Sukses

Budi Waseso Jadi Komisaris Utama Semen Indonesia, Siapa Penggantinya di Bulog?

Perum Bulog membenarkan kabar bahwa Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas telah diangkat menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Semen Indonesia Tbk (SIG).

Liputan6.com, Jakarta Perum Bulog membenarkan kabar bahwa Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso alias Buwas telah diangkat menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Semen Indonesia Tbk (SIG).

Penetapan ini kabarnya merupakan hasil dari Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) Semen Indonesia yang berlangsung pada Jumat (1/12/2023) hari ini.

Kepala Bagian Humas dan Kelembagaan Perum Bulog, Tomi Wijaya, membenarkan bahwa Budi Waseso telah ditetapkan sebagai Komisaris Utama Semen Indonesia.

"Dari hasil RUPS LB itu, kita dapat informasi dari Semen Indonesia, katanya benar beliau diangkat menjadi Komisaris Utama Semen Indonesia," ujar Tomi kepada Liputan6.com, Jumat (1/12/2023).

Namun, Tomi belum bisa memastikan apakah Buwas apakah nantinya akan digeser seutuhnya menjadi Komut SIG dan meninggalkan jabatannya sebagai Dirut Perum Bulog. Pihaknya masih menunggu keputusan dari Menteri BUMN, Erick Thohir.

"Terkait posisi beliau di Bulog, kita belum tahu pastinya. Kita belum dapat info," imbuh dia.

Untuk diketahui, double jabatan memang kerap terjadi pada sebagian pejabat negara yang memegang posisi di instansi pemerintahan dan salah satu perusahaan BUMN. Namun dalam kasus kali ini, perpindahan terjadi antar salah satu perusahaan pelat merah, dari posisi direktur utama menjadi komisaris utama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Budi Waseso Jadi Komisaris Utama, Ini Susunan Pengurus Baru Semen Indonesia

PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) merombak susunan pengurus dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat (1/12/2023). RUPSLB PT Semen Indonesia Tbk mengangkat direktur utama (dirut) Bulog Budi Waseso sebagai Komisaris Utama Perseroan menggantikan Rudiantara.

"Rapat mengangkat Bapak Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen serta Ibu Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen," ujar Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia Tbk Vita Mahreyni dalam keterangan resmi, Jumat pekan ini.

Adapun RUPSLB emiten berkode SMGR ini juga mengukuhkan pemberhentian dengan hormat Rudiantara sebagai Komisaris Utama dan Arief Prasetyo Adi sebagai Komisaris.

Berikut susunan dewan komisaris dan direksi PT Semen Indonesia Tbk yang baru:

Komisaris Perseroan

  1. Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen
  2. Sony Subrata sebagai Komisaris
  3. Yustinus Prastowo sebagai Komisaris
  4. Lydia Silvanna Djaman sebagai Komisaris
  5. Nasaruddin Umar sebagai Komisaris Independen
  6. Saor Siagian sebagai Komisaris Independen
  7. Ratna Irsana sebagai Komisaris Independen

Direksi Perseroan

  1. Donny Arsal sebagai Direktur Utama
  2. Yosviandri sebagai Direktur Supply Chain
  3. Agung Wiharto sebagai Direktur SDM dan Umum
  4. Andriano Hosny Panangian sebagai Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio
  5. Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran
  6. Reni Wulandari sebagai Direktur Operasi

Vita Mahreyni menyampaikan, Semen Indonesia saat ini terus fokus menjalankan inisiatif-inisiatif strategis untuk peningkatan kinerja agar dapat terus memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan khususnya para pemegang saham, serta mencapai operational excellence dan target-target keberlanjutan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.