Sukses

Harga Minyak Dunia Terjun Bebas ke Level Terendah Sejak Juni 2023

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak bulan Januari turun USD 2,94, atau 4,07%, menjadi USD 69,38 per barel. Sedangkan kontrak Brent untuk bulan Februari turun USD 2,90, atau 3,76%, menjadi USD 74,30 per barel.

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah AS turun 4% pada hari Rabu. Harga minyak dunia ditutup pada level terendah sejak akhir Juni di mana harga bensin eceran mencapai titik terendah sejak Januari tepat menjelang musim belanja liburan dan perjalanan.

Dikutip dari CNBC, Kamis (7/12/2023), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak bulan Januari turun USD 2,94, atau 4,07%, menjadi USD 69,38 per barel. Sedangkan kontrak Brent untuk bulan Februari turun USD 2,90, atau 3,76%, menjadi USD 74,30 per barel.

 Minyak mentah AS dan patokan global telah turun selama lima hari berturut-turut, meskipun ada upaya OPEC+ untuk mendongkrak harga dengan berjanji memangkas pasokan pada kuartal pertama tahun 2024.

Sementara itu, harga minyak di AS mengikuti penurunan harga minyak hingga mencapai rata-rata USD 3,22 per galon pada hari Rabu, harga terendah sejak 3 Januari, menurut AAA.

Harga Minyak Turun Tajam

Harga minyak telah mengalami penurunan tajam dari harga tertingginya di bulan September karena negara-negara di luar OPEC+, khususnya Amerika Serikat, memproduksi minyak mentah dalam jumlah yang sangat besar dan meningkatnya kekhawatiran terhadap perekonomian Tiongkok.

Moody’s pada hari Selasa menurunkan prospek peringkat kredit pemerintah Tiongkok menjadi negatif dari stabil.

Harga minyak mentah sempat melonjak pada pertengahan Oktober ketika perang Israel-Hamas pecah, namun para pedagang sebagian besar mengabaikan risiko perang regional yang lebih luas yang dapat mengganggu pasokan sejak saat itu.

Sementara itu, data AS pada hari Rabu memberikan gambaran beragam mengenai permintaan dengan persediaan minyak mentah turun sementara stok bensin naik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Stok Minyak Mentah AS

Stok minyak mentah AS turun 4,6 juta barel untuk pekan yang berakhir 1 Desember tetapi persediaan bensin naik 5,4 juta barel, menurut Badan Informasi Energi.

Pedagang minyak juga skeptis bahwa OPEC+, yang mencakup anggota OPEC dan sekutunya seperti Rusia, akan melakukan pengurangan pasokan sebesar 2,2 juta barel per hari pada kuartal pertama tahun depan.

Beberapa anggota OPEC+ mengumumkan pemotongan sukarela pada minggu lalu setelah kelompok tersebut gagal mencapai kesepakatan dengan suara bulat mengenai target produksi.

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman dan Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak berusaha meyakinkan pasar minggu ini bahwa mereka dapat memperpanjang atau bahkan memperdalam pemotongan produksi minyak yang dijanjikan.

3 dari 4 halaman

Harga Minyak Mentah Dunia Anjlok ke Level Terendah 5 Bulan

Harga minyak turun ke level terendah dalam lima bulan pada hari Selasa karena penguatan dolar AS dan kekhawatiran terhadap permintaan. Ini membuat pasar harga minyak tertekan untuk hari keempat berturut-turut di tengah keraguan atas pengumuman pengurangan pasokan sukarela OPEC+ pada minggu lalu.

“Kesepakatan OPEC+ tidak banyak mendukung harga dan mengingat penurunan (empat) hari setelahnya, para pedagang jelas tidak terkesan,” kata Craig Erlam, analis pasar senior Inggris & EMEA, di perusahaan data dan analisis OANDA.

Dikutip dari CNBC, Rabu (6/12/2023), kontrak untuk bulan Januari turun 72 sen, atau 0,99%, menjadi USD 72,32 per barel. Sedangkan Brent kontrak minyak mentah untuk bulan Februari turun 83 sen, atau 1,06%, menjadi USD 77,20 per barel.

Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak dilaporkan mengatakan bahwa OPEC + siap memperdalam pengurangan produksi minyak pada kuartal pertama tahun 2024 untuk menghilangkan “spekulasi dan volatilitas” jika tindakan yang ada untuk memangkas produksi tidak cukup.

OPEC+ mengelompokkan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya seperti Rusia.

 

4 dari 4 halaman

Pengurangan Produksi OPEC

Pada tanggal 30 November, OPEC+ menyetujui pengurangan produksi sekitar 2,2 juta barel per hari (bph) untuk kuartal pertama tahun 2024. Namun setidaknya 1,3 juta barel per hari dari pemotongan tersebut merupakan perpanjangan dari pembatasan sukarela yang sudah dilakukan Arab Saudi dan Rusia. .

Analis di FGE, sebuah konsultan energi, mengatakan pemotongan tambahan OPEC+ berada di bawah pengurangan 1 juta barel per hari yang diperkirakan pasar, dan mencatat bahwa kelompok tersebut hanya kemungkinan akan melakukan pengurangan mendekati 500.000 barel per hari dibandingkan dengan kuartal keempat.

Kremlin mengatakan pengurangan produksi OPEC+ akan membutuhkan waktu untuk mulai dilaksanakan. Presiden Vladimir Putin akan mengunjungi anggota OPEC di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi pada hari Rabu dan menjamu Presiden Iran Ebrahim Raisi di Moskow pada hari Kamis.

Pendapatan minyak dan gas Rusia turun pada bulan November menjadi 961,7 miliar rubel ($10,53 miliar) dari 1,635 triliun rubel pada bulan sebelumnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.