Sukses

Anak Usaha Telkom Percepat Koneksi Pembayaran Online, Apa Saja Fiturnya?

Kebutuhan akan informasi dan teknologi di era industri 4.0 ini semakin tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan akan informasi dan teknologi di era industri 4.0 ini semakin tinggi. Hal ini mendorong perusahaan-perusahaan untuk terus berkembang mengikuti tren yang ada.

PT Finnet Indonesia (Finnet) memahami kebutuhan market akan kecepatan informasi maupun tindakan yang cepat. Bertepatan dengan momen bersejarah di Acara Employee Gathering Finnet, Direktur Utama Finnet Rakhmad Tunggal Afifuddin (RTA) dan Direktur Enterprise Business Finnet Aziz Sidqi meluncurkan Digital Touch Point (DTP) https://hub.finpay.id/.

“Kami sangat senang memperkenalkan Digital Touch Point sebagai perubahan besar dalam proses onboarding merchant. Platform inovatif ini mencerminkan komitmen kami untuk menggunakan teknologi guna memberikan kenyamanan dan efisiensi yang tidak tertandingi kepada mitra-mitra kami.” kata Direktur Utama Finnet Tunggal Afifuddin dikutip Minggu (24/3/2024).

DTP https://hub.finpay.id/ merupakan sebuah portal dan website canggih yang menawarkan rangkaian layanan digital komprehensif untuk mempermudah proses onboarding merchant B2B (Business 2 Business) secara mandiri.

Fitur-fitur inovatifnya mampu mempercepat proses seperti registrasi merchant, verifikasi KYC (Know Your Customer), kontrak digital, dokumentasi online, dan contoh messaging API.  DTP https://hub.finpay.id/  juga menyediakan DTP Tools Online seperti Sandbox, Simulator Payment, Postman Collection, dan Bill Test Number. Fitur Self Integration Process juga dapat dilakukan oleh Merchant secara langsung. Hal ini juga didukung dengan Single Dashboard untuk development maupun production. 

“Saat ini sudah ada 45 biller code untuk Finpay Billing dan 31 SOF (Source of Fund) code untuk Finpay Payment Gateway. Selain itu DTP https://hub.finpay.id/ juga menyediakan layanan Finpay Link untuk merchant yang tidak memiliki kemampuan integrasi teknis atau untuk merchant yang belum memiliki aplikasi sendiri," tambah Rakhmad di sela-sela sesinya.

Sebagai informasi, Finpay Link memberikan kemudahan kepada merchant sehingga merchant dapat melakukan penagihan atau pengiriman invoice ke pelanggannya melalui media WhatsApp dan pelanggan dapat langsung melakukan pembayaran menggunakan SOF Finpay Payment Gateway. Invoice dapat dikirim satu persatu (single invoice) mapupun dikirim secara massal (bulk invoice).

“DTP dapat menjadi sumber informasi dan titik awal bagi mitra bisnis yang ingin memanfaatkan layanan pembayaran digital Finpay untuk kemudahan transaksi dengan pelanggan. Calon mitra dapat mengetahui informasi terkait produk yang dimiliki FInnet dan dapat melakukan self-integration," tutup Rakhmad.

Platform revolusioner ini dipercaya tidak hanya mempercepat perjalanan onboarding merchant tetapi juga meningkatkan efisiensi dan transparansi selama proses tersebut. Peluncuran DTP https://hub.finpay.id/  merupakan tonggak penting dalam misi Finnet untuk mendorong transformasi digital dan mendorong pertumbuhan inklusi keuangan digital di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak Usaha Telkom Luncurkan Layanan Payment Gateway Baru, Apa Kelebihannya?

Sebelumnya, PT Finnet Indonesia (Finnet), selaku anak usaha PT Telkom Indonesia (Telkom), meluncurkan layanan payment gateway yang diberi nama Finpay Link.

Finpay Link adalah web link yang dibuat sistem Finpay untuk memfasilitasi transaksi pembayaran guna memudahkan bisnis atau individu melakukan pembayaran dari pelanggan tanpa memerlukan dedicated payment gateway integration atau physical point of sales terminal.

"Kalau kita melihat di industri billing sekarang ini sudah memiliki aggregatornya masing-masing, sehingga akan sulit untuk bermain bisnis billing di sana, ditambah juga berkaitan dengan channel. Dari sinilah ide saya muncul untuk membuat satu buah solusi invoice itu tidak tergantung dengan channel, jadi channel-nya kita sendiri," ujar Direktur Enterprise Business PT Finnet Indonesia Irena Aldanituti dikutip dari Antara, Kamis (29/6/2023).

Dengan Finpay Link, para pebisnis tidak perlu melakukan pengembangan sistem yang canggih untuk memiliki fitur pembayaran.

Melalui web link, lanjut dia, pembeli mudah untuk bertransaksi dengan berbagai pilihan metode pembayaran dari Finpay Payment Gateway dan membantu pebisnis meningkatkan collection rate.

"Cukup dengan mengakses Digital Touch Point https://hub.finpay.id/, Finpay Link memberikan kenyamanan, fleksibilitas dan aksesibilitas bagi mitra bisnis Finnet dari berbagai segmen industri," ungkap dia.

Dia menyatakan bahwa inovasi ini diciptakan dalam rangka menjadi digital finserve company pilihan untuk mengakselerasi inklusi keuangan Indonesia, sejalan dengan komitmen Telkom guna mendukung digitalisasi bangsa.

"Bersama Telkom Indonesia, Finpay Link diharapkan mampu menjadi napas baru dalam mendigitalisasi sistem pembayaran digital di Indonesia," kata Irena.

 

3 dari 4 halaman

Finnet dan POSFIN Jalin Kolaborasi, Dorong Inklusi Keuangan di Tanah Air

Sebagai wujud komitmen dalam mendukung inklusi keuangan di Indonesia, PT Finnet Indonesia (Finnet) yang merupakan anak perusahaan PT Telkom Indonesia melakukan penandatanganan kerja sama dengan PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN) yang merupakan anak perusahaan PT Pos Indonesia (Persero).

Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Business & Marketing  Finnet, Irena Aldanituti beserta jajaran senior leader dan Chief Executive Officer POSFIN Setyo Budianto beserta jajaran Board of Directors.

Dengan kapabilitas sebagai digital financial service yang terhubung dengan lebih dari 80 bank, 122 biller, 12 payment partner, 46 eCommerce partner, dan 7 negara, Finnet dipercaya akan  mampu berkontribusi lebih terhadap value and benefit pada aplikasi yang dikelola langsung oleh  POSFIN, yaitu Pospay Agen.

Sebagai platform digital dengan skema jaringan bisnis keagenan, Pospay Agen mampu mengakomodasi kebutuhan layanan jasa payment point online banking dan layanan jasa kurir logistik (Lo-Fintech) yang dapat diakses secara multi-screen and multi-devices, mulai dari Android smartphone, perangkat EDC, dan online website.

4 dari 4 halaman

Peran Finnet di Pospay Agen

Peran Finnet di Pospay Agen adalah menghadirkan fitur layanan Source of Fund (sumber dana) Giropos pada payment gateway Finnet secara host-to-host. Dengan demikian pengguna akan diberikan kemudahan untuk bertransaksi melalui saldo Finpay Money maupun saldo Giropos di Pospay Agen.

Dalam sambutannya, Direktur Business & Marketing Finnet Irena Aldanituti, menyampaikan kerja sama ini sejalan dengan visi Finnet dalam mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia.

“Keuangan digital sekarang sudah menjadi kebutuhan hidup kita sehari-hari. Sejalan dengan visi kami yaitu menjadi digital financial service company pilihan untuk mengakselerasi inklusi  keuangan Indonesia, kami optimis kerja sama Finnet dan POSFIN ini mampu memberikan  ketersediaan akses pada berbagai lembaga, produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” kata Irena Aldanituti.

Sejalan dengan Alda, Chief Executive Officer POSFIN Setyo Budianto menyampaikan bahwa  kolaborasi antara Finnet dan POSFIN merupakan bentuk kerja sama yang sangat efektif dan  cerdas untuk mentransformasi ekonomi Indonesia menuju arah yang lebih baik lagi.   

“Membangun inklusi keuangan di Indonesia juga merupakan mimpi kami di POSFIN. Salah satu upaya yang kita lakukan yaitu dengan menguatkan Pospay, dan kami akan terus berkolaborasi dengan Finnet Indonesia untuk meningkatkan layanan yang kami miliki.” Tambah Setyo Budianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini