Sukses

Libur Nataru 2024, 2,8 Juta Kendaraan Diprediksi Keluar Jakarta

Kemenhub memprediksi sekitar 2,8 juta kendaraan diprediksi akan bergerak keluar Jakarta pada periode Libur Nataru 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan memprediksi pergerakan kendaraan pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) akan dimulai pada 18 Desember 2023. Sekitar 2,8 juta kendaraan diprediksi akan bergerak keluar Jakarta pada periode Libur Nataru 2024.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menerangkan, mulai 18 Desember sudah ada sebagian sekolah yang libur. Dengan begitu, pergerakan kendaraan disebut mulai terjadi.

"Tanggal 18 itu di Jakarta sudah libur, 18 Desember. Terus kemungkinan mudiknya tanggal 22, balik nya kemungkinan tanggal 26. Tapi tanggal 18 sudah libur sekolah kemungkinan juga sudah ada. Itu semua sudah diantisipasi rapat sudah di laksanakan untuk di jalur darat sudah laut sudah," ujarnya saat ditemui di Kantor Kemenhub, Jakarta, ditulis Selasa (14/11/2023).

Dia juga memprediksi banyaknya kendaraan yang keluar dari wilayah DKI Jakarta. Misalnya, diperkirakan ada 2,8 juta kendaraan yang bergerak keluar dari 4 gerbang tol perbatasan Jakarta. Biasanya ini terjadi menuju arah timur.

"Prediksi pergerakan keluar Jakarta itu dari 4 pintu tol darat itu ya itu perkiraan 2,8 juta dalam tempo sekian hari. Pokoknya pergerakan natal. Itu semua sudah kita antisipasi semua," bebernya.

Sektor Penyeberangan

Hendro menegaskan, persiapan juga dilakukan pada sektor penyeberangan. Utamanya di pelabuhan Ketapang menuju Gilimanuk.

Sebagai opsi, nantinya akan dioperasikan pelabuhan tambahan untuk mengurai kepadatan di Pelabuhan Ketapang pada periode libur Natal dan tahun baru 2024 tadi.

"Itu sudah kita antisipasi kita tambah 1 pelabuhan dermaga. Dan kita siapkan kapal LDF yang 1.000 GT yang bisa menyedot kendaraan banyak itu sudah kita siapkan. Yang kedua, kita juga menggunakan pelabuhan Jangkar untuk dari Situbondo ke Lembar itu angkutan-angkutan itu lewat Jangkar. Jadi diharapkan di Ketapang ga penuh," paparnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Batasi Truk

Sebagaimana antisipasi setiap tahun, Hendro menegaskan nantinya tetap akan ada pembatasan pergerakan truk di jalur-jalur utama. Dia mengatakan aturannya akan segera diterbitkan dalam waktu dekat.

"Untuk truk pasti ada pembatasan, kita secepatnya mengeluarkan surat keputusan bersama Dirjen Darat, Korlantas sama Dirjen Bina Marga (PUPR)," kata dia.

"Kita secepatnya mengeluarkan itu dan kita sosialisasikan agar semua pengusaha tau dan itu rutin tiap tahun ada," pungkas Hendro.

Siapkan Skenario Lalu Lintas

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perhubungan Darat Tahun 2023 secara daring pada Rabu 9 November 2023. Dalam rapat ini, menhub menginstruksikan jajarannya untuk mempersiapkan angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023/2024 dengan baik.

"Skenario pengaturan lalu lintas harus dipersiapkan lebih baik, agar masyarakat yang pulang kampung atau berwisata tetap aman dan mendapatkan pelayanan yang memadai," ujar Budi Karya Sumadi dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (9/11/2023).

Persiapan Pelaksanaan Angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 menjadi salah satu agenda yang dibahas pada Rakornis Perhubungan Darat Tahun 2023.

 

3 dari 3 halaman

Pergerakan Meningkat

Berdasarkan data angkutan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 lalu, menunjukkan sekitar 44,17 juta orang melakukan mobilisasi.

"Tahun ini mobilisasi masyarakat pada saat Nataru diprediksi akan meningkat dibanding tahun lalu," lanjut Menhub.

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, diprediksi puncak arus mudik dan balik akan terjadi dua kali. Puncak arus mudik I akan terjadi pada 22-23 Desember 2023, lalu prediksi Puncak Arus Balik I akan terjadi pada 26-27 Desember 2023.

Sedangkan prediksi Puncak Arus Mudik II akan terjadi pada 29-30 Desember 2023 dan Prediksi Puncak Arus Balik II akan terjadi pada 1-2 Januari 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini