Sukses

Heboh Isu Sri Mulyani dan Mahfud MD Mundur dari Kabinet Jokowi, Istana Baik-Baik Saja

Suharso Monoarfa mengungkapkan situasi Istana Negara ditengah isu terkait mundurnya beberapa menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Liputan6.com, Jakarta Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengungkapkan situasi Istana Negara ditengah isu terkait mundurnya beberapa menteri kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya di Istana dalam kondisi baik-baik saja.

"Baik-baik, situasi kabinet baik-baik saja," ujar Suharso kepada media, Jakarta, Selasa (30/1).

Suharso mengaku tidak mengetahui adanya isu mundur Menteri Koodinator Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD. "Kata siapa? Oh kabar beredar," imbuhnya.

Namun ia mengetahui isu terkait mundurnya Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati.

Ia menyebut Bendahara Negara itu merupakan sahabat dan partner yang baik di pemerintahan.

Suharso menilai Menkeu merupakan sosok yang profesional dalam bekerja. Sehingga tak terlintas dalam benaknya, jika Sri Mulyani ingin mundur dari jabatannya.

"Bu Menkeu kan sahabat saya, dan Bu Menkeu itu sparing patrner saya, bukan sekarang aja. Cara berpikir kita sama, jadi enak. Jadi saya nggak tau kalau bu Menkeu punya pandangan lain (mundur)," ungkapnya.

Fokus Kerja

Meskipun banyak isu yang beredar, ia memastikan dirinya tetap bekerja dengan baik sebagai menteri PPN/Bappenas.

"Kalau saya sih bekerja dengan baik. Saya kan latar belajang saya profesional, meskipun dari partai politik, tapi sebelumnya profesional. Saya akan kerjakan semaksimal mungkin, saya nggak mau lari dari tanggung jawab," tegas Suharso Monoarfa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jawab Isu Mundur dari Kabinet Indonesia Maju, Sri Mulyani: Saya Bekerja

Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan dirinya masih tetap bekerja di Kabinet Indonesia Maju. Hal itu menjawab pertanyaan terkait isu dirinya akan mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

“Saya bekerja, saya bekerja,” ujar Sri Mulyani saat ditemui di Istana Negara Jakarta, setelah rapat terbatas soal ekonomi, Jumat (19/1/2024) demikian dikutip dari Kanal News Liputan6.com.

Sri Mulyani juga tidak merespons lebih jauh mengenai isu itu. Adapun hal dirinya siap mundur dari Kabinet Indonesia Maju dihembuskan oleh ekonom senior, Faisal Basri.

Ia juga tidak menanggapi kabar tidak harmonis dirinya dengan Menteri Pertahanan yang juga Calon Presiden Prabowo Subianto mengenai anggaran di Kementerian Pertahanan. Ia memilih tutup mulut dan tidak menjawab pertanyaan awak media.

Dikutip dari Antara, Sri Mulyani menghadiri dua agenda rapat di Istana Negara yaitu membahas pajak hiburan dan dana pendidikan.

Usai hadiri kedua rapat itu, Sri Mulyani yang memakai atasan berwarna merah jambu tampak keluar dari kawasan Istana Negara sekitar pukul 11.30 WIB. Ketika dihampiri awak media, Sri Mulyani menjawab singkat berbagai pertanyaan yang diajukan wartawan. Sri Mulyani bergegas memasuki mobil berpelat RI 26 yang sudah terparkir.

 

3 dari 3 halaman

Isu dari Faisal Basri

Sebelumnya ekonom senior Faisal Basri dalam sebuah acara diskusi di Jakarta baru-baru ini menuturkan, Sri Mulyani adalah menteri yang secara moral paling siap untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

Selain Sri Mulyani, Faisal menyampaikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono siap mundur. Faisal menuturkan, menteri dari kalangan teknorat siap mundur karena isu dukungan presiden dalam pemilihan presiden (Pilpres).

 

 

 

 

 

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.