Sukses

Pengamat Nilai Reaksi Erick Thohir Soal Hoaks BUMN Jadi Koperasi Wajar

Pengamat Politik dari Universitss Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin melihat upaya Erick Thohir meningkatkan kinerja BUMN dalam hampir 5 tahun terakhir ini.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir berkali-kali merespons terkait isu mengubah BUMN jadi Koperasi. Respons yang dilayangkan pada berbagai kesempatan itu dinilai tepat.

Bukan tanpa alasan, Pengamat Politik dari Universitss Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin melihat upaya Erick Thohir meningkatkan kinerja BUMN dalam hampir 5 tahun terakhir ini. Salah satunya berhasil mengerek dividen BUMN menjadi Rp 82 triliun ke negara.

"Hampir 5 tahun Erick memimpin BUMN dan itu tidaklah mudah, mengelola mega korporasi yang sekarang sudah berkontribusi kepada negara melalui dividen sekitar Rp 82 triliun, terbesar sepanjang sejarah," urai Ujang dalam keterangannya, Jumat (9/2/2024).

Di sisi lain, Erick Thohir berhasil melakukan penyelamatan BUMN. Sebut saja ada Garuda Indonesia, Krakatau Steel, hingga PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Kemudian, ada proyek-proyek strategis BUMN yang dinilai bisa berjalan di masa Erick.

"Erick tidak pernah menyalahkan kebijakan masa lalu, tetapi Erick lebih memilih ambil inisitatif problem solving dan tuntas," tegas Ujang.

Dengan begitu, Ujang menilai wajar jika Menteri BUMN itu merespons ide mengubah BUMN jadi koperasi. Ide ini mencuat dari salah satu pakar dalam diskusi yang digelar tim sukses Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) beberapa waktu lalu.

"Sebagai orang yang sudah membangun hasil karya di BUMN, (lalu Erick) mendapat jejak digital sebuah statement dalam sebuah forum paslon, wajar kiranya jika (Erick) bereaksi," ujar Ujang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jauh dari Substansi

Ujang menyayangkan, Erick malah dituding menyebarkan hoax soal BUMN diubah jadi Koperasi. Dia melihat hal itu jauh dari substansi soal kekuatan BUMN. Menurutnya, lebih baik Timnas AMIN fokus menyusun strategi untuk menguatkan perusahaan pelat merah.

"Ada apa timses dan Gus Imin terlalu reaktif menyerang Erick? Mengapa paslon tidak fokus kepada content - nya saja, yaitu bagaimana membuat laba BUMN naik 2-3x lipat dari sekarang dan bagaimana konstribusi BUMN lebih kuat lagi untuk rakyat," kata Ujang.

Salah satu bukti preatasi Erick, kata Ujang, adalah lahirnya Peraturan Menteri BUMN Nomor 5 tahun 2022 Tentang Penerapan Manajemen Risiko oleh BUMN. Aturan yang membuat mitra binaan UMKM naik kelas, hingga diatas 7 persen pertahun.

"Nah silahkan AMIN, jika punya ide program lebih baik lagi. Jadi marilah kita fokus kepada program cerdas dan strategi korporasi daripada sekedar memainkan isu politik dan saling menyerang pepesan kosong," tegas Ujang.

"Saya yakin Erick bukan orang yang suka memainkan berita hoax. Tetapi ini murni karena Erick sangat peduli korporasi yang dia kelola agar jangan sampai merubah hal fundamental yang merusak ekosistem keberlanjutan korporasi, untuk menciptakan korporasi BUMN kelas dunia," pungkas Ujang.

 

3 dari 3 halaman

Bantah Sebar Hoax

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membantah tudingan mengubah BUMN jadi koperasi. Dia menyayangkan pihaknya dituding menyebarkan hoax.

Erick bilang, pihaknya hanya memberikan tanggapan atas pertanyaan yang disodorkan wartawan mengenai ide BUMN jadi Koperasi. Ide ini mencuat dari salah satu pengamat koperasi dalam acara yang digagas tim pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Timnas AMIN.

"Kalau saya, kan hanya menjawab dan merespons wartawan. Yang nanya bahwa pendapat itu dari tim AMIN, itu ya wartawan. Saya hanya merespons dan menjawab," ujar Erick di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

Untuk itu, Erick menyebut Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar seharusnya melakukan klarifikasi dan menegur timses yang membuat ide tersebut.

Pasalnya, ide itu membuat resah seluruh karyawan BUMN dan juga mitra BUMN, baik swasta maupun UMKM.

Menurutnya, hal ini juga memiliki dampak negatif dalam upaya transformasi BUMN yang terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir.

"Kalau memang bukan dari tim AMIN, harusnya Pak Anies dan Cak Imin bukan tegur saya, tapi tegur jubir yang melakukan konferensi pers mengenai hal ini. Videonya ada kok," ucap Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Koperasi adalah sebuah organisasi ekonomi yang dimiliki dan dioperasikan oleh orang-seorang demi kepentingan bersama.

    koperasi