Sukses

Rupiah Diramal Lesu Hari Ini Dikisaran 15.660 per USD

Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS berpeluang melemah pada pedagangan Selasa 27 Februari 2024. Rupiah loyo karena pasar mencermati prospek pemangkasan suku bunga kebijakan Amerika Serikat (AS) atau Fed Funds Rate (FFR).

Liputan6.com, Jakarta Nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar AS berpeluang melemah pada pedagangan Selasa 27 Februari 2024. Rupiah loyo karena pasar mencermati prospek pemangkasan suku bunga kebijakan Amerika Serikat (AS) atau Fed Funds Rate (FFR).

Pada awal perdagangan, kurs rupiah dibuka turun 17 poin atau 0,11 persen menjadi 15.647 per dolar AS dari sebelumnya sebesar 15.630 per dolar AS.

"Rupiah masih berpeluang melemah terhadap dolar AS hari ini karena pasar masih mempertimbangkan masa depan kebijakan pemangkasan suku bunga acuan AS," kata Pengamat Pasar Aang Ariston Tjendra dikutip dari Antara, Selasa (27/2/2024).

Ariston menuturkan data-data ekonomi AS masih memperlihatkan perekonomian AS yang masih cukup solid sehingga berpeluang menaiklan inflasi AS lagi. Pekan lalu dua petinggi bank sentral AS atau The Fed yaitu Christopher Waller dan John Williams menekankan bahwa The Fed tidak akan terburu-buru memangkas suku bunga acuannya.

Data perumahan AS yang dirilis pada Senin (26/2/2024) masih menunjukkan pertumbuhan.

Data Penjualan Rumah AS

Data penjualan rumah baru AS bulan Januari menunjukkan kenaikan 1,5 persen. Selain itu, sebagian indeks saham Asia pagi ini terlihat bergerak negatif. Itu bisa diartikan bahwa minat pasar terhadap aset berisiko berkurang, dan ini bisa memberikan sentimen negatif ke rupiah.

Ariston mengatakan potensi pelemahan nilia rukar rupiah ke arah 15.660 per dolar AS, dengan potensi support di sekitar 15.600 per dolar AS hari ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rupiah Melemah ke 15.623 per Dolar AS di Awal Pekan, Penyebabnya Sinyal Dovish The Fed

Sebelumnya, nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak melemah di awal pekan ini. Pelemahan rupiah ini terjadi di tengah sinyal kurang dovish dari bank sentral Amerika Serikat (AS) atau The Fed terkait kebijakan suku bunga acuannya atau Fed Funds Rate (FFR).

Pada Senin (26/2/2024), Nilai tukar rupiah dibuka melemah 25 poin atau 0,16 persen menjadi 15.623 per dolar AS dari sebelumnya sebesar 15.598 per dolar AS.

Kepala Ekonom Bank Permata Josua Pardede menjelaskan, salah satu pejabat The Fed, John Williams, menyatakan bahwa arah perekonomian AS saat ini menuju ke arah yang diharapkan.

Ia juga berpendapat bahwa The Fed akan melonggarkan kebijakan moneternya pada akhir tahun ini.

"Pernyataannya mengisyaratkan bahwa The Fed tidak akan menurunkan suku bunganya dalam waktu dekat," kata Josua dikutip dari Antara.

 Meskipun pernyataannya kurang dovish, imbal hasil atau yield US Treasury (UST) 10 tahun turun tujuh basis poin (bps) menjadi 4,25 persen.

Sementara itu, imbal hasil atau yield obligasi Pemerintah Indonesia tenor panjang turun satu bps, sedangkan yield obligasi tenor pendek tercatat tidak berubah.

Volume perdagangan obligasi Pemerintah Indonesia mencatat rata-rata Rp 15,89 triliun pada pekan lalu, lebih rendah dibandingkan volume pekan sebelumnya, sebesar Rp 29,21 triliun.

Josua memperkirakan kurs rupiah terhadap dolar AS pada perdagangan hari ini akan berada di rentang 15.550 per dolar AS hingga 15.650 per dolar AS.

3 dari 4 halaman

BI Klaim Rupiah Lebih Jos dari Ringgit Malaysia hingga Won Korea

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengklaim nilai tukar Rupiah tetap terkendali di tengah ketegangan geopolitik dunia. Hal ini tercermin dari pelemahan (depresiasi) nilai tukar Rupiah yang lebih baik dibandingkan Ringgit Malaysia hingga Won Korea Selatan.

"Nilai tukar Rupiah tetap terkendali didukung oleh kebijakan stabilisasi Bank Indonesia," kata Perry dalam konferensi pers di Gedung BI, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Per 20 Februari 2024, nilai tukar Rupiah kembali menguat 0,77 persen secara poin to poin (ptp) setelah pada Januari 2024 melemah 2,43 persen. Dengan perkembangan ini, nilai tukar Rupiah hanya sedikit melemah 1,68 persen dari level akhir Desember 2023.

"Sementara Won Korea, Ringgit Malaysia, dan Baht Thailand melemah masing-masing sebesar 3,69 persen, 4,27 persen, dan 5,31 persen," bebernya.

Penguatan nilai tukar Rupiah didorong oleh kebijakan stabilisasi yang ditempuh Bank Indonesia untuk mendorong aliran masuk modal asing ke pasar keuangan domestik.

4 dari 4 halaman

Persepsi Positif

Ini sejalan dengan persepsi positif investor terhadap prospek ekonomi yang tetap baik dengan stabilitas yang terjaga dan imbal hasil aset keuangan domestik yang menarik.

Ke depan, nilai tukar Rupiah diprakirakan stabil dengan kecenderungan menguat didorong oleh berlanjutnya aliran masuk modal asing. Kemudian, didukung oleh kebijakan stabilisasi Bank Indonesia, serta penguatan strategi operasi moneter pro-market. 

"Bank Indonesia juga terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah, perbankan, dan dunia usaha untuk mendukung implementasi instrumen penempatan valas Devisa Hasil Ekspor Sumber Daya Alam (DHE SDA) sejalan dengan PP Nomor 36 Tahun 2023," imbuh Perry mengakhiri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini