Sukses

Mirza Adityaswara VS Anton Gunawan, Siapa Calon Kuat DGS BI?

Nasib kedua calon deputi gubernur senior BI akan diputuskan dalam rapat pengambilan keputusan Komisi XI DPR malam ini

Komisi XI DPR RI malam ini dijadwalkan akan memutuskan Deputi Gubernur Senior Bak lindonesia (BI) terpilih hasil uji kelayakan dan kompetensi yang digelar sehari sebelumnya. Rapat yang berlangsung pukul 19.00 WIB malam ini akan menentukan nasib dua calon yaitu Mirza Adityaswara dan Anton Gunawan.

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fraksi Partai Golkar Harry Azhar Aziz berpendapat Anton Gunawan merupakan sosok yang lebih diharapkan untuk menjadi anggota Dewan Gubernur BI. Pendapatan pribadi itu disampaikan mengingat visi dan misi yang diusung Anton sama dengan dirinya.

"Anton ini posisinya agak sedikit memberikan warna yang berbeda. Saya ambil contoh soal BI Rate, dia sependapat sama saya yang tidak setuju BI Rate naik terlalu tajam. Kalau dia posisinya setuju yang first upgrade,"ungkapnya, Rabu (4/9/2013).

Sementara pesaingnya, Mirza Adityaswara dinilai merupakan satu sosok yang cenderung memiliki kepribadian sama dengan Gubernur BI Agus Martowardojo. Alasannya, kedua nama tersebut pernah bekerjasama di PT Bank Mandiri Tbk.

"Kalau misalnya Mirza yang kita pilih maka itu akan ada dua pola, ini kita anggap deputi gubernur satu warna ya. Tapi kalau Anton yang kita pilih ada kecenderungan menjadi dua plus. Jadi Anton bisa posisi gubernur, bisa ke Deputi lain. Tapi kalo Mirza cenderung akan ada di posisi Agus," paparnya.

Sementara itu anggota Komisi XI lainnya Arif Budimanta lebih cenderung tak mau mengambil kesimpulan sebelum hasilnya diumumkan nanti. "Nanti lihat hasilnya saja,"ungkapnya singkat.

Usai pengumuman malam ini, calon DGS yang terpilih nantinya akan dilaporkan oleh Sidang Paripurna DPR yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 10 September 2013. (Yas/Shd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini