Sukses

Mantap, Ada Vending Machine Produk UMKM di Stasiun Gondangdia dan Gambir

Ke depan Kementerian BUMN bersama perusahaan pelat merah akan terus memasang vending machine khusus produk UMKM di area publik lainnya. Semisal SPBU milik Pertamina, rest area jalan tol milik Jasa Marga, hingga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura Group.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian BUMN meluncurkan vending machine produk-produk UMKM binaan perusahaan pelat merah di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Gambir, Jakarta pada Senin, 22 Januari 2024.

PT Pertamina (Persero) menyumbang satu vending machine berisi produk-produk UMKM binaannya di Stasiun Gondangdia. Sementara PT PLN (Persero) merilis satu vending machine produk dari UMKM binaannya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, peluncuran vending machine ini berawal dari usul Menteri BUMN, Erick Thohir yang kerap diminta bantuan untuk menjual produk UMKM.

"Ide vending machine ini kenapa ada, karena Pak Erick setiap bertemu dengan UMKM itu selalu meminta, tolong dong kami dibantu untuk tempat jualan, bagaimana supaya produk kami bisa dijual karena ada fasilitas-fasilitas umumnya BUMN," ujarnya di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Adapun saat ini terdapat tiga vending machine milik perusahaan BUMN yang telah diluncurkan. Sebelumnya, BRI telah memasang satu vending machine dari UMKM binaannya di Kantor Kementerian BUMN.

Arya meneruskan, ke depan Kementerian BUMN bersama perusahaan pelat merah akan terus memasang vending machine khusus produk UMKM di area publik lainnya. Semisal SPBU milik Pertamina, rest area jalan tol milik Jasa Marga, hingga bandara yang dikelola PT Angkasa Pura Group.

"Di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta sebentar lagi akan diresmikan juga," imbuh dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lalu Lintas Penumpang Tertinggi

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadjo menyampaikan alasan mengapa Stasiun Gondangdia dan Stasiun Gambir dipilih jadi tempat selanjutnya untuk pemasangan vending machine.

Menurut dia, Stasiun Gondangdia merupakan salah satu Stasiun KRL Jabodetabek dengan lalu lintas penumpang tertinggi, dengan rata-rata per hari 40-44 ribu penumpang. Sedangkan Stasiun Gambir jadi stasiun intercity dengan keberangkatan tertinggi untuk kelas komersial.

"Jadi memang ini stasiun cukup strategis. Lifestyle sekarang ini mulai terlihat, dan stasiun ini cukup baik dari sisi intermoda. Saya pikir penempatan vending machine UMKM ini diharapkan bisa men-support sekali produk-produk kebanggan kita semua, khususnya UMKM," ungkapnya.

Di sisi lain, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S Poerwadi menjelaskan, vending machine yang berada di Stasiun Gondangdia merupakan bentuk nyata dari komitmen perseroan dalam membantu membangun UMKM bisa naik kelas.

"Di vending machine ini setidaknya kolaborasi dari 10 UMKM (binaan Pertamina) dari DKI dan Jawa Barat. Dan di dalam vending machine ini ada 27 item barang," jelas Brahmantya.

 

 

3 dari 3 halaman

Jadi Terjangkau

Sementara General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, mengatakan dengan keberadaan vending machine binaan perseroan yang berada di Stasiun Gambir mampu mendongkrak pendistribusian produk-produk lokal agar lebih terjangkau.

Tak hanya di Stasiun Gambir, PLN dalam waktu dekat juga akan meluncurkan vending machine untuk memasarkan produk UMKM binaannya di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

"Berikutnya kami juga akan mengembangkan di tempat lain dengan terminal 3 (Bandara Soekarno-Hatta) akan kami pasang dalam waktu dekat," kata Lasiran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini