Sukses

Sukseskan Hari Nusantara 2023, Kemenhub Siapkan 30 Shuttle Bus di Ternate dan Tidore

Sebagai Ketua Bidang Acara Puncak Hari Nusantara 2023, Ditjen Hubdat menurut Amirulloh, juga menyediakan shuttle bus untuk mobilitas masyarakat pengunjung dari dan ke Tidore.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mempersiapkan puncak perayaan Hari Nusantara 2023 yang akan berlangsung di Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada 13 Desember 2023. Salah satu yang disiapkan adalah masalah transportasi. 

Rangkaian kegiatan Haru Nusantara 2023 sudah dimulai pada 10 Desember dengan pelaksanaan Nusantara Expo yang tersedia 100 Booth dengan pengisi booth dari UMKM lokal dan Kementerian/Lembaga, Rumah Baca, Karnaval Budaya Nusantara, Permainan Tradisional, Bakti Sosial, Bakti Kesehatan hingga Pemecahan Rekor Muri Bakar/Makan Sate Ikan Terbanyak (26.000 tusuk).

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenjub Amirulloh menjelaskan, untuk aksesibilitas pengunjung pada rangkaian Hari Nusantara 2023, pihaknya menyiapkan dukungan tambahan operasional penyeberangan dan shuttle bus.

"Untuk penyeberangan, kami siapkan tambahan pada rute Bastiong-Rum, untuk saat ini pelayanan per hari sebanyak 3x PP (6 trip) dengan kapasitas layanan 300 orang dan 30 mobil per trip," jelas Amirulloh, Senin (11/12/2023).

Sebagai Ketua Bidang Acara Puncak Hari Nusantara 2023, Ditjen Hubdat menurut Amirulloh, juga menyediakan shuttle bus untuk mobilitas masyarakat pengunjung dari dan ke Tidore.

Dukungan shuttle bus ini, sebanyak 10 kendaraan di Kota Ternate dan 20 kendaraan di Kota Tidore Kepulauan.

Terkait penyeberangan Ternate - Tidore untuk tamu VVIP dan VIP, Provinsi Maluku Utara menyiapkan speedboat sebanyak empat unit dengan kapasitas @25 orang dari Pelabuhan Residen (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Goto Sarimalaha (Kota Tidore Kepulauan) pulang-pergi.

"Kemenhub menyiapkan Kapal Negara sebanyak dua unit dengan kapasitas @30 orang dari Pelabuhan Ahmad Yani (Kota Ternate) menuju Pelabuhan Trikora (Kota Tidore Kepulauan) (PP)," ujar Amirulloh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapal Pelni

Kemudian, Ditjen Hubdat juga dalam persiapannya telah memasang lampu penerangan jalan umum yang terang benderang di beberapa titik jalan di wilayah Tidore Kepulauan. Hal ini dilakukan untuk mengutamakan keselamatan saat mobilisasi.

Selain itu juga dilakukan koordinasi dengan Ditjen Perhubungan Laut, di mana akan tersedia akomodasi terapung menggunakan kapal Pelni Tatamailau pada 11 sampai dengan 14 Desember 2023 untuk tamu undangan dengan mengisi formulir dan reservasi melalui contact person yang disediakan.

Tak hanya itu saja, Ditjen Hubdat juga berkolaborasi dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) dalam menyediakan kapal latih dan kapal KSOP untuk berpartisiasi pada kegiatan Sailing Pass.

 

3 dari 3 halaman

Penerbangan

Bersama Ditjen Perhubungan Udara berkoordinasi terkait peningkatan jumlah penerbangan ke Ternate melalui Bandara Sultan Babullah serta kebutuhan penyediaan ruang VVIP di area bandara.

"Kami juga berkoordinasi dengan Kementerian ESDM terkait pasokan listrik, BBM, dan avtur selama penyelenggaraan Hari Nusantara," kata Amirulloh.

Selanjutnya, pemerintah Daerah bersama TNI AL telah berkoordinasi terkait penyiapan kegiatan Bakti Kesehatan (Pelayanan Kesehatan Umum, Khitan Massal, Donor Darah dan Pengobatan Gigi) dan Bakti Sosial (Bersih-Bersih Pantai dan Penanaman Mangrove).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.