Sukses

Pasca Akuisisi Lapangan Migas Oman, Medco Amandemen PSC Blok Corridor

PT Medco Energi Internasional Tbk mendapat persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk amandemen production sharing contract atau PSC Blok Corridor yang baru

Liputan6.com, Jakarta Pasca melakukan akuisisi blok migas di Oman, PT Medco Energi Internasional Tbk mendapat persetujuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk amandemen production sharing contract atau PSC Blok Corridor yang baru.

PSC Blok Corridor akan Kembali menjadi PSC Cost Recovery dengan persyaratan yang lebih baik untuk memastikan keekonomian pengembangan dari beberapa pengembangan baru dan mempertahankan eksplorasi lebih lanjut di blok tersebut.

"Perjanjian ini merupakan langkah maju yang signifikan dalam menjamin masa depan Blok Corridor yang stabil dan berkelanjutan. Sehingga memberikan manfaat besar bagi bangsa, Medco Energi, mitra, dan seluruh pemangku kepentingan," ujar Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan, Jumat (15/12/2023).

Selain itu, Kementerian ESDM juga menyetujui alokasi dan harga gas untuk tiga pembeli gas juga telah disetujui, termasuk untuk PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Perjanjian Jual Beli Gas akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Total penyerahan harian gas berdasarkan kontrak dari blok tersebut saat ini mencapai 700 bbtud, dengan 83 persen dijual ke pembeli domestik dan 17 persen diekspor ke Singapura.

Sebelumnya

Sebelumnya, Medco Energi juga telah menuntaskan akuisisi 20 persen kepemilikan di dua Exploration and Production Sharing Agreements (EPSA) di Kesultanan Oman dari OQ Exploration & Production LLC (OQEP).

Medco Energi mengakuisisi 20 persen kepemilikan atas EPSA produksi Blok 60, dan 20 persen kepemilikan atas EPSA eksplorasi Blok 48. Keduanya berlokasi di darat, tepatnya di bagian barat Oman dekat perbatasan Arab Saudi.

"Akuisisi ini memperkuat reputasi MedcoEnergi dalam inisiatif keberlanjutan dan pengembangan gas, serta menghadirkan sentra baru untuk terus mengembangkan produksi berbiaya rendah," kata Direktur Utama Medco Energi, Hilmi Panigoro.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Luas Area

Blok 60 mencakup area seluas 1.485 km2 dan memproduksi 63 mboepd dari lapangan minyak Bisat dan lapangan gas Abu Butabul, dimana kontrak EPSA akan berakhir pada 2048. Sedangkan Blok 48 yang lokasinya berdekatan, mencakup area seluas 2.995 km2 dan memiliki potensi minyak dan gas yang signifikan.

OQEP akan tetap menjadi operator kedua blok tersebut dan akan memfasilitasi pertukaran keahlian dalam eksplorasi gas, pengembangan lapangan, penerapan teknologi serta proses keberlanjutan melalui penempatan pekerja MedcoEnergi di operasi bersama dan penugasan korporasi bilateral.

Adapun OQEP merupakan produsen terbesar ketiga di Oman dan merupakan anak usaha dari OQ Group SAOC, grup energi terintegrasi global milik Kesultanan Oman.

Saat ini, OQEP mengoperasikan tiga blok di Oman dan berpartisipasi dalam sejumlah joint ventures aset produksi dan eksplorasi di Oman dan Kazakhstan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.