 1.750 ton atau sama dengan berat 10 pesawat terbang Jumbo Jet. Sementara, secara keseluruhan dalam proyek mega ini, konstruksi stadion baru menghabiskan lebih dari 23 ribu ton baja.

Selain itu, fenomena fantastis dari stadion ini adalah adanya atap yang bisa digeser (sliding roof). Ukuran seluruh atap 11 acre atau 11 x 0,4646 hektare = 5,11 ha, dimana sliding roof-nya mempunyai luas sebesar 4 acre atau lebih dari 1,85 ha. Berat total atap mencapai 7 ribu ton. Stadion baru ini mempunyai panjang keliling 0,62 mil atau lebih dari satu (1) kilometer. Mempunyai dua layar raksasa, dimana setiap layarnya mampu menampung 600 set televisi (ukuran 14 inchi).

Stadion terdiri dari tiga bagian (deret) tempat duduk. Pertama, deretan bawah yang berkapasitas 34.303 penonton. Kedua, deretan tengah dengan tempat kursi berjumlah 16.532. Dan ketiga, deretan atas yang berisi 39.165 tempat duduk. Jumlahnya pas 90 ribu. Jika dideretkan, 90 ribu tempat duduk itu akan mencapai panjang sampai 54 kilometer!

Dengan dimaksudkan untuk memberi kenyamanan dan keleluasaan bagi para penonton, pihak pengembang pun menyuguhkan tempat duduk yang mempunyai spesifikasi yang lebih lega dibanding tempat duduk semula. Yaitu lebarnya 50 cm, sembilan (9) cm lebih lebar dari ukuran tempat duduk semula (41 cm). Tingginya 80 cm, 16 cm lebih tinggi dari semula (64 cm).

The New Wembley Stadium memang diplot untuk menyenangkan para pengunjungnya. Konon, jumlah toiletnya yang mencapai angka 2.618 itu merupakan jumlah terbesar yang dimiliki sebuah bangunan di seluruh dunia. Dari jumlah itu, 150 toilet di antaranya dirancang khusus untuk digunakan bagi para penyandang cacat. Juga tersedia 1.294 tempat cuci tangan. Lapar? Tak usah takut. Stadion baru ini menyediakan 688 tempat makan dan minum atau 536 lebih banyak dari jumlah semula (152). Dapurnya berjumlah 98 ruangan, dimana ruangan terbesarnya berukuran sampai sepertiga dari lebar lapangan!

Faktor keamanan tentu tidak dilewatkan begitu saja. Tempat P3K atau pertolongan pertama bagi kecelakaan berjumlah 20 ruangan. Jumlah detektor asap dan api terbilang fantastis, mencapai 7.000. Area keamanan pun begitu bertebaran di seantero pelosok stadion yang berjumlah 500 area yang didukung 130 km kabel alarm kebakaran, 87 km kabel keamanan, dan 80 km kabel speaker.

Namun, ada satu yang mengganjal bagi para pemain ketika menginjakkan kakinya ke New Wembley Stadium. Jika dulu, sang kapten tim dan rekan-rekannya hanya perlu menaiki 39 tangga untuk sampai ke Royal Box, tempat duduk anggota Kerajaan Inggris yang biasanya mendapat tugas memberikan trofi atau piala, maka kini setiap pemain harus bekerja ekstra keras. Sekarang, mereka perlu menaiki 107 tangga. Kita lihat saja nanti, siapa yang bakal pertama menaiki ke-107 tangga itu, John Terry atau Ryan Giggs!