Sukses

Spesifikasi Mobil Presiden Usai Viral Momen Ban Diduga Bocor hingga Jokowi Jalan Kaki Sapa Warga

Media sosial dihebohkan dengan video viral mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang diduga mengalami kebocoran ban saat digunakan dalam kunjungan kerja. Dalam video yang diabadikan oleh sopir truk yang melintas tersebut, terlihat bahwa Presiden Jokowi nampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang tengah berjalan kaki di jalan daerah Grobogan.

Liputan6.com, Jakarta Media sosial dihebohkan dengan video viral mobil Kepresidenan Republik Indonesia yang diduga mengalami kebocoran ban saat digunakan dalam kunjungan kerja. Video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 pada Selasa (24/1/2024) kemarin ini pun langsung menuai banyak perhatian netizen.

Dalam video yang diabadikan oleh sopir truk yang melintas tersebut, terlihat bahwa Presiden Jokowi nampak mengenakan kemeja putih dan celana hitam yang tengah berjalan kaki di jalan daerah Grobogan.

Terlihat presiden Jokowi turut menyapa warga yang melintas dengan melambaikan tangan. Tidak sedikit para netizen yang cukup terkejut dengan kejadian tersebut dan memberikan banyak komentar di media sosial TikTok.

Mengutip dari video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 memperlihatkan momen Joko Widodo yang keluar dari mobil RI 1. Dirinya yang berjalan kaki di jalanan yang dilewatinya ini turut diamankan oleh para petugas dari Paspampres. 

Dari arah berlawanan, cukup banyak kendaraan yang tetap melintas. Salah satu sopir truk pun mengabadikan momen tersebut yang hingga saat ini telah viral. Sampai saat ini video yang diunggah oleh akun TikTok @qoril48 ini telah disaksikan lebih dari 1 juta netizen.

Selain Jokowi, nampak sosok Menteri Basuki yang turut menemaninya dalam perjalanan kunjungan kerja tersebut.

Lantas seperti apa spesifikasi mobil Kepresidenan Republik Indonesia?

Sejak 2019, Presiden Jokowi menggunakan Mercedes-Benz S600 Guard, menggantikan Mercedes-Benz S600 Pullman Guard yang merupakan warisan era Presiden ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono. Berikut spesifikasi Mercedes-Benz S600 Guard:

Spesifikasi

Mercedes-Benz S600 Guard dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 6,0 liter V12 Biturbo. Memiliki tenaga 537 Tk dan torsi 830 Nm dengan penggerak belakang. Mobil ini menggunakan transmisi otomatis 7-percepatan dan memiliki kapasitas tangki 80 liter.

Dari segi dimensi, Mercedes-Benz S600 Guard memiliki panjang 5.453 mm, lebar 1.899 mm, tinggi 1.498 mm serta wheelbase 3.365 mm.

Untuk fitur keselamatan, mobil ini dilengkapi dengan sistem pengereman front brake dan rear brake ventilated disc dengan brake assist. Suspensi Airmatic depan dan belakang, serta sistem kemudi electric power steering. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Keselamatan Khusus

Tingkat keselamatan mobil kepresidenan tentu tidak sembarangan. Mengutip Motor1, Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi dengan fitur yang memastikan keamanan penumpangnya. Mobil ini memiliki sertifikasi VR10 yang merupakan sertifikasi tertinggi dalam hal keamanan anti peluru di Eropa.

Bagian bodi dan kaca mobil ini dapat menahan terjangan dari peluru senapan serbu. Bagian kaca juga dilapisi dengan bahan polikarbonat yang menjaga pecahan kaca agar tidak melukai penumpang.

Selain peluru, Mercedes-benz S600 Guard juga memiliki sertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010 rating yang menandakan ketahanan mobil ini pada ledakan. Tameng pelindung tidak hanya ada pada sisi-sisi  mobil melainkan juga ada di bagian bawah kendaraan. Hal ini membuat mobil juga terlindung apabila terjadi ledakan di bagian bawah mobil.

 

3 dari 3 halaman

Menteri Basuki Turut Menemani Jokowi

Banyak dari netizen yang memberikan berbagai sorotan atas kejadian tersebut. Tidak sedikit yang memberikan berbagai tanggapan dalam kolom komentar.

"santai bngt sih bang.. kalau aku dah teriak" ketemu bapak 😭" tulis akun @selly

"Pak Jokowi org nya lembut,kalem, berwibawa slow tp pasti,sehat sehat bapak Jokowi " tulis akun @Mikhayla Azizah188

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini