Sukses

Mudik Gratis Kemenhub, BPTJ Akui Ada Kenaikan Jumlah Pemudik

Direktorat Jendral Perhubungan Darat melepas ribuan pemudik gratis Kementerian Perhubungan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Minggu (7/4/2024).

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jendral Perhubungan Darat melepas ribuan peserta mudik gratis Kementerian Perhubungan di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Minggu (7/4/2024).

Terpantau di Terminal Poris Plawad, terdapat 75 armada bus sudah siap untuk memberangkatkan sekitar 3.000 pemudik ke berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera. Untuk Sumatera seperti Padang, Palembang, Bengkulu dan Lampung. Sementara di Pulau Jawa sebagian besar menuju Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Ada 33 lokasi tujuan, paling banyak Pulau Jawa, khususnya Jawa Tengah, di sana banyak banget karena hampir semua wilayah di Jawa Tengah kita layani dengan mudik gratis. Kalau Sumatera ada Padang Palembang, Pekanbaru, Lampung, dan sekitar itu lah,"tutur Plt. Kepala BPTJ, Suharto.

Menurutnya, dari keseluruhan terminal di Jabodetabek, Kementerian Perhubungan menaikan jumlah pemudik gratis, yakni meningkat 62.3 persen bila dibandingkan tahun lalu.

"Tahun lalu kita hanya menyiapkan 24.072 seat untuk masyarakat. Nah, tahun ini kita menyiapkan 42.088 seat dengan 950 armada bus," ungkap Suharto.

Prediksi Pemudik Capai 193 Juta Orang

Peningkatan jumlah kursi armada mudik gratis tersebut disiapkan lantaran prediksi pemudik yang mencapai lebih dari 193 juta orang. Maka itu, Kemenhub menyiapkan armada bus gratis bagi pemudik, agar bisa mengurai kemacetan dan menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

"Kita coba berikan fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan dan membantu menurunkan angka kecelakaan di jalan raya,"katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komentar Peserta Mudik

Sementara, Wawan salah seorang pemudik yang akan berangkat ke Bengkulu mengungkapkan, dirinya bisa mendapatkan kursi mudik gratis ini dengan cara mendaftar lebih dulu melalui website. Kemudian, melakukan validasi data di Kantor Dishub Kota Tangerang.

"Awalnya memang susah aksesnya, tapi dicoba terus. Alhamdulillah berhasil mudik bareng anak dan istri,"ungkapnya.

Dia mengaku, saat pulang mudik nanti sudah memesan bus. Artinya, dia hanya mengeluarkan ongkos untuk arus baliknya saja kembali ke Kabupaten Tangerang.

"Irit, alhamdulillah kebantu sekali,"singkatnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini