Sukses

10 Pekerjaan Jarak Jauh Ini Paling Banyak Peminat, Yuk Dicek!

Meskipun berbagai perusahaan mengalami fluktuasi ketersediaan pekerjaan jarak jauh, perusahaan-perusahaan di bidang ini justru mengalami peningkatan posisi kerja jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda sedang mencari pekerjaan yang memungkinkan bekerja sambil bepergian, cobalah bekerja di bidang pemasaran atau teknologi karena menurut penelitian baru dari FlexJobs yang dikutip dari CNBC, Rabu (15/5/2024), perusahaan-perusahaan di bidang ini justru semakin membuka lowongan kerja yang berbasis online meskipun semakin banyak perusahaan yang mengurangi fleksibilitas model kerja dibandingkan saat pandemi Covid-19. 

Kesempatan kerja jarak jauh mengalami fluktuasi sejak dimulainya pandemi Covid-19, namun FlexJobs telah melihat adanya sedikit peningkatan pada perusahaan yang secara aktif merekrut untuk posisi bekerja jarak jauh. 

Untuk membantu pencari kerja menemukan pekerjaan jarak jauh dan fleksibel terbaik, FlexJobs telah mengidentifikasi jenis pekerjaan yang paling banyak diminati oleh perusahaan dengan menganalisis basis datanya untuk pekerjaan jarak jauh dengan volume posting tertinggi antara Januari dan April 2024. 

Semua pekerjaan dalam daftar ini tersedia dari jarak jauh, baik secara penuh waktu maupun paruh waktu, tanpa batasan lokasi dan tanpa persyaratan kantor: 

  • Eksekutif akun
  • Penulis konten
  • Analis data
  • Insinyur DevOps
  • Editor
  • Manajer teknik
  • Manajer pemasaran
  • Perancang produk
  • Manajer produk
  • Insinyur perangkat lunak

Dalam pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja, karyawan bekerja 100% dari jarak jauh, tidak tergantung pada lokasi atau zona waktu. 

Namun, FlexJobs menyatakan pekerjaan seperti ini semakin kompetitif untuk mendapatkannya, hanya sekitar 5% dari semua pekerjaan jarak jauh. Sebagian besar pekerjaan jarak jauh memiliki persyaratan lokasi, terutama karena peraturan negara bagian dan federal yang menentukan di mana perusahaan bisa mempekerjakan orang dan menjalankan bisnis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bidang Ini Juga Mulai Menyumbang Ketersediaan Pekerjaan Berbasis Online

Bidang pemasaran, penulisan, dan teknologi terus menjadi bidang yang paling banyak menawarkan pekerjaan jarak jauh, namun bidang pendidikan dan karier berbasis dwibahasa juga memperluas penawaran kerja jarak jauh mereka, kata pakar karier FlexJobs Keith Spencer. 

Jika ingin mendapatkan pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja, Spencer merekomendasikan untuk menyoroti soft skill yang banyak dibutuhkan yang biasanya muncul di iklan pekerjaan jarak jauh, termasuk manajemen proyek dan kemampuan beradaptasi, di resume dan profil LinkedIn Anda. 

Spencer mengatakan bahwa Anda juga harus membiasakan diri menggunakan berbagai alat komunikasi dan kolaborasi jarak jauh seperti Slack, Trello, Asana, Microsoft Teams, dan Google Workspace, yang semuanya merupakan aplikasi utama untuk sebagian besar pekerjaan jarak jauh. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.