Sukses

Siswa Sekolah Gembira Dapat Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran: Ringankan Beban Orangtua

Tanza siswa kelas 9 V SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang mengaku senang atas pelaksanaan simulasi program makan gratis yang diusung Prabowo-Gibran. Alasannya dia bisa menghemat uang jajan sekolah lantaran tidak perlu membeli makanan berat di jam istirahat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, pada hari ini, Kamis (29/2).

Diketahui, makan siang gratis merupakan program unggulan pasangan capres Prabowo-Gibran yang masih unggul dalam hitung cepat atau quick count oleh berbagai lembaga survei.

Lantas bagaimana tanggapan siswa terkait program makan siang gratis?

Tanza siswa kelas 9 V SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang mengaku senang atas pelaksanaan simulasi  program makan gratis yang diusung Prabowo-Gibran. Alasannya dia bisa menghemat uang jajan sekolah lantaran tidak perlu membeli makanan berat di jam istirahat.

"Ya, senang sih dapat makan gratis, kan lebih hemat, gak perlu jajan beli makanan lagi kalau keluar," ujarnya kepada Merdeka.com di lokasi.

Adapun, menu makan siang gratis yang ga diperoleh Tanza berupa nasi ayam goreng tepung. Menurutnya, porsi yang disajikan cukup lengkap dan mengenyangkan.

"Tadi, dapat nasi, ayam goreng tepung, ada capcay, dan buah pisang. Dapat nya juga lumayan banyak," bebernya.

Senada, Kanza siswa kelas 9 SMP Negeri 2 Curug turut merasa senang' atas pelaksanaan program makan siang gratis senilai Rp15.000 tersebut. Dia menyebut, pelaksanaan program makan siang gratis dapat meringankan beban kedua orang tuanya untuk mempersiapkan bekal sekolah.

"Ya tanggapannya senang sih dapat makan siang gratis. Kan orang tua jadi lebih ringan lagi, tidak repot menyiapkan bekal," ungkapnya.

Hemat Uang Jajan

Selain itu, program makan siang gratis juga dinilai dapat menghemat uang jajan sekolah. Sehingga, dirinya dapat menyisihkan uang jajan untuk kegiatan menabung.

"Program ini juga buat uang jajan siswa dapat di sisihkan untuk nabung gitu kan," ucapnya.

Untuk menu yang diperoleh Kanza dalam program makan siang gratis kali ini nasi semur telur ayam. Adapun, tambahan buah yang diperoleh ialah pisang. "Menunya nasi, semur telur ayam, tumis buncis, tempe, dan siomay telor. Untuk buahnya dapat pisang," sahutnya.

 

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Simulasi Program Makan Siang Gratis

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menggelar simulasi program makan siang gratis Rp15.000 yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada Kamis (29/2) siang.

Dalam acara simulasi tersebut, terdapat empat menu makan siang gratis yang tersedia di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang. Masing-masing menu tersebut disajikan dengan tabel kandungan gizi dan dibanderol Rp15.000.

Menu makan siang gratis pertama ialah nasi ayam tepung. Di dalamnya terdapat lauk pauk berupa ayam tepung, perkedel tahu, sayur capcay dan dilengkapi buah pisang.

Untuk menu kedua berupa nasi semur telur ayam. Lauk pauk menu ini terdiri dari semur telur ayam, tempe goreng tepung, tumis buncis wortel, dan dilengkapi buah pisang.

Sementara menu ketiga simulasi program makan gratis berupa gado-gado. Untuk lauk tambahan gado-gado berupa telur ayam rebus dan dilengkapi buah pisang.

Sedangkan untuk menu keempat berupa siomay. Menu siomay simulasi makan gratis Prabowo-Gibran ini dilengkapi oleh telur rebus dan buah pisang.

Sebagai informasi, kandungan kalori masing masing menu simulasi makan siang gratis Prabowo-Gibran Rp15.000  tersebut berkisar 560-an sampai 590-an per porsi.

3 dari 4 halaman

Simulasi Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Rp 15 Ribu, Dapat Apa Saja?

Program makan siang gratis sebesar Rp 15 ribu peranak yang merupakan milik Calon Presiden Prabowo Subiyanto, sudah diujicobakan di SMP negeri di Kabupaten Tangerang, Kamis (29/2/2024). Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto pun ikut meninjau simulasi makan siang gratis tersebut.

Uji coba tersebut berlangsung di SMPN 2 Kabupaten Tangerang. Bukan hanya Airlangga Hartarto saja yang hadir, PJ Bupati Tangerang Andi Ony, mantan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, serta pejabat terkait juga ikut menyaksikan simulasi Program makan siang gratis tersebut.

“Saya didampingi pejabat Bupati Tangerang, bapak Andy Oni, dan Kepsek SMPN2 Kabupaten Tangerang, dan didampingi pak Ahmad Zaki, Bupati 2013-2023. Dalam agenda pagi ini kami melihat simulasi untuk makan siang dengan biaya Rp 15 ribu,” ungkap Airlangga.

Menu yang dihadirkan terdiri dari 4 paket pilihan. Seperti nasi ayam, nasi semur telur, siomay dan gado-gado. Masing-masing menu dilengkapi dengan buah pisang serta ada sayurannya.

Anggaran Makan Siang Gratis

Lalu, saat ditanya mengenai anggaran untuk simulasi makan siang gratis ini, Airlangga mengaku diserahkan kepada PJ Bupati Tangerang. Sebab, simulasi ini terlaksana karena adanya inisiasi atau sikap voulenter dari pemerintahan setempat.

“Silahkan ke pak Bupati,” singkat Airlangga.

Lalu, saat disinggung soal mengapa sudah diadakan lebih dulu simulasi makan siang gratis, padahal program tersebut merupakan wacana dari Capres-Cawapres Prabowo-Gibran, Airlangga mengaku hanya memenuhi undangan pemerintah daerah saja. “Ya namanya voulenter bebeas-bebas saja. Ya namanya juga undangan, saya diundang makan gratis juga ya datang,”katanya.

 

4 dari 4 halaman

Bisa Jadi Bahan Evaluasi

Sementara, Airlangga pun mengacungi jempol simulasi yang dilakukan di sekolah tersebut. Sebab menurutnya, apa yang dilakukan hari ini bisa menjadi ekosistem. Baik kesehatan untuk siswanya ataupun untuk keberlangsungan UMKM di sekolah.

Sebab, untuk simulasi kali ini, para pengusaha kantin sekolahlah yang menyediakan. Seperti menu makanannya dimasak dengan memperhatikan gizi seimbang, juga higienis.

“Kita lihat bahwa menunya cocok, kalori dan gizinya masuk. Anak-anak juga senang. Karena ini yang menyediakan adalah kantin sekolah, jadi UMKM juga terlibat. Itulah esensi dari ekosistem,”kata Airlangga.

Airlangga juga menyebut, bila dirinya saat ini seperti tengah belanja masalah. Sebab, kalau dilihat dari simulasinya yang dilakukan PJ Bupati hari ini, dilihat bagaimana mekanisme yang berlangsung.

“Sehingga bis akita ketahui, bagaimana mekanismenya, bagaimana pembiayaannya, dari situ kita belajar untuk membuat kebijakan public,”katanya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini