Sukses

Apa Keuntungan Indonesia Ambil Inalum?

PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) akan resmi menjadi 100% milik Indonesia.

PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) mulai 1 November 2013 akan resmi menjadi 100% milik Indonesia usai diambil alih dari PT Nippon Asahan Aluminium. Apa untung Indonesia mengambil alih Inalum?

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengungkapkan, keuntungan terbesar yang bisa diperoleh pemerintah Indonesia berasal dari produksi listrik.

"Di dalam perusahaan itu ada pembangkit listril besar, 600 Mega Watt, yang harga listriknya murahnya bukan main, cuma 3 sen dolar," ujar Dahlan saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Dahlan berandai-andai, jika nantinya produksi alumunium Inalum kurang laku, Indonesia bisa meraih pemasukan dari listrik saja hingga triliunan rupiah.

"3 Sen dolar itu bisa dijual ke PLN 6 Sen, itu untungnya sudah bertriliun-triliun. Seandainya itu dibangun di tempat yang listriknya menggunakan gas mngkin untungnya tidak seperti itu," kata mantan Dirut PLN itu.

Namun yang terpenting saat ini adalah pemerintah berkonsentrasi pengambil alihan Inalum pada tanggal 1 November. Usai itu baru nantinya akan ditentukan bagaimana kelanjutan bisnis Inalum.(Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini