Sukses

UOB Indonesia Tambah 1 Juta Nasabah dan 1.000 Karyawan Usai Akuisisi Citibank

UOB Indonesia resmi mengakuisisi bisnis perbankan konsumer Citigroup. Menyusul akuisisi itu, President Director UOB Indonesia, Hendra Gunawan mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat penambahan tenaga kerja dari Citi sebanyak 1.000 karyawan dan 1 juta nasabah baru.

Liputan6.com, Jakarta UOB Indonesia resmi mengakuisisi bisnis perbankan konsumer Citigroup. Menyusul akuisisi itu, President Director UOB Indonesia, Hendra Gunawan mengungkapkan bahwa pihaknya mendapat penambahan tenaga kerja dari Citi sebanyak 1.000 karyawan dan 1 juta nasabah baru.

"Dari akuisisi ini kita menambah 8 juta nasabah di ASEAN, dan lebih dari 1 juta berada di Indonesia,” ungkap Hendra dalam konferensi pers di Kantor UOB Indonesia, Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

“Di Indonesia (UOB) menambah sekitar 1.000 karyawan dari Citibank," bebernya.

Dalam kesempatan itu, Hendra juga menyampaikan bahwa akuisisi itu mencerminkan komitmen jangka panjang UOB di Indonesia dan terus meningkatkan layanan pada nasabahnya.

"Kami berharap dapat melakukan lebih banyak sinergi untuk kemberikan nilai lebih pada nasabah,” tuturnya.

UOB Indonesia dalam keterangannya mengungkapkan, pihaknya memperoleh tambahan modal melalui right issue sebesar Rp 1,5 triliun setelah akuisisi bisnis konsumen Citibank Indonesia.

Penambahan modal ini akan memungkinkan UOB Indonesia menciptakan nilai yang lebih besar bagi nasabah dan peningkatan kekuatan neraca.

Penambahan modal ini seiring dengan selesainya akuisisi dan integrasi penuh aset dan liabilitas bisnis perbankan konsumer Citibank Indonesia ke dalam UOB Indonesia pada November 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

UOB Indonesia Resmi Akuisisi Bisnis Konsumen Citibank, Karyawan Ikut Pindah

Sebelumnya, Citi esmi menyelesaikan penjualan dan migrasi bisnis konsumen di Indonesia ke PT UOB Indonesia (UOBI). Bisnis yang dijual adalah perbankan ritel, kartu kredit, dan pinjaman tanpa agunan. Selain itu, karyawan Citi juga berpindah ke UOB.

Head of Legacy Franchises Citi Titi Cole mengatakan, penyelesaian divestasi terakhir Citibank atas seluruh waralaba konsumen di Asia menandai tonggak penting dalam menyederhanakan perusahaan. Hal ini merupakan bukti komitmen karyawan Citi di seluruh negara tersebut dan merupakan bukti nyata kemampuan Citi dalam melaksanakan strategi.

"Kami dengan tulus berterima kasih kepada mantan karyawan kami di Indonesia dan mendoakan yang terbaik dalam karier mereka bersama UOB," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin (20/11/2023).

Citi dan UOB pertama kali mengumumkan transaksi ini pada Januari 2022 sebagai bagian dari perjanjian penjualan yang lebih luas yang mencakup perbankan konsumen di Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Indonesia. Penjualan di Malaysia dan Thailand telah selesai pada tanggal 1 November 2022, dan penjualan di Vietnam telah selesai pada tanggal 1 Maret 2023.

Transaksi ini diharapkan memberikan keuntungan modal yang sedang bagi Citi. Secara total, penjualan keempat bisnis konsumen tersebut kepada UOB telah memberikan keuntungan modal sekitar $1,1 miliar.

Penjualan ini tidak termasuk bisnis institutional banking Citi, dan Citi tetap fokus untuk melayani para klien institusional di Indonesia, baik secara lokal, regional, maupun global.

 

3 dari 3 halaman

Fokus Bisnis Institusional

Sejak mengumumkan rencana untuk keluar dari bisnis consumer banking di 14 pasar di wilayah Asia, Eropa, Timur Tengah dan Meksiko sebagai bagian dari pembaruan strategi perusahaan, kini Citi telah menyelesaikan transaksi penjualan di sembilan pasar, termasuk Australia, Bahrain, India, Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, Vietnam serta Indonesia.

Penghentian bisnis consumer banking Citi yang telah diumumkan sebelumnya di Cina dan Korea, serta keseluruhan bisnisnya di Rusia, saat ini masih dalam proses. Citi juga mengumumkan bahwa perusahaan akan melakukan IPO untuk bisnis consumer banking, small business dan middle market banking operations di Meksiko, dan telah memulai kembali proses penutupan bisnis consumer banking di Polandia.

Citi Country Officer untuk Indonesia Batara Sianturi mengatakan, "Citi bangga memiliki sejarah panjang di Indonesia, dan Citi fokus untuk mengembangkan bisnis institusional Citi di Indonesia, melayani klien di pasar, secara regional dan global melalui jaringan kami untuk mendukung kebutuhan lintas batas," kata dia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.