Sukses

Ucapkan Terima Kasih Setelah Wawancara Kerja Itu Penting, Ini Alasannya

Wawancara kerja secara tatap muka biasanya berlangsung antara 45 hingga 90 menit menurut situs pencarian kerja Indeed.

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja secara tatap muka biasanya berlangsung antara 45 hingga 90 menit menurut situs pencarian kerja Indeed. Pada saat wawancara berlangsung, kamu mungkin akan diberi pertanyaan tentang riwayat pekerjaan dan akan diberi tahu tentang peran atau posisi yang kamu lamar.

Saat wawancara selesai, biasanya mungkin kamu mengirimkan email terima kasih kepada semua orang yang mewawancarai kamu dalam waktu 24 hingga 48 jam, tetapi jika ingin melakukan lebih dari itu, berikan ucapan terimakasih secara langsung.

“Hampir tidak ada orang yang melakukan hal itu,” kata Vicki Salemi, pakar karir di Monster melalui CNBC Make It, dikutip Jumat (14/12/2023). Ia melanjutkan, padahal, cara tersebut bisa membuahkan hasil. Inilah alasannya.

Menurut Salemi, kegiatan tersebut menunjukkan bahwa kamu ‘benar-benar berusaha’ dan kemungkinan besar pewawancara akan berbicara dengan banyak kandidat. Diantara banyaknya kandidat tersebut, banyak juga diantaranya yang akan mengirimkan email terima kasih setelah mereka bertemu. Namun, kemungkinan besar tidak akan mengirim apapun melalui surat.

“Ucapan terima kasih yang ditulis tangan dapat membantumu menonjol dalam proses wawancara kerja,” kata Angelina Darrisaw, mantan manajer di Viacom dan CEO C-Suite Coach melalui CNBC Make It. “Ini bisa menjadi sinyal bahwa kamu bersedia bekerja ekstra, dan ini bisa sangat menarik bagi para pemberi kerja.”

Salemi mengatakan, saat melihat tulisan tangan seseorang, akan merasa “benar-benar berusaha”.

Mereka tidak hanya akan mengingat bahwa kamu bersedia melangkah lebih jauh untuk menunjukkan rasa terima kasih atas wawancara dan kegembiraan tentang posisi tersebut,tetapi mereka juga akan memiliki pengingat secara fisik bahwa hal itu ada di depan mereka.

Salemi ingat, efek catatan tersebut ketika ia sendiri menjadi perekrut. “Saat kami menentukan siapa yang akan mendapatkan tawaran pekerjaan itu, saya menyimpan catatan terima kasih di meja saya setidaknya selama seminggu,” katanya. “Dan saya selalu memikirkan orang itu.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

‘Itu Cara yang Bagus’

Ucapan terima kasih tidak perlu memiliki kesan tertentu. “Kamu bisa mendapatkan sekotak kartu catatan yang hanya bertuliskan 'terima kasih',” kata Salemi.

Untuk mendapatkan alamat surat fisik, mintalah kartu nama atau lihat apakah ada alamat di tanda tangan email pewawancara. Mungkin ada alamatnya di situs web perusahaan juga, tetapi pastikan untuk mencantumkan nama departemennya di amplop.

Mengenai apa yang harus ditulis, buatlah tetap sederhana dan sertakan variasi berikut:

  • “Terima kasih atas kesempatan bertemu dengan Anda”
  • “Saya senang dengan peran ini”
  • Sesuatu yang spesifik yang kamu bicarakan dalam wawancara

Selalu periksa kembali tulisanmu sebelum dimasukkan ke dalam amplop untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa atau ejaan.

Salemi merekomendasikan untuk menulis catatan tersebut langsung setelah wawancara, setelah kamu meninggalkan gedung, ia mengatakan mungkin di kedai kopi terdekat, lalu kirimkan melalui pos segera setelah kamu selesai menulis.

“Ini adalah cara yang bagus karena beberapa hari kemudian, pewawancara sibuk dengan kehidupan kerja normal mereka dan mereka sudah menyelesaikannya di meja mereka,” kata Salemi. Ketika tiba waktunya untuk memutuskan siapa yang tepat untuk peran tersebut, kamu mungkin akan menjadi perhatian utama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.