Sukses

Asuransi Jasindo Cover 300 Ribu Hektare Lahan Pertanian di Indonesia

PT Jasindo yang merupakan member dari IFG berupaya meningkatkan bisnis penjaminannya. Salah satu yang menjadi unggulan adalah Asuransi Usaha Tani Padi

Liputan6.com, Jakarta PT Jasindo yang merupakan member dari IFG berupaya meningkatkan bisnis penjaminannya. Salah satu yang menjadi unggulan adalah Asuransi Usaha Tani Padi atau AUTP.

Saat ini, Jasindo terus meningkatkan perluasan penjaminan lahan pertanian di Indonesia. Tujuannya, membantu menjaga ketahanan pangan masyarakat.

"Asuransi Jasindo mengcover lebih dari 300 ribu hektar lahan pertanian padi di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama untuk titik-titik yang memang terdapat Kantor Cabang Asuransi Jasindo. Jadi kami mengupayakan agar lahan-lahan pertanian yang ada di wilayah operasional Kantor Cabang kami dapat tercover asuransi," ungkap Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo Brellian Gema ditulis, Jumat (26/1/2024).

Asuransi tani ini merupakan produk yang juga menjadi bantuan pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Bantuan diberikan berupa subsidi premi asuransi.

Jasindo menetapkan premi asuransi usaha tani ini sebesar Rp 180 ribu. Dengan adanya subsidi premi dari pemerintah, petani hanya dikenakan biaya premi Rp 36.000 dengan maksimal harga pertanggungan Rp 6 juta per hektar.

"Sebagai contoh, pada bulan September 2023 kami melakukan pembayaran klaim gagal panen sebesar Rp1,1 miliar kepada 43 Kelompok Tani di Kabupaten Sumbawa Barat. Gagal panen ini disebabkan musibah banjir pada lahan pertanian yang dialami oleh para petani disana," jelas pria yang akrab dipanggil Bre itu.

Sudah Menggunakan Aplikasi

Dalam menjalankan prosedur penanganan klaim, telah melalui proses yang proper dan prudent. Dalam hal terjadi klaim asuransi, Kelompok Tani telah difasilitasi Sistem Informasi Aplikasi Pertanian (SIAP).

"Aplikasi ini merupakan salah satu inovasi digital pertanian yang dibangun oleh Perusahaan sejak tahun 2019," terang Bre.

"Kami mengutamakan prinsip-prinsip tata kelola yang baik, manajemen risiko, dan kepatuhan (Governance, Risk, dan Compliance) dalam menjalankan operasional Perusahaan dan terus mengembangkan layanan yang memberikan kemudahan bagi petani untuk melakukan registrasi dan klaim," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Realisasikan Program CSR

Selain itu, Jasindo juga berkomitmen untuk membantu pengembangan masyarakat di daerah melalui program-program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) atau dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR).

Sepanjang tahun 2023, Jasindo telah melaksanakan program CSR di sejumlah daerah melalui berbagai program pada bidang pendidikan, lingkungan, sosial, kesehatan, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"TJSL adalah komitmen Jasindo untuk berperan dalam pembangunan berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi Perseroan sendiri, komunitas setempat, maupun masyarakat pada umumnya," kata Brellian Gema, Sekretaris Perusahaan Asuransi Jasindo.

Sebagai contoh beberapa program CSR pada bidang lingkungan meliputi; bantuan renovasi sarana ibadah di beberapa wilayah DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur, bantuan sarana dan prasarana umum di beberapa wilayah pemukiman DKI Jakarta dan Jawa Timur, serta bantuan sarana air bersih di Desa Aikprapa – Nusa Tenggara Timur.

Pada bidang pendidikan meliputi; bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada siswa/i dari keluarga pra sejahtera di wilayah DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Timur, bantuan sarana dan prasarana sekolah di wilayah Sumatera Utara dan Jawa Barat, serta bantuan renovasi dan perlengkapan sekolah di beberapa wilayah Jawa Barat dan Nusa Tenggara Timur.

 

3 dari 3 halaman

Pengembangan UMKM

Pada bidang pengembangan UMKM meliputi: program pelatihan dan pendampingan yang diberikan kepada lebih dari 500 UMKM di seluruh wilayah Indonesia serta bantuan alat/mesin dan infrastruktur usaha di wilayah Jambi, Jawa Tengah, Bali, Banten dan Sulawesi Selatan.

Selain itu, Asuransi Jasindo juga melaksanakan program Mudik Bareng BUMN Tahun 2023 yang memberangkatkan 300 pemudik ke beberapa wilayah Pulau Jawa dan Lampung, serta memberikan lebih dari 3.000 paket sembako gratis di wilayah Bali, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Nusa Tenggara Barat.

“Sedangkan untuk Program Pendanaan UMKM, kami salurkan melalui mekanisme kerjasama dengan BRI,” katanya.

Pada tahun 2024, Asuransi Jasindo menaikkan alokasi anggaran CSR sekitar 100% dari anggaran tahun sebelumnya. Hal ini selaras dengan jumlah program yang semakin meningkat.

Brellian menambahkan, seluruh kegiatan yang diaktualisasikan Asuransi Jasindo bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan hidup serta membangun hubungan yang harmonis antara Pemerintah, Perusahaan, dan Masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Petani adalah orang yang bercocok tanam.

    Petani

  • PT Asuransi Jasa Indonesia atau disingkat Asuransi Jasindo adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi jasa.

    Jasindo

  • Asuransi merupakan sebuah layanan yang menawarkan penggantian atas risiko kerugian yang mungkin terjadi akibat peristiwa yang tak terduga.

    Asuransi

  • BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara yang beroperasi di Indonesia.

    BUMN

Video Terkini