Sukses

Bos Miras Jadi Miliarder Baru India di Usia 80 Tahun, Kekayaannya Tembus Rp 15,4 Triliun

Lalit Khaitan menjadi sorotan setelah berhasil menjadi miliarder di usia 80 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Lalit Khaitan menjadi sorotan setelah berhasil menjadi miliarder di usia 80 tahun.

Menurut Forbes, ketua Radico Khaitan yang berbasis di Delhi telah menjadi miliarder terbaru di India setelah saham perusahaan publiknya melonjak lebih dari 50 persen tahun ini.

Mengutip Money Control, Jumat (15/12/2023) dengan 40 persen sahamnya di Radico Khaitan, Khaitan kini diperkirakan memiliki kekayaan bersih sebesar USD 1 miliar atau setara Rp 15,4 triliun.

Produksi Minuman Beralkohol

Lalit Khaitan dikenal sebagai ketua Radico Khaitan, memproduksi minuman beralkohol seperti vodka Magic Moments,, brendi Old Admiral.

Radico Khaitan sebelumnya dikenal sebagai Rampur Distillery & Chemical Company Ltd. Ayahnya, GN Khaitan, membeli perusahaan yang merugi tersebut pada awal tahun 1970-an.

Khaitan mewarisi pabrik penyulingan dari ayahnya pada tahun 1995 ketika GN Khaitan membagi bisnis keluarga kepada keempat putranya.

“Sejak kelas 9 dan seterusnya, saya sangat jelas ingin berkecimpung dalam perdagangan minuman beralkohol,” kata Lalit Khaitan kepada Fortune dalam sebuah wawancara tahun 2020.

“(Kemudian) kapitalisasi pasar kami sekitar 5 Rupe crore. Saat ini, jumlahnya lebih dari 5.000 Rupe crore,” bebernya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gelar Pendidikan

Khaitan pernah menempuh studi di institut bergengsi seperti Mayo College, Ajmer dan St Xavier's College, Kolkata.

Dia meraih gelar Sarjana Teknik dari BMS College of Engineering, Bangalore dan telah menyelesaikan kursus Manajerial Keuangan & Akuntansi dari Harvard, AS.

Radico Khaitan dimulai sebagai pabrik pembotolan, dan kemudian membuat alkohol curah.

Namun ketika bisnisnya mengalami kesulitan, Lalit Khaitan memutuskan untuk memperluas bisnisnya ke minuman bermerek dengan bantuan putranya Abhishek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini