Sukses

Link Nonton Debat Cawapres 2024 Hari Ini 21 Januari dan Jam Tayangnya

Dalam dabat cawapres 2024, Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan beradu gagasa mengenai Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Liputan6.com, Jakarta Debat Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) kini sudah memasuki sesi ke empat. Kali ini, menjadi panggung Debat Cawapres. 

Dalam dabat cawapres 2024, Cak Imin, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan beradu gagasa mengenai Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat, dan Desa.

Sebelumnya, Ketua KPU Hasyim Asy'ari menegaskan tidak akan mengubah format debat capres-cawapres pada pilpres 2024. Sebab, debat sudah berlangsung sebanyak tiga kali dan menjadi kesepakatan bersama sampai debat terakhir akan menggunakan format yang sama.

"KPU menyelenggarakan debat sudah dengan berbagai macam pertimbangan dan pembicaraan kesepakatan dengan semua tim pasangan calon. Termasuk dengan televisi, (format) ada enam segmen," kata Hasyim Asy'ari ditulis, Minggu (21/1/2024).

Hasyim kemudian menjelaskan urutan format debat capres-cawapres yaitu segmen pertama, pembuka yang berisi penyampaian visi dan misi program. Segmen kedua dan ketiga adalah menjawab pertanyaan panelis yang ditetapkan KPU RI.

Selanjutnya, lanjut Hasyim, adalah segmen keempat dan kelima yang mana masing-masing calon mengajukan pertanyaan dan dijawab oleh mereka. Terakhir adalah segmen keenam atau penutup dengan masing-masing kandidat menyampaikan pernyataan pamungkas.

"Jadi kalau diubah (formatnya) akan menjadi pertanyaan, kenapa diubah? Karena sudah tiga kali debatnya, sudah jadi pola dan sudah ada pakemnya, maka diikuti," tegas Hasyim.

Jadwal Debat Cawapres 2024

Masyarakat dapat menyaksikan debat secara online, di platform streaming maupun kanal Youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

  • Penyelenggara Penyiaran : SCTV, Indosiar, dan MetroTV.
  • Tanggal dan Waktu : Minggu, 21 Januari 2024, Pukul 19.00 WIB
  • Lokasi Debat : Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.
  • Link Live Streaming : Vidio.com di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Debat Cawapres, Pedagang Pasar Minta Harga Pangan Terjangkau

Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) bakal membahas tentang sektor pangan. Merespons ini, Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) menyoroti soal tata kelola dan tata niaga pangan di dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Ikappi Reynaldi Sarijowan mengatakan tata kelola pangan di Indonesia saat ini masih perlu perbaikan. Untuk itu, dia berharap para kandidat bisa membahas persoalan ini dalam Debat Cawapres, Minggu (21/1/2024) besok.

"Harus ada yang mampu untuk memberikan ide dan gagasan pada saat debat cawapres nanti. Tentu ide gagasan ini menjadi penting agar kami bisa melihat dan menilai sesungguhnya capres dan cawapres mana yang memegang teguh komitmen terhadap penyelrdaian atau pengendalian harga bahan pokok," ujar Reynaldi kepada Liputan6.com, Sabtu (20/1/2024).

 

3 dari 3 halaman

Tata Kelola Pangan

Dia ingin, adanya usulan tata kelola pangan nasional bisa menjadikan harga semakin terjangkau di pasaran. Termasuk sederet bahan pokok ke pasar-pasar tradisional.

"Yang kami inginkan tentu harganya terjangkau, murah, pasokannya ada dan kami mendapatkan akses yang cukup untuk beberapa komoditss agar bisa terdistribusi ke pasar-pasar tradisional, untuk itu kami ingin ada perubahan di tata kelola atau tata niaga pangan kita di dalam negeri," pintanya.

Reynaldi melihat, persoalan pangan harus dibahas serius dalam Debat Cawapres. Pasalnya, ini menjadi kebutuhan pokok bagi rumah tangga di Indonesia. Belum lagi, dia menilai sektor pangan kerap menghadapi permasalahan di sepanjang periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Tentu pangan menjadi fokus utama dalam penanganannya. Selama 10 tahun di periode kepemimpinan pak Jokowi, pangan ini menjadi isu tiap taun, kenapa? Karena memang di momentum-momentum hari besar dan keagamaan seringkali terjadi lonjakan harga pangan," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.