Sukses

Jumlah Pengunjung dan Transaksi Lampaui Target, BSI International Expo 2024 Sukses Besar

Jumlah pengunjung membludak dengan togal 50 ribu orang dan realisasi transaksi yang terjadi sepanjang penyelenggaraan acara juga jauh di atas target awal senilai Rp1 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk. BSI Hery Gunardi mengatakan bahwa selama ini belum pernah ada perbankan syariah menyelenggarakan kegiatan expo terbesar, seperti BSI International Expo 2024. Ya, acara tersebut digelar selama empat hari (20-23 Juni) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. 

Pameran ekosistem keuangan syariah dan halal lifestyle berskala internasional pertama di Indonesia nyatanya sukses besar. BSI International Expo 2024 besutan BSI, sukses mencetak jumlah pengunjung dan realisasi transaksi yang jauh melampaui target. Demikian diungkapkan Hery saat menutup gelaran BSI International Expo 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (23/6) petang.

Hari pertama pameran, secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Repbulik Indonesia Ma’ruf Amin dan dihadiri lebih dari 52 ribu pengunjung yang memadati gelaran expo. Angka tersebut jauh melampaui target awal sebanyak 20 ribu pengunjung. 

Realisasi transaksi yang terjadi sepanjang penyelenggaraan acara juga jauh di atas target awal senilai Rp1 triliun. Sampai dengan pukul 15.00 WIB di hari penutupan, BSI International Expo 2024 berhasil mencetak nilai transaksi lebih dari Rp2,4 triliun atau lebih dari dua kali lipat target semula.

BSI International Expo 2024 juga sukses menjadi ajang yang menghubungkan para pelaku ekosistem halal di Indonesia dan dunia. Business matching yang dilakukan di sela-sela expo telah berhasil mempertemukan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) nasional dengan para calon mitranya di luar negeri.

Dengan pencapaian tersebut, Hery pun mengaku bangga BSI International Expo 2024 berjalan lancar dan sukses, sehingga dapat mencapai tujuannya sebagai halal expo. 

"Ini adalah event pertama yang dilaksanakan BSI dalam kaitan milad ke-3. Dan ini adalah event pertama yang grand, yang besar untuk perbankan syariah di Indonesia. Alhamdulillah acara ini berjalan melampaui ekspektasi," ujar Hery.

Sesuai dengan semangat Connecting You to Halal Lifestyle Ecosystem yang diusung, BSI terus menegaskan komitmen untuk memfasilitasi pengembangan ekosistem halal dari hulu ke hilir, mulai dari sisi pembiayaan, penyelenggaraan expo, hingga business matching.  

Selama empat hari, BSI International Expo 2024 telah menjadi wadah pameran bagi 270 tenant dari 21 kategori. Gelaran expo ini juga menghadirkan 47 seminar, talkshow, workshop dan kajian terkait pengembangan ekosistem halal.

Tidak kalah penting, sebanyak 63 kesepakatan bisnis dengan total nilai US$17,62 juta atau sekitar Rp288,93 miliar telah ditelurkan dari rangkaian kegiatan business matching antara para pelaku UMKM lokal dengan potential buyers dari 20 negara, termasuk Mesir, Saudi Arabia, Filipina, UAE, dan Lithuania.

"Kami membuat tema ini karena kita tahu potensi Indonesia di Halal Value Chain besar, mungkin lebih dari Rp5.000 triliun. Hanya saja tidak ada yang connecting the dot. Jadi hari ini adalah sejarah baru bagi perbankan syariah di Indonesia, kita menyambungkan titik-titik ini," ujar Hery.

Adalah Capli, salah satu UMKM binaan BSI yang memproduksi sambal khas Aceh, turut serta dalam business matching dan berhasil meraup order pembelian dari buyer Malaysia sebanyak 29 ton.

Yuliana, pendiri sekaligus Direktur Capli, mengaku bahwa pembelian ini jauh di luar ekspektasinya.

"Saya sampai kaget, tidak menyangka akan mendapatkan deal sebanyak itu. Kalau bukan karena ikut pameran BSI ini, belum tentu saya bisa bertemu buyer dan langsung dapat kontrak sebesar ini dari luar negeri," katanya. 

Yuliana pun berharap BSI International Expo dapat digelar pada tahun-tahun selanjutnya sehingga semakin banyak pelaku UMKM seperti dirinya yang terbantu untuk ekspansi bisnis.

"Acara ini bertujuan untuk menjembatani masyarakat dan produk halal serta para UMKM untuk masuk ke pasar global," ucap Direktur Sales and Distribution BSI Anton Sukarna di dalam kesempatan yang sama.

Anton berharap, ke depannya, BSI International Expo ditargetkan menjadi salah satu signature event dari BSI. Pihaknya pun berharap penyelenggaraan expo halal internasional ini akan semakin baik di tahun-tahun mendatang, sehingga mimpi Indonesia mewujudkan ekonomi syariah yang berkelanjutan dan menjadi global halal hub dapat tercapai.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.