Sukses

Miliarder AS Ini Punya Trik Inspirasi Anak-anak Pakai Lampu dan Kursi, Bagaimana Caranya?

Mark Cuban mendapatkan pertanyaan bisnis dari anak-anak. Ia pun memakai lampu dan kursi untuk menginspirasi anak-anak tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Mark Cuban memiliki taktik sederhana untuk menginspirasi anak-anak muda untuk membuat berpikir tentang keterbatasan atau kekurangan mereka sendiri.

"Saya mendapatkan email [dari] anak-anak di seluruh dunia, karena 'Shark Tank' ditayangkan di mana-mana, mengajukan pertanyaan bisnis kepada saya," kata Cuban baru-baru ini kepada "Lex Fridman Podcast" sebagaimana yang dikutip dari CNBC, Selasa (16/4/2024).

Taktiknya sesederhana menunjuk bola lampu atau kursi.

"Ketika saya berbicara dengan anak-anak sekolah dasar, salah satu hal yang saya lakukan adalah mengatakan, 'Oke, mari kita lihat-lihat. Kamu lihat cahaya itu di sana? Suatu hari, cahaya itu tidak ada. Lalu seseorang memiliki ide. Lalu seseorang menciptakan sebuah produk. Dan sekarang sekolahmu membelinya,'" kata Mark Cuban.

Dia melanjutkan: "'Anda lihat kursi itu? Kursi tidak selalu terlihat seperti itu. Seseorang memiliki ide itu. Kenapa bukan kamu? Ketika kamu berjalan keluar. Tanyakan pada diri kamu, 'Mengapa bukan saya? Mengapa saya tidak bisa menjadi orang yang mengubah dunia?"

Intinya, pesan Mark Cuban adalah: siapa pun bisa menciptakan sesuatu yang mengubah dunia. Orang dewasa yang lelah dengan dunia mungkin akan memalingkan muka, tetapi para ahli mengatakan anak-anak membutuhkan orangtua dan panutan lain untuk mencontohkan perilaku yang baik, termasuk ambisi dan kepercayaan diri yang diperlukan untuk terinspirasi mereka dapat menghasilkan ide yang mengubah dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memupuk Benih Inspirasi Bagi Anak

Hasil penelitian menunjukkan perilaku dan mentalitas anak-anak dapat sangat dipengaruhi oleh panutan yang positif, termasuk kisah-kisah sukses yang terkenal dan dapat diteladani.

Sementara itu, menurut profesor psikologi Universitas Indiana, Mary Murphy, semakin sering anak-anak mendengar kisah-kisah tentang perjuangan sukses orang lain, akan semakin mendorong diri mereka sendiri untuk mewujudkan sifat-sifat itu dalam kehidupan dan karir mereka sendiri.

"Mendongeng adalah salah satu cara paling ampuh untuk memberikan pelajaran [kepada anak-anak]," tulis Murphy. 

Cuban memiliki latar belakang yang menginspirasi. Ia belajar menjadi seorang salesman dengan menjual kantong sampah dari rumah ke rumah pada usia 12 tahun. Bertahun-tahun kemudian, ia menjadi miliarder dengan membantu meluncurkan Broadcast.com, salah satu platform media streaming paling awal di internet, meskipun "orang-orang mengira saya bodoh," katanya.

Belakangan ini, ia bahkan mendapati dirinya terinspirasi oleh percakapannya dengan para pelajar- memuji "semangat" yang ia lihat ketika berbicara dengan mereka, katanya di podcast. "Saya melihatnya ketika saya berbicara di sekolah-sekolah ... percikan semangat di mata anak-anak bahwa ada sesuatu yang lebih besar, lebih baik, dan menarik di luar sana," kata Cuban.

Sangat mengesankan melihat begitu banyak optimisme dari generasi muda yang juga harus menghadapi "ketakutan [akan] iklim dan sejumlah hal lainnya," tambahnya.

"Tapi itulah keindahan anak-anak," kata Cuban. "Gen Z benar-benar mewujudkan hal itu. Dan bagi saya, hal itu sangat menarik."

 

3 dari 4 halaman

Mark Cuban Buang Jam Tangan Usai Jadi Miliarder, Begini Alasannya

Sebelumnya diberitakan, beberapa orang mungkin merayakan kemenangan besar dalam karier mereka dengan membeli barang mewah. Namun, miliarder asal Amerika Serikat, Mark Cuban memutuskan untuk mengambil langkah berbeda.

Ia menjual startup pertamanya, sebuah perusahaan perangkat lunak bernama MicroSolutions seharga USD 6 juta.

Pada hari yang sama, Cuban melepas arlojinya dan membuangnya, ungkapnya di panel SXSW awal bulan ini.

Cuban mengungkapkan, hal itu merupakan langkah simbolis, ketika ia sudah mendapatkan keamanan finansial, dia tidak ingin merasa ada orang yang menguasai waktunya.

"Waktu adalah satu-satunya aset yang tidak akan pernah bisa Anda dapatkan kembali. Anda tidak akan pernah bisa benar-benar memilikinya," kata Cuban, dikutip dari CNBC International, Senin (1/4/2024).

"Saya ingin berada… dalam posisi di mana saya bisa mengambil keputusan sendiri (dan) menghabiskan waktu sesuai keinginan saya. Itu selalu menjadi faktor motivasi saya," ujarnya.

Cuban bercerita, ia mendapat motivasi itu pada usia 14 tahun dari ayahnya, yang bekerja 60 jam per minggu di sebuah perusahaan pelapis mobil di luar Pittsburgh.

 

 

4 dari 4 halaman

Beli Pesawat

Terkadang, ayahnya mengajaknya bekerja untuk menunjukkan kepadanya bagaimana rasanya bekerja untuk orang lain.

"Waktu ini tidak dihabiskan untuk mempelajari apa yang dilakukan ayah saya, namun untuk mengetahui bahwa pekerjaannya tidak memiliki masa depan," cerita Cuban.

"Waktunya tidak pernah menjadi miliknya sendiri… dia ingin saya menciptakan jalan saya sendiri," imbuhya.

Ketika perusahaan Cuban berikutnya, layanan streaming audio Broadcast.com, menjual sahamnya ke Yahoo seharga USD 5,7 miliar pada tahun 1999, ia mengambil langkah yang jauh lebih besar untuk melindungi waktunya: membeli pesawat pribadi seharga USD 40 juta.

Transaksi tersebut masih menjadi transaksi e-commerce tunggal terbesar dalam Guinness Book of World Records.

"(Membeli pesawat pribadi) adalah tujuan saya sepanjang masa karena aset yang paling saya hargai adalah waktu, dan itu memberi saya waktu," kata Cuban kepada Money pada 2017.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini