Sukses

Makin Banyak Perusahaan Pekerjakan Pegawai Tanpa Gelar Sarjana, Mengapa?

Selama beberapa dekade, tidak memiliki gelar sarjana sering kali menjadi rintangan bagi individu yang ingin mendapatkan posisi dan gaji yang lebih tingi. Namun, kini semakin banyak perusahaan yang menyatakan minatnya untuk mempekerjakan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan gelar S1 atau sarjana. Oleh karena itu, banyak orang berlomba-lomba untuk lulus kuliah agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. 

Selama ini juga dengan tidak memiliki gelar sarjana sering kali menjadi halangan bagi individu yang ingin mendapatkan posisi dan gaji yang lebih tingi.

Namun, kini semakin banyak perusahaan yang menyatakan minatnya untuk mempekerjakan mereka alias orang-orang tanpa gelar sarjana.

Perusahaan menggunakan gelar sarjana sebagai indikator kemampuan dan kompetensi saat mengevaluasi karyawan baru, sehingga membuat pekerja berupah rendah dan tidak bergelar sarjana lebih sulit untuk dipertimbangkan.

Sebagian besar pekerja di Amerika Serikat (AS) harus menghadapi rintangan tersebut. Menurut Biro Sensus AS, hanya 37,7% orang Amerika berusia 25 tahun ke atas yang telah mendapatkan gelar sarjana pada 2022.

Para pemberi kerja, setidaknya secara publik, menjadi lebih menerima konsep perekrutan berbasis keterampilan, yang berfokus pada kompetensi dan kemampuan kandidat pekerja untuk mengembangkan keterampilan baru, bukan pada riwayat sekolah mereka.

Mengapa Berubah?

Ada banyak faktor. Namun, realitas demografis membayangi semuanya. Menurunnya angka kelahiran di Amerika Serikat akan menghasilkan lebih sedikit pekerja untuk menggantikan mereka yang pensiun di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, perusahaan-perusahaan semakin sadar bahwa keterampilan yang dibutuhkan untuk melaksanakan banyak tugas tidak selalu membutuhkan gelar sarjana, dan bahwa orang-orang yang kompeten dapat diajari dengan bakat-bakat baru yang muncul.

Dalam pidato kenegaraan pekan lalu, Presiden Joe Biden mengakui perlunya perekrutan berbasis keterampilan beberapa kali, dengan menyatakan bahwa "perusahaan-perusahaan swasta sekarang menginvestasikan miliaran dolar untuk membangun pabrik-pabrik chip baru di sini di Amerika - menciptakan puluhan ribu lapangan kerja, yang sebagian besar bergaji lebih dari USD 100.000 per tahun dan tidak memerlukan gelar sarjana.

"Selain itu, ia juga menyatakan bahwa:"Menghubungkan bisnis dan sekolah menengah sehingga para siswa mendapatkan pengalaman langsung dan jalan menuju pekerjaan dengan gaji yang baik, terlepas dari apakah mereka melanjutkan ke perguruan tinggi atau tidak." mengutip CNN pada Selasa (26/3/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Munculnya Minat Perusahaan pada Pekerja Tanpa Gelar

Pada konferensi Fortune di bulan Oktober tahun lalu, Ken Frazier, mantan CEO Merck, mengatakan bahwa sekitar tiga perempat orang dewasa berkulit hitam tidak memiliki gelar sarjana, meskipun faktanya sebagian besar pekerjaan di perusahaan-perusahaan besar di Amerika Serikat membutuhkan gelar sarjana "untuk hampir semua pekerjaan.

"Selain itu, setelah pembunuhan George Floyd pada tahun 2020, ada upaya untuk meningkatkan keragaman dan kesetaraan dalam angkatan kerja perusahaan. Hal ini berarti ketiadaan gelar sarjana tidak dapat diabaikan, karena orang kulit hitam dan Hispanik adalah yang paling kecil kemungkinannya untuk memiliki gelar sarjana.

Menurut data Sensus, pada tahun 2022, hanya 27,6% orang dewasa kulit hitam dan 20,9% orang Hispanik yang memiliki gelar sarjana, dibandingkan dengan sekitar 41,8% orang kulit putih non-Hispanik.Setelah pembunuhan Floyd, Frazier mendirikan kelompok OneTen. Tujuannya adalah untuk membantu pekerja kulit hitam yang tidak memiliki gelar untuk mendapatkan posisi yang lebih baik dengan upah yang dapat menopang kehidupan keluarga, seperti yang ditentukan oleh Kalkulator Upah Layak MIT.

Misi OneTen telah diperluas hingga mencakup semua pekerja tanpa gelar sarjana, dan organisasi ini telah membentuk koalisi lebih dari 70 perusahaan terkemuka di Amerika Serikat, termasuk Accenture dan Yum! Brands, serta perusahaan pengembangan bakat, untuk mendukung misi OneTen dalam menutup kesenjangan kesempatan bagi mereka yang tidak memiliki gelar.

Menurut CEO OneTen, Debbie Dyson, perusahaan ini telah membantu perusahaan mempekerjakan dan mempromosikan 108.000 pekerja tanpa gelar. Dia juga menyebutkan bahwa situs web pasar tenaga kerja mereka memiliki 23.000 profil pencari kerja tanpa gelar dan mereka yang sedang mencari pelatihan, menyediakan kumpulan talenta untuk dicari oleh perusahaan.

3 dari 4 halaman

Tinjauan atas Tantangan

Pembicaraan tentang perekrutan berbasis keterampilan masih lebih banyak tentang pemberian sinyal kebajikan daripada pekerjaan yang sebenarnya.

Keterlibatan OneTen dalam lebih dari 100.000 kenaikan jabatan patut dicatat, tetapi masih jauh dari tujuan organisasi untuk merekrut dan mempromosikan 1 juta tenaga kerja profesional tanpa gelar dalam waktu sepuluh tahun. Hal ini mungkin mencerminkan apa yang ditemukan oleh sebuah studi baru-baru ini:

"Tidak semua perusahaan yang mempromosikan perekrutan berbasis keterampilan dan menghilangkan batasan gelar dari lowongan pekerjaan benar-benar mempekerjakan individu tanpa gelar."

Terlepas dari semua gembar-gembornya, peningkatan kesempatan yang dijanjikan oleh perekrutan berbasis keterampilan tidak terbukti bahkan pada 1 dari 700 perekrutan tahun lalu," kata para penulis makalah dari Harvard Business School dan Burning Glass Institute.

Namun, indikator-indikatornya menunjukkan arah yang positif. Menurut para penulis laporan tersebut, 37% perusahaan dalam sampel yang menindaklanjuti komitmen mereka terhadap perekrutan berbasis keterampilan telah menuai keuntungan.

"Meskipun kemajuannya masih terbatas, analisis kami menunjukkan bahwa perekrutan berbasis keterampilan memberikan nilai yang nyata dan terukur bagi mereka yang menerapkannya." "Perekrutan berbasis keterampilan meningkatkan retensi di antara para pekerja tanpa gelar yang dipekerjakan pada posisi yang sebelumnya membutuhkan gelar," kata mereka.

 

4 dari 4 halaman

Occupational Mobility Explorer

Menurut para peneliti, kandidat yang dipekerjakan dalam profesi-profesi tersebut menerima kenaikan gaji rata-rata sebesar 25%.

"Jika busur praktik perusahaan mengarah pada profitabilitas, win-win yang diwakili oleh perekrutan berbasis keterampilan merupakan peluang yang lalai diabaikan oleh perusahaan," para penulis menyimpulkan dalam makalah mereka.Teknologi ini mengarahkan pekerja berupah rendah menuju karier yang lebih makmur.

Sementara itu, bank Federal Reserve Philadelphia dan Cleveland mengembangkan alat interaktif yang dikenal sebagai Occupational Mobility Explorer, yang dirilis pada akhir 2020. Alat ini ditujukan untuk pekerja berupah rendah tanpa gelar sarjana. Alat ini membantu mereka mengidentifikasi pekerjaan dengan gaji lebih tinggi yang tumpang tindih dengan kemampuan yang dibutuhkan di posisi mereka saat ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.