Sukses

Makna Idul Adha dan Berkurban bagi Menaker Ida Fauziyah

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berhasil menghimpun 44 hewan kurban di Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker dan 15 ekor sapi di kantor pusat sehingga total 59 ekor sapi ditambah 8 ekor kambing.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) berhasil menghimpun 44 hewan kurban di Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker dan 15 ekor sapi di kantor pusat sehingga total 59 ekor sapi ditambah 8 ekor kambing.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah berharap momentum Idul Adha 2024 mampu mempererat hubungan persaudaraan dan meningkatkan kepedulian antara sesama anak bangsa sekaligus memperkuat iman dan takwa.

Menurut Ida Fauziyah, perayaan IdulAdha hendaknya tak dipandang hanya sekedar perayaan, melainkan bahwa semangat kurban harus menjadi pendorong bagi semua untuk merawat nilai-nilai persaudaraan dan saling berbagi.

"Mari kita tingkatkan kepedulian nilai-nilai sosial dan semangat berbagi dengan sesama. Kurban bukan hanya sekadar ritual, tetapi juga bentuk nyata dari rasa empati dan simbol solidaritas kita terhadap mereka yang membutuhkan, " Ida Fauziyah usai menyaksikan penyembelihan 8 ekor sapi dan 2 ekor kambing di kantor Kemnaker Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Ida Fauziyah menambahkan ibadah kurban mengandung pesan agar umat manusia terus mendekatkan diri kepada Allah SWT. "Apakah Tuhan itu jauh, kok kita ingin mendekat? Justru Tuhan dekat dengan kamu. Yang jauh itu justru rahmat. Mudah-mudahaan dengan berkurban ini, semakin dekat kita akan rahmat dari Allah SWT, " ujarnya.

Melalui IdulAdha ini, Ida Fauziyah berpendapat ada teladan yang dapat dipetik dari ketulusan Nabi Ibrahim AS, kesabaran Nabi Ismail AS dan pengorbanan luar biasa dari Sarah dan Siti Hajar. Kepatuhan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya Nabi Ismail AS sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah SWT.

"Mudah-mudahan apa yang kita lakukan pada pagi ini, kita mampu meneladaninya Seperak dua perak, tak ada artinya dibandingkan seperti yang dilakukan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Tapi hikmah dibalik itu adalah keinginan kita untuk mendekatkan kita kepada Allah SWT, " ujar Menaker.

Menaker pun mengapresiasi kepada pegawai dari 29 Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kemnaker yang telah mengorbankan sebagian dari dana pribadinya untuk peringatan IdulAdha 2024 ini.

"Saya ingin memberikan apresiasi atas adanya peningkatan jumlah hewan kurban pada tahun ini," ujarnya.

Sementara Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi mengatakan pada peringatan IdulAdha 2024 ini, di UPTP sebagian besar sudah dilakukan pemotongan pada Senin (17/6/2024) kemarin, dan telah dibagikan kepada masyarakat dan pegawai di lingkungan UPTP.

"Sementara di kantor Kemnaker disembelih 8 ekor sapi dan 2 kambing. Tujuh ekor lainnya sudah didistribusikan serta seluruh pemotongan kepada seluruh masyarakat di Jakarta dan sekitarnya," pungkas Anwar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Hari Raya Idul Adha 1445 H bagi Menko Airlangga

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan keluarga turut mengucapkan doa dalam momen Hari Raya Idul Adha 1445 H kali ini.

Menko Airlangga Hartarto memulai unggahan dalam akun Instagram pribadinya. Dia memulai unggahan dengan lafadz takbir.

"Allaahu Akbar, Allaahu Akbar, Allaahu Akbar. Laa ilaaha Illallaah Wuallaahu Akbar. Allaahu Akbar Wa Lillaahil Hamd," tulis Menko Airlangga lewat akun Instagram @airlanggahartarto_official, Senin (17/6/2024).

Dia turut mengunggah foto bersama dengan sang istri. Terlihat keduanya mengenakan baju muslim berwarna putih bersih. Ditambah dengan sedikit sentuhan batik pada sorban yang dikenakan Menko Airlangga.

"Eid Mubarak, saya bersama Ibu Yanti dan seluruh keluarga mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha," tulisnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini turut menyampaikan doanya dalam momen Idul adha. Dia berharap kurban yang dilakukan bisa memaknai sebuah pengorbanan.

"Semoga kita bisa memaknai pengorbanan dan keikhlasan di hari yang suci ini. Dan semoga kita semua, Bangsa Indonesia, senantiasa diberkahi dengan kebaikan, keselamatan, kesehatan lahir batin dan kesejahteraan. Aamiin YRA," pungkas Menko Airlangga.

 

3 dari 4 halaman

Doa dari Sri Mulyani

Diberitkan sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengirimkan pesan di tengah ibadah haji yang sedang dijalankannya. Ada doa yang disampaikan ditengah momen Hari Raya Idul Adha.

Sri Mulyani menyampaikan doanya melalui akun Instagram pribadinya.

"Selamat Iduladha 1445 Hijriah. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga segala amal ibadah kita diridai dan mendapat berkah, serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT," tulis Menkeu Sri Mulyani melalui akun Instagram @smindrawati, Senin (17/6/2024).

Diketahui, Sri Mulyani saat ini tengah menjalani ibadah haji. Dia turut menyampaikan doa bagi para jemaah haji.

 

4 dari 4 halaman

Mendoakan yang Berkurban

Bendahara Negara itu turut mendoakan para umat Islam yang menjalankan kurban. Dia berharap, kurban itu bisa bermanfaat bagi masyarakat dan membawa kesejahteraan.

"Bagi jamaah yang melaksanakan ibadah haji, semoga memperoleh kemabruran, dan yang melaksanakan ibadah kurban, semoga pengorbanan yang dilakukan tak hanya memberi manfaat dan membawa kesejahteraan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan," urainya.

"Tetapi juga membuka pintu rezeki lebih luas dan menjadi ladang pahala bagi kita kelak. Aamiin ya rabbal alamin," pungkas Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini