Sukses

Dapat Izin OJK, Sinar Mas Kenalkan PT Bank Nano Syariah

Bank Nano Syariah merupakan Bank Umum Syariah pertama di Indonesia yang diinisiasi melalui pemisahan (spin off) Unit Usaha Syariah Bank Sinarmas.

Liputan6.com, Jakarta - Sinar Mas memperkenalkan PT Bank Nano Syariah. Beroperasinya PT Bank Nano Syariah yang juga dikenal sebagai Nanobank Syariah, ini telah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Direktur Utama Bank Nano Syariah Halim menjelaskan perseroan membangun fondasi berdasarkan prinsip perbankan syariah yang terfokus pada solusi keuangan syariah yang inovatif. Bank Nano Syariah menyasar ke nasabah individu dan komunitas dan membantu mereka mencapai impian finansial.

“Kami sempat membahas kemungkinan mencatatkan saham di bursa (IPO) dengan para pemegang saham dari Sinar Mas, tetapi hal itu masih terlalu dini mengingat fokus kami saat ini adalah mengembangkan tata kelola bisnis," ujar Halim dikutip dari keterangan tertulis, Senin (15/1/2024).

PT Bank Nano Syariah telah memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 23 Agustus 2023 setelah terlebih dulu mendapatkan izin prinsip pada tanggal 14 Februari tahun yang sama. Keberhasilan mendapatkan perizinan usaha, menurut Halim menandai langkah penting perjalanan bank nano syariah untuk menjadi pilihan publik dalam layanan perbankan syariah di Indonesia.

"Sebagai negara berpenduduk muslim terbanyak di dunia, Potensi calon jamaah haji di Indonesia mencapai 20.000 jemaah setiap tahun, dan hal ini juga akan menjadi fokus utama kami. Selain itu, Bank Nano Syariah juga tengah menggarap sektor Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan telah menyalurkan kredit KUR sebesar Rp124 miliar hingga Desember 2023," tambahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hasil Spin Off

Bank Nano Syariah merupakan Bank Umum Syariah pertama di Indonesia yang diinisiasi melalui pemisahan (spin off) Unit Usaha Syariah Bank Sinarmas. Keberadaannya tidak hanya sebagai lembaga keuangan, tetapi juga merupakan bagian integral dari Sinar Mas Financial Services, yakni pilar jasa keuangan di bawah naungan Sinar Mas.

Karenanya, perkenalan bagi entitas baru ini menurut Managing Director Sinar Mas, Ferry Salman adalah momentum penting menampilkan inovasi terbaru Bank Nano Syariah kepada publik.

“Untuk melayani publik, sekaligus berupaya membuka pintu akan ide-ide baru guna membangun kerjasama berkelanjutan dengan berbagai pihak. Seperti pepatah if you want to go fast, you go alone. Bila kita melakukannya bersama, we go together, far, fast and beyond,” kata Ferry.

3 dari 3 halaman

Finansial Berkelanjutan

Pemisahan selain sejalan dengan upaya pemerintah mendorong pengembangan serta penguatan sektor keuangan, mencerminkan pula komitmen Sinar Mas mengembangkan perbankan syariah di Indonesia.

Bank Nano Syariah mengundang seluruh masyarakat Indonesia untuk turut serta dalam perjalanan bersama menuju kesuksesan finansial berkelanjutan, dengan keyakinan bahwa kolaborasi dan komitmen bersama akan membawa dampak positif bagi kemajuan sektor perbankan syariah di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.