Sukses

BP dan UEA Tunda Pembelian Saham Produsen Gas Alam Israel Akibat Perang

BP mengumumkan usulan investasi di NewMed Energy kurang dari setahun yang lalu sebagai bagian dari rencana untuk membentuk perusahaan gabungan dengan Adnoc untuk mengekstraksi gas alam di wilayah yang menjadi kepentingan bersama.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan minyak BP dan sebuah perusahaan minyak milik Uni Emirat Arab (UEA) telah menunda pembicaraan mengenai pembelian saham sebesar 50% dari produsen gas alam terkemuka Israel yakni NewMed Energy  mengingat kesepakatan senilai USD 2 miliar atau sekitar Rp 31,15 triliun (asumsi kurs dolar Amerika Serikat terhadap rupiah di kisaran 15.576) tersebut terlalu berisiko seiring dengan berkecamuknya perang di Gaza.

NewMed Energy mengatakan pada Rabu, 13 Maret 2024 ketiga perusahaan tersebut telah sepakat untuk "menunda diskusi" mengenai kesepakatan tersebut karena ketidakpastian yang diciptakan oleh lingkungan eksternal.

BP dan perusahaan minyak negara Abu Dhabi, Adnoc, telah menegaskan kembali ketertarikan mereka pada transaksi yang diusulkan. Hal itu disampaikan dalam sebuah pernyataan melansir CNN ditulis Kamis (13/2/2024)

"Tidak ada kepastian bahwa diskusi akan dilanjutkan atau kesepakatan akan tercapai di masa depan, atau mengenai ketentuan-ketentuan kesepakatan jika kesepakatan tercapai," kata NewMed Energy.

BP menolak berkomentar selain mengkonfirmasi isi pernyataan NewMed. Adnoc menolak berkomentar. Saham NewMed Energy turun sebanyak 7% di Tel Aviv.

Situasi ini menyoroti dampak perang di Gaza terhadap perusahaan-perusahaan yang menjalankan bisnis di Timur Tengah. Beberapa merek Barat, termasuk Starbucks, McDonald's, KFC dan Pizza Hut, telah menghadapi boikot di wilayah tersebut oleh para pelanggan yang menganggap mereka sebagai pendukung atau memiliki hubungan dengan perang Israel di Gaza.

BP mengumumkan usulan investasi di NewMed Energy kurang dari setahun yang lalu sebagai bagian dari rencana untuk membentuk perusahaan gabungan dengan Adnoc untuk mengekstraksi gas alam di wilayah-wilayah yang menjadi kepentingan bersama, termasuk di Mediterania timur.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bakal Akuisisi 50% Saham NewMed

Transaksi yang diusulkan secara luas dilihat sebagai bukti semakin kuatnya hubungan keuangan antara Israel dan UEA setelah normalisasi hubungan diplomatik pada 2020. Namun, perang telah merenggangkan hubungan tersebut, dan UEA telah berulang kali menyerukan "gencatan senjata segera" di Gaza.

Pada hari-hari setelah serangan Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel, yang memicu perang, seorang eksekutif perusahaan BP mengatakan kepada para investor bahwa perusahaan tersebut tetap optimis terhadap prospek kesepakatan NewMed, mengutip Reuters.

BP dan Adnoc akan mengakuisisi 50% saham NewMed Energy dengan membeli saham-saham yang diperdagangkan di bursa saham, ditambah dengan sebagian saham yang dipegang oleh Delek, sebuah konglomerat energi Israel.

NewMed memiliki 45,34% dari Waduk Leviathan, waduk gas terbesar di Mediterania dan lokasi salah satu penemuan gas laut dalam terbesar di dunia. Chevron memiliki 39,66% saham di waduk tersebut.

Secara terpisah, BP adalah salah satu dari enam perusahaan yang diberikan lisensi oleh kementerian energi Israel pada Oktober untuk mengeksplorasi gas alam di lepas pantai Mediterania.Perusahaan minyak Inggris dan Adnoc terus mengerjakan proyek-proyek lain bersama-sama. Bulan lalu, mereka mengumumkan sebuah perusahaan patungan untuk mengembangkan aset-aset gas alam di Mesir.

 

3 dari 5 halaman

BP Ramal Pangsa Bahan Bakar Fosil Bakal Anjlok pada 2050

Sebelumnya diberitakan, raksasa energi asal Inggris, BP memperkirakan minyak dan gas akan memainkan peran yang jauh lebih kecil pada energi global pada tahun 2050, sementara alternatif nol karbon seperti energi angin dan matahari akan terus meningkatkan penetrasi mereka.

Hal itu diungkapkan dalam laporan prospek energi tahunan BP ke-12 yang diterbitkan Senin (30/1).

Mengutip CNBC International, Selasa (31/1/2023) BP memperkirakan bahwa pangsa bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama akan turun dari 80 persen pada 2019 menjadi antara 55 dan 20 persen pada 2050. 

Sementara pangsa energi terbarukan diramal akan tumbuh dari 10 persen menjadi antara 35 persen dan 65 persen selama periode waktu yang sama.

Restrukturisasi fundamental pasar energi global ini didorong oleh tiga faktor, yang disebut BP sebagai trilema energi :

Faktor pertama, adalah keberlanjutan, yaitu berfokus pada kebutuhan untuk memperlambat pemanasan global karena peristiwa cuaca ekstrem menjadi lebih umum dan nyata. 

Faktor kedua, adalah keamanan. Hal ini salah satunya keinginan baru negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan energi mereka karena dampak perang Rusia-Ukraina.

Terakhir, adalah keterjangkauan, yaitu upaya berkelanjutan untuk menjaga kestabilan harga energi bagi konsumen.

"Emisi karbon yang terus meningkat dan meningkatnya frekuensi peristiwa cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir menyoroti lebih jelas pentingnya perubahan yang menentukan masa depan net-zero," tulis Spencer Dale, kepala ekonom di BP, dalam sebuah catatan.

Laporan BP juga menyebut, dalam salah satu dari tiga skenario, kecepatan energi terbarukan memasuki sistem energi global yang lebih cepat daripada bahan bakar.

 

4 dari 5 halaman

Sebelum Menurun, Permintaan Minyak Global Diperkirakan Naik Lebih Dahulu

BP juga melihat, energi terbarukan menjadi lebih murah baik karena teknologinya mencapai skala dan kebijakan yang berfokus pada insentif keuangan.

Namun perusahaan energi itu juga melihat permintaan global untuk minyak diperkirakan akan tetap tinggi untuk dekade mendatang sebelum mulai turun. Faktor terbesarnya adalah transportasi, yang tumbuh lebih efisien dan semakin didukung oleh listrik daripada minyak, bahkan ketika permintaan secara keseluruhan tumbuh di negara-negara berkembang.

Selain itu, perang di Ukraina juga membuat beberapa negara memikirkan kembali seberapa banyak mereka bergantung pada impor dari negara lain dan berapa banyak sumber energi mereka yang dapat mereka hasilkan di dalam negeri.

"Yang paling penting, keinginan negara-negara untuk meningkatkan ketahanan energi mereka dengan mengurangi ketergantungan mereka pada energi impor – yang didominasi oleh bahan bakar fosil – dan sebagai gantinya memiliki akses ke lebih banyak energi yang diproduksi di dalam negeri – yang sebagian besar kemungkinan berasal dari energi terbarukan dan energi non-fosil lainnya. sumber energi – menunjukkan bahwa perang cenderung mempercepat laju transisi energi," tulis Dale.

 

5 dari 5 halaman

BP Ramal Permintaan Listrik Dunia Bakal Capai 75 persen pada 2050

BP mengatakan, masa depan gas alam akan bergantung pada seberapa cepat pasar energi global mengalami dekarbonisasi dan seberapa besar pertumbuhan ekonomi di negara-negara berkembang. Kedua kekuatan ini akan cenderung saling mendorong.

Secara keseluruhan, permintaan listrik diperkirakan akan melonjak baik karena negara berkembang akan membutuhkan lebih banyak listrik dan karena upaya untuk mengurangi pemanasan global akan mempercepat permintaan transportasi dan pemanas serta pendingin bangunan.

Dalam semua skenario yang dipetakan BP, permintaan listrik diramal akan meningkat sebesar 75 persen pada tahun 2050.

Menurut BP, untuk memenuhi perubahan permintaan energi global akan membutuhkan peningkatan teknologi penangkapan karbon, fasilitas angin dan matahari, baterai, hidrogen, jaringan pipa CO2, dan kapasitas penyimpanan energi baru.

Semua ini akan meningkatkan permintaan mineral seperti litium, tembaga, dan nikel.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini