Sukses

Makan Siang dan Susu Gratis Masuk RAPBN 2025, Anggarannya Capai Rp 400 Triliun

Anggaran yang disediakan untuk program makan siang dan pemberian susu gratis pemerintah berkisar Rp 400 triliun. Namun, penyaluran anggaran akan dilakukan secara bertahap.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan bahwa program Makan Siang dan Susu Gratis masuk akan masuk dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025. Tak tanggung-tanggung, anggaran yang disiapkan capai Rp 400 triliun.

Makan Siang dan Susu Gratis merupakan program unggulan pasangan Calon presiden (capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 01 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Saat ini pasangan tersebut memimpin dalam hitung cepat atau quick count oleh berbagai lembaga survei.

"Masuk (RAPBN 2025)," kata Airlangga kepada awak media di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, ditulis Sabtu (24/2/2024).

Anggaran yang direncanakan untuk program makan siang dan pemberian susu gratis tersebut berkisar Rp 400 triliun. Namun, penyaluran anggaran akan dilakukan secara bertahap.

"Anggarannya ada bertahap nanti hari senin kita inikan, ada skalanya," jelas Airlangga.

Dia menyebut, program pemberian makan siang dan susu gratis akan dibahas lebih lanjut dalam Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025. Dia pun meminta masyarakat untuk bersabar menantikan hasil pembahasan pada Senin pekan depan.

"PPKF sedang dibahas, nanti Senin akan ada sidang kabinet. Jadi tunggu saja Senin," ungkap Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus Prabowo-Gibran

Sebagai informasi, program Makan Siang Gratis di Sekolah menjadi salah satu fokus utama calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran di  Pilpres 2024.

Pada setiap kesempatan bertemu rakyat, keduanya kerap menyampaikan, program dijalankan demi meningkatkan kualitas gizi anak sekolah dan menggerakkan ekonomi nasional.

Prabowo juga kerap mengulang informasi, bahwa program yang ingin diimplementasi jika terpilih menjadi presiden adalah sebuah giat yang sudah dijalankan di sejumlah negara. Harapannya, pengaruh baik didapatkan mampu mendongkrak kualitas SDM di Indonesia menuju generasi emas 2045.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani menyampaikan bahwa program makan siang gratis akan segera direalisasikan setelah Prabowo- Gibran nantinya resmi menjabat sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Hal itu menjawab terkait isu yang beredar dengan menyebut program makan siang gratis yang menjadi unggulan Prabowo- Gibran itu baru mulai dilaksanakan pada 2029.

“Pak Prabowo harapannya akan lebih cepat lebih baik, karena rakyat juga mengharapkan program makan siang gratis bisa direalisasikan secepatnya,” kata Muzani kepada awak media, Jumat (16/2/2024).

 

3 dari 3 halaman

Pengumuman Resmi KPU

Namun demikian, Muzani tidak bisa memastikan kapan waktu pastinya program itu terealisasi. Sebab yang terpenting adalah proses keterpilihan secara resmi dahulu oleh KPU nanti.

“Ya, Pak Prabowo akan dilantik dulu sebagai presiden akan ditetapkan oleh KPU di bulan Maret. Setelah itu beliau akan dilantik pada 20 Oktober,” kata dia.

“Nanti setelah itu kita akan mulai membicarakan tentang skema dan sistematika bagaimana menjalankan program, apa yang menjadi prioritas dan apa yang menjadi awalan-awalan dari program Pak Prabowo,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.