Sukses

Bank Dunia Ramal Ekonomi Global Catat Pertumbuhan Terburuk dalam 30 Tahun

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan melambat selama tiga tahun berturut-turut .

Liputan6.com, Jakarta Bank Dunia mengatakan, perekonomian global diperkirakan akan mencatat pertumbuhan terburuk dalam 30 tahun terakhir. Hal itu diungkapkan Bank Dunia dalam laporan terbaru Prospek Ekonomi Global yang dirilis pada Selasa 7 Januari 2024.

Melansir CNBC International, Rabu (10/1/2024) Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi global akan melambat selama tiga tahun berturut-turut mulai tahun 2024 ini, turun menjadi 2,4 persen dari 2,6 persen pada 2023 lalu.

Pertumbuhan ekonomi global diperkirakan akan meningkat sedikit menjadi 2,7 persen pada tahun 2025, meskipun percepatan selama periode lima tahun akan tetap hampir tiga perempat poin persentase di bawah rata-rata tahun 2010.

Meskipun perekonomian global terbukti tangguh dalam menghadapi risiko resesi pada 2023 lalu, Bank Dunia melihat, meningkatnya ketegangan geopolitik akan menghadirkan tantangan baru dalam jangka pendek. Sehingga perekonomian akan tumbuh lebih lambat pada tahun 2024 dan 2025 dibandingkan dekade sebelumnya.

"Anda mengalami perang di Eropa Timur, invasi Rusia ke Ukraina. Anda menghadapi konflik serius di Timur Tengah. Meningkatnya konflik-konflik ini dapat berdampak signifikan terhadap harga energi yang dapat berdampak pada inflasi serta pertumbuhan ekonomi," kata Ayhan Kose, wakil kepala ekonom Bank Dunia dan direktur Prospects Group.

Badan itu juga memperingatkan bahwa, tanpa koreksi besar-besaran, tahun 2020-an akan menjadi satu dekade peluang yang terbuang sia-sia.

Negara Berkembang Akan Terdampak

Negara berkembang pun disebut-sebut sebagai negara yang akan terkena dampak paling parah.

Secara regional, pertumbuhan tahun ini diperkirakan akan melemah paling besar di Amerika Utara, Eropa dan Asia Tengah, serta Asia-Pasifik – terutama disebabkan oleh perlambatan pertumbuhan di China, ungkap Bank Dunia.

Sementara itu, sedikit perbaikan diperkirakan akan terjadi di Amerika Latin dan Karibia, dengan tingkat yang rendah, sementara peningkatan yang lebih besar diperkirakan akan terjadi di Timur Tengah dan Afrika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bank Dunia Ramal Ekonomi Negara Berkembang Tumbuh 3,9 Persen di 2024

Namun, negara-negara berkembang akan menjadi negara yang paling terkena dampaknya dalam jangka menengah karena lesunya perdagangan global dan kondisi keuangan yang ketat sangat membebani pertumbuhan.

"Pertumbuhan jangka pendek akan tetap lemah, membuat banyak negara berkembang – terutama negara-negara termiskin – terjebak dalam perangkap: dengan tingkat utang yang sangat besar dan lemahnya akses terhadap pangan bagi hampir satu dari setiap tiga orang," kata Gill.

Negara-negara berkembang kini diperkirakan hanya tumbuh sebesar 3,9 persen pada tahun 2024, lebih dari 1 poin persentase di bawah rata-rata dekade sebelumnya, menurut Bank Dunia.

Pada akhir tahun ini, masyarakat di sekitar 1 dari setiap 4 negara berkembang dan sekitar 40 persen negara berpenghasilan rendah diperkirakan masih akan menjadi lebih miskin dibandingkan saat menjelang pandemi Covid-19 pada tahun 2019, kata organisasi tersebut.

Bank Dunia mengatakan data tersebut menunjukkan bahwa dunia gagal dalam mencapai tujuannya menjadikan tahun 2020-an sebagai "dekade transformatif" dalam menanggulangi kemiskinan ekstrem, penyakit menular utama, dan perubahan iklim.

Namun, masih ada peluang untuk membalikkan keadaan jika pemerintah bertindak cepat untuk meningkatkan investasi dan memperkuat kerangka kebijakan fiskal.

"Ledakan investasi mempunyai potensi untuk mentransformasi negara-negara berkembang dan membantu mereka mempercepat transisi energi dan mencapai berbagai tujuan pembangunan," kata Kose dalam laporan tersebut, yang dirilis menjelang Forum Ekonomi Dunia minggu depan – yang dihadiri oleh para pemimpin bisnis dan politik internasional.

3 dari 3 halaman

Diperlukan Kebijakan

"Untuk memicu lonjakan tersebut, negara-negara berkembang perlu menerapkan paket kebijakan komprehensif untuk meningkatkan kerangka fiskal dan moneter, memperluas perdagangan lintas batas dan arus keuangan, memperbaiki iklim investasi, dan memperkuat kualitas kelembagaan," ujar Ayhan Kose.

"Ini merupakan kerja keras, namun banyak negara berkembang telah mampu melakukannya sebelumnya. Melakukan hal ini lagi akan membantu memitigasi proyeksi perlambatan potensi pertumbuhan di sisa dekade ini," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.