Sukses

Bandingkan Gaji Philippe Troussier dan Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia, Bak Bumi dan Langit

Philippe Troussier dan Shin Tae-yong menjadi sosok yang patut dibahas dalam pertemuan antara Timnas Vietnam dan Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia akhirnya memecahkan kutukan tidak pernah menang selama 20 tahun di kandang Timnas Vietnam, My Dinh Stadium, Hanoi. Hal ini lantaran anak buah Shin Tae-yong ini berhasil menggulung tuan rumah 3 gol tanpa balas.

Skuad Garuda berhasil mencukur Vietnam tiga gol tanpa balas pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (26/3/2024) malam WIB. Satu gol berasal dari Ramadhan Sananta pada menit ke-90+8, setelah memanfaatkan bola rebound.

Yang spesial tentu saja gol pembuka dari Jay Idzes pada menit ke-9 dan Ragnar Oratmangoen menit ke-23. Itu menjadi gol debut keduanya bersama Timnas Indonesia setelah resmi di naturalisasi.

Kali terakhir Timnas Indonesia menang di My Dinh Stadium, terjadi 20 tahun lalu. Saat itu, Indonesia juga menang dengan skor identik 3-0 atas Timnas Vietnam di Piala Tiger atau sekarang bernama Piala AFF.

Kemenangan itu sangat patut disyukuri. Saat ini, Timnas Indonesia berada di posisi runner-up klasemen Grup D dengan tujuh poin. Irak masih memimpin dengan 12 poin setelah menumbangkan Filipina dengan skor 5-0.

Pelatih Vietnam Langsung Dipecat

Usai kekalahan ini, Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) secara resmi memutus kontrak pelatih asal Prancis, Philippe Troussier. 

"VFF mengakui komitmen dan profesionalisme Troussier selama masa jabatannya, menghargai kontribusinya terhadap sepak bola Vietnam," tulis media Vietnam, VSN.com. 

"Federasi menyampaikan harapan baik kepada Troussier dan keluarganya, juga menyampaikan permintaan maaf kepada para penggemar atas penampilan yang tidak memenuhi target yang telah ditetapkan," tambahnya. 

Perbandingan Philippe Troussier dan Shin Tae-yong

Philippe Troussier dan Shin Tae-yong menjadi sosok yang patut dibahas dalam pertemuan antara Timnas Vietnam dan Timnas Indonesia. Strategi merekalah yang menentukan jalannya pertandingan di lapangan.

Saat ini, Shin Tae-yong unggul dari Philippe Troussier soal pertandingan. Tiga kali pertemuan terakhirnya, Vietnam kalah total. 

Tidak hanya itu, dari segi gaji, Shin Tae-yong juga jauh di atas gaji Philippe Troussier selama menukangi timnas. 

Kontrak Troussier sendiri berlaku mulai 1 Maret hingga 31 Juli 2026. Sementara gaji Troussier per bulan mencapai 60.000 USD atau setara Rp 950 juta.

Lalu berapa gaji Shin Tae-yong? Informasi gaji Shin Tae-yong pernah diungkap oleh Mochamad Iriawan saat masih menjabat Ketua PSSI. Pada Januari 2022 lalu, sosok yang karib disapa Iwan Bule itu menyebutkan secara rinci soal upah tim pelatih Timnas Indonesia.

"Besar ya, Rp2 miliar kurang lebih per bulan. Di luar apartemen, di luar kendaraan, dan lain sebagainya. Tapi, kan bukan, dia tim. Ada enam pelatih lainnya," kata Iwan Bule lewat podcast Close The Door di YouTube milik Deddy Corbuzier.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Sikat Vietnam, Erick Thohir: Perjuangan Belum Selesai!

Ketua Umum PSSI Erick Thohir bangga dengan perjuangan Timnas Indonesia saat mengalahkan Vietnam 3-0 pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024).

Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta menyumbang gol untuk Tim Garuda.

"Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi," ujar Erick dilansir situs resmi federasi. 

Erick menilai kemenangan ini bukan sekadar tiga poin semata. Dia menyebut sukses anak asuh Shin Tae-yong sebagai hasil bersejarah lantaran timnas Indonesia sudah hampir 20 tahun tidak mampu mengalahkan Vietnam. di rumahnya

"Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan," ucap Erick.

Erick juga memuji mental bertarung para penggawa Garuda yang tak gentar bermain di kandang lawan. Kendati begitu, sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini menilai perjuangan Indonesia belum selesai.

“Kita tetap fokus untuk menghadapi dua pertandingan selanjutnya di bulan Juni untuk lolos ke babak berikutnya” ujar Erick Thohir.

 

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Juga Bisa Lolos ke Piala Asia 2027

Hasil di My Dinh National Stadium memperbesar peluang Indonesia melaju ke putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Menduduki peringkat dua, pasukan Shin Tae-yong sudah mengoleksi tujuh angka dari empat laga, unggul empat poin atas pesaing terdekat Vietnam.

Dengan Indonesia dan Vietnam sama-sama harus bertemu Irak plus Filipina di sisa kompetisi, Skuad Garuda dalam posisi sangat baik. Timnas Indonesia tetap bisa lolos walau kalah di dua partai terakhir, dengan syarat Vietnam menderita satu hasil negatif. Irak sendiri sudah memastikan lolos setelah mengalahkan tuan rumah Filipina 5-0 pada Selasa malam. 

Selain untuk Piala Dunia 2026, kualifikasi ini juga bertindak sebagai penyisihan menuju Piala Asia 2027. Indonesia bakal lolos otomatis untuk turnamen di Arab Saudi jika mampu bertahan di dua besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.