Sukses

Lewat Program SEB, Pertamina Dukung SMA Negeri 8 Denpasar Jadi Sekolah Ramah Lingkungan

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus kembali menunjukkan komitmennya untuk mendukung generasi muda peduli lingkungan melalui program Sekolah Energi Berdikari (SEB) Pertamina di SMA Negeri 8 Denpasar.

Liputan6.com, Denpasar PT Pertamina terus mengajak generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan dan terlibat aktif dalam keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability). Teranyar, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, kembali menunjukkan komitmennya mendukung generasi muda peduli lingkungan lewat program Sekolah Energi Berdikari (SEB) Pertamina di SMA Negeri 8 Denpasar. 

Melalui program SEB, Pertamina memberikan edukasi terkait energi ramah lingkungan melalui program SEB di SMA Negeri 8 Denpasar pada Kamis (11/1/2024). Acara tersebut dihadiri oleh Staf Khusus Presiden RI Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar, Billy Mambrasar, Pjs Manager CSR Pertamina (Persero), Reno Fri Daryanto, Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, Forkopimda Kota Denpasar dan Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Denpasar, I Wayan Sucipta, serta para siswa dan guru.

Dalam sambutannya, Ahad Rahedi mengatakan bahwa program SEB bertujuan untuk mendukung keterlibatan sekolah dan generasi muda dalam keberlanjutan lingkungan (environmental sustainability). Program ini juga mendorong para siswa untuk memberikan dampak lebih besar ke masyarakat sekitar melalui edukasi dan penggunaan energi terbarukan.

"Program SEB ini sejalan dengan upaya Pertamina mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimplementasikan nilai-nilai Adiwiyata. Selain itu, program ini juga sejalan dengan komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan ESG (Environmental, Social, and Governance) dan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 yaitu pendidikan berkualitas, poin 7 energi bersih dan terjangkau, dan poin 13, penanggulangan perubahan iklim," ujar Ahad.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertamina Salurkan Bantuan Solar Panel

Sebagai wujud dukungan SEB, Pertamina menyalurkan bantuan instalasi solar panel di SMA Negeri 8 Denpasar. Dengan adanya instalasi solar panel ini, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik di sekolah dan juga memberikan edukasi kepada para siswa terkait transisi energi dalam energi terbarukan.

Selain itu, dalam kegiatan program SEB juga diselenggarakan sharing session oleh Billy Mambrasar selaku Staf Khusus Presiden Bidang Pendidikan dan Inovasi sekaligus ambassadors of SDG's Indonesia, sharing session yang diisi oleh Perwira PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus dengan membawakan sejumlah materi di kelas-kelas.

3 dari 4 halaman

Pertamina Gelar Upcycling Competition

Rangkaian kegiatan SEB di SMA Negeri 8 Denpasar juga melibatkan lebih banyak pelajar, terutama melalui Upcycling Competition. Event Pertamina ini mendorong para pelajar untuk berinovasi dan menciptakan alat dengan semangat lingkungan melalui kegiatan daur ulang.

Selain para pelajar, dalam kesempatan ini pula sejumlah pejabat yang hadir juga ikut aktif dengan melakukan penanaman pohon.

4 dari 4 halaman

Pentingnya Program Sekolah Energi Berdikari

Kepala Sekolah SMA Negeri 8 Denpasar, I Wayan Sucipta, menyampaikan terima kasih kepada Pertamina dan pemerintah atas dukungannya kepada sekolah. Ia mengatakan bahwa program SEB ini merupakan salah satu bentuk upaya pencapaian kedamaian tujuan hidup.

"Oleh karena itu mari kita jaga lingkungan sebagai bentuk implementasi kegiatan pada hari ini,” ajak Sucipta.

Sucipto menjelaskan bahwa kesadaran terhadap pemanfaatan energi terbarukan disepakati harus mulai dipupuk dari generasi muda dengan ikhtiar bersama.

"Apa yang kita lakukan bersama hari ini akan diingat terus oleh generasi muda sehingga mereka akan menjaga bumi, peduli terhadap lingkungan, serta berperan mengurangi emisi karbon," tutur Ahad.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.