Sukses

10 Pencetak Uang Miliaran Rupiah dari Bisnis Youtube (II)

Berawal dari sekadar iseng, seseorang bisa mencetak uang hingga miliaran rupiah dari berbagai video yang diunggahnya di situs gratis YouTube

Mengawali karir tak hanya bisa dilakukan di kantor atau tempat kerja pada umumnya. Bagi Anda para pecinta dunia hiburan media sosial, YouTube bisa menjadi salah satu cara untuk meniti karir bahkan menjadikannya sebagai alat pencetak uang.

Dikutip The Richest, Selasa (29/10/2013), kesuksesan menjadi kaya karena berbagai video yang diunggah di YouTube, tak datang begitu saja. Dibutuhkan usaha dan kerja keras untuk bisa mencetak miliaran rupiah dari bisnis YouTube. Tak jarang, pemilik saluran khusus di YouTube meminta dukungan sponsor agar videonya banyak dilihat orang.

Harus diakui, tak sedikit pula pengguna YouTube yang justru menuai sukses secara kebetulan. Sebut saja video `David After Dentist`yang berisi rekaman anak berusia 7 tahun yang pulang dari dokter gigi. Semula, video ini diunggah tanpa sedikitpun berpikir untuk tujuan mencari uang. Hebatnya, David telah mencetak uang hingga Rp 1,1 miliar dari video tersebut.

Kisah sukses seperti itu tak hanya dirasakan David, berikut 10 orang yang berhasil mencetak uang lewat YouTube: (Untuk melihat 5 miliarder lain yang untung dari bisnis YouTube, klik link ini)

6. Shaycarl
Penghasilan: US$ 250 ribu atau Rp 2,7 miliar per tahun

Kisah sukses Shay sangat aneh sekaligus menginspirasi banyak pihak. Perjalannya dimulai dari Utah sebagai misionaris Mormon. Namun akhirnya dia menemukan jati dirinya saat mengunggah videonya di YouTube. Dia memiliki banyak cerita dan petualangan di mana setiap orang bisa ikut merasakannya.

Shay memproduksi banyak komedi pendek yang tentu saja mengundang banyak pengagum. Dia memiliki lebih dari 2 juta pelanggan dari channelnya yang beragam di YouTube. Lewat aksi dan ceritanya tersebut dia menghasilkan sedikitnya US$  250 ribu atau Rp 2,7 miliar per tahun.

7. The Young Turks (Cenk Uygur dan Ana Kasparian)
Penghasilan: tak diketahui

Acara diskusi politik yang telah dimulai sejak sepuluh tahun lalu ini terus berkembang pesat setiap tahunnya. Acara ini banyak menerima pendapatan dari unggahannya di YouTube.

The Young Turks merupakan salah satu acara diskusi paling populer di YouTube. Para pelanggannya juga dapat memperoleh tayangan ekslusif dari situsnya.

8. Philip De Franco
Penghasilan: US$ 200 ribu atau Rp 2,2 miliar per tahun

Blog video milik Philip De Franco ini membahas berbagai hal yang tidak ada kaitannya dengan berita harian. Dihadirkan secara blak-blakan, Franco berhasil memikat jutaan pelanggan menjadi pengagum video-videonya di YouTube.

`Philip DeFranco Show` merupakan tayangan populer YouTube yang hadir setiap Senin hingga Selasa. Dalam setahun, pendapatannya ditaksir bisa mencapai US$ 200 ribu atau setara Rp 2,2 miliar per tahun.

9. Natalie Tran
Penghasilan: US$ 100 ribu atau Rp 1,1 miliar per tahun

Menggunakan akun bernama communitychannel, Natalie Tran dilaporkan telah mencetak uang US$ 100 ribu atau setara Rp 1,1 miliar per tahun. Sejumlah Video yang diunggah Natalie memiliki total penonton sebanyak 480 juta kali. Sekitar 1,38 pelanggan sangat menikmati video yang diunggahnya. Video Natalie paling terkenal berjudul `How to fake a six pack` yang dilihat 35 juta kali. Dia dikabarkan ingin mengubah karirnya dari selebriti online menjadi pemain film.

10. David
Penghasilan: lebih dari US$ 100 ribu atau Rp 1,1 miliar

Video berjudul `David After Dentist` ini menayangkan anak kecil berusia tujuh tahun yang tengah dalam perjalanan pulang setelah mencabut giginya. Saat ini, videonya sudah dilihat sebanyak 121 juta kali. Dari unggahannya, David dilaporkan menerima bayaran lebih dari US$ 100 ribu atau setara Rp 1,1 miliar. Jumlah itu cukup untuk membayar biaya berobatnya dan biaya pendidikannya hingga lulus kuliah nanti.(Sis/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.