Sukses

Ambisi Cak Imin di Debat Cawapres: Bangun 40 Kota Sekelas Jakarta

Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap pentingnya pembangunan perkotaan yang merata di Indonesia. Salah satu yang disinggungnya adalah membangun kota setara dengan DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Calon Wakil Presiden Nomor Urut 1 Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkap pentingnya pembangunan perkotaan yang merata di Indonesia. Salah satu yang disinggungnya adalah membangun kota setara dengan DKI Jakarta.

Tak tanggung-tanggung, Cak Imin punya ambisi untuk membangun 40 kota selevel Jakarta. Hal ini merujuk pada kemampuan dari pelayanan yang sudah ada di Jakarta.

Cak Imin mengatakan, kapasitas perkotaan harus mampu menampung penduduk secara merata.

"Perkotaan ini menjadi kebutuhan terus menjadi bagian dari pembangunan nasional kita. Diantara kebutuhan pokok dari perkotaan ini adalah infrastruktur yang memadai dan dalam kerangka agar tidak terjadi penumpukan penduduk dalam satu perkotaan, maka pembangunan perkotaan harus dibikin merata di berbagai tempat," ungkap dia dalam Debat Cawapres 2024, di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Perbanyak Kota di Indonesia Sekelas Jakarta

Mengaca pada hitungannya, Cak Imin berambisi untuk memperbanyak kota di Indonesia sekelas Jakarta. Utamanya soal kemampuan menampung penduduk dan sarana yang memadai.

"Kami memiliki satu tekad bahwa di dalam pemerintahan yang akan datang, minimal harus dibangun 40 kota baru yang selevel dengan Jakarta, dengan kemampuan menampung jumlah penduduk memberikan sarana dan prasarana yang memadai sekaligus kemampuan untuk terjaganya lingkungan yang memungkinkan untuk sehat," bebernya.

Pada konteks ini, pasangan dari Calon Presiden Anies Baswedan ini menyebut, pembangunan kota selevel Jakarta itu harus bisa memberikan kenyamanan bagi warganya. "Termasuk kehidupan yang memberikan kenyamanan bagi seluruh penduduknya. Dimana perumahan tidak terlampau jauh dari pusat-pusat pekerjaan, dimana akses pendidikan bisa sampai pada yang dibutuhkan," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Janji Cak Imin: Sebar Rp 150 Triliun Buat Anak Muda Jadi Pengusaha

Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengaku akan mengalokasikan dana dari APBN untuk anak muda. Tak tanggung, nilainya mencapai Rp 150 triliun.

Cak Imin mengatakan, angka tersebut merupakan 5 persen dari total alokasi APBN. Dia meramu alokasi ini dalam program Kredit Usaha Anak Muda (Kamu).

"Insyaa Allah AMIN (Anies-Muhaimin) akan memastikan 5 persen anggaran dari APBN atau sekitar Rp 150 triliun kita khususkan untuk kamu-kamu, kaum muda Indonesia," kata dia dalam Debat Cawapres 2024, di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Dia menegaskan kaum muda menjadi salah satu yang berpotensi untuk berada di garda terdepan. Pasalnya, kaum muda dinilai memiliki energi yang besar.

"Kamu-kamu yang memiliki energi besar untuk menjadi bagian terdepan untuk kemajuan bangsa kita," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Penyaluran Bantuan

Proses penyaluran bantuan ini akan diramu melalui program bertajuk Kamu yang diusung Capres-Cawapres Nomor Urut 2 ini. Cak Imin mengatakan, ini bisa jadi peluang bagi anak muda untuk menjadi pengusaha.

"Salah satunya adalah KAMU, kredit usaha anak muda yang diberi kesempatan untuk mengakses sebanyak-banyaknya menjadi pelaku ekonomi yang baik," tegas dia.

Pada kesempatan ini, Cak Imin menegaskan ingin meningkatkan porsi bantuan sosial bagi masyarakat di Indonesia. Tak lain, tujuannya agar masyarakat bisa memiliki daya beli yang lebih tinggi.

"AMIN menginginkan bansos yang memang jadi kewajiban negara ini diteruskan dan bahkan harus ditingkatkan. Sehingga kita ingin bansos plus yang semakin membawa rakyat kita memiliki kemampuan daya beli yang mendongkrak ekonomi masyarakat kita," urainya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini