Sukses

Wamenkeu Buka-Bukaan Alokasi Uang Negara Genjot Kualitas SDM Indonesia

Pada bidang pendidikan, Wamenkeu mengatakan ada alokasi 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Secara nominal ada sebesar Rp 661 triliun untuk 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara, mengungkap besaran anggaran negara yang dialokasikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Ini disebar melalui program ke 4 bidang, pendidikan, perlindungan sosial, infrastruktur, dan kesehatan.

Pada bidang pendidikan, dia mengatakan ada alokasi 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Secara nominal ada sebesar Rp 661 triliun untuk 2024.

"Rp 661 triliun untuk pendidikan ada yang dikerjakan Kementerian Pendidikan, ada yang dikerjakan kementerian yang lain, ada yang dikerjakan oleh pemerintah pusat ada yg dikirim ke pemda, masuk ke dalam dana alokasi khusus masuk dalam anggaran-anggaran seluruh pemerintah. Rp 661 triliun bukan angka yang kecil," jelasnya dalam Indonesia Human Capital Summit 2023, di Jakarta, Selasa (7/11/2023).

Sementara itu, pada anggaran perlindungan sosial, dialokasikan sekitar Rp 494 triliun untuk tahun anggaran 2024. Alokasi ini lebih tinggi dari tahun 2023.

Dia mengatakan, pada pos anggaran ini, sempat ditingkatkan pada masa pandemi Covid-19 lalu. Tujuannya, untuk menjaga aktivitas ekonomi dan daya beli masyarakat.

"Kalau kegiatan ekonomi semua berhenti, masyarakat konsumsi berhenti, investasinya berhenti, ekspor-impor berhenti pada periode covid, ya bahaya, yang harus meng-handle ekonomi dan menggendong perekonomian itu ya anggaran negara," bebernya.

Selanjutnya, alokasi untuk pembangunan infrastruktur di 2024 sebesar Rp 423 triliun. Alokasi ini juga jadi salah satu mendorong akselerasi berbagai pembangunan infrastruktur yang sempat terhambat pada masa pandemi.

"Tapi kita naikkan lagi alat untuk meng-address ciptakan equity inclusion, supaya setiap kelompok masyarakat bisa mengaktualisasikan endomen gak yang dia miliki," terang Suahasil.

"Dan paling bawah adalah kesehatan, dan ini tentu sesuatu yang obvious sekali," sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Peran Negara

Lebih lanjut, Suahasil menegaskan kalau negara memiliki peran untuk memastikan unsur-unsur fundamental bisa terpenuhi.

"Peran negara menyiapkan basic fundamental supaya bisa ciptakan equity dan inclusion tadi, keseluruh aspeknya dikemas seluruh perekonomian kita," tuturnya.

Dalam mendorong kualitas SDM tadi, perlu adanya upaya untuk menggenjot produktivitas hingga kreativitas masyarakat. Dia menyebut, ada proses yang saling berkaitan untuk mendorong aspek ini.

"Human capital jadi satu elemen yag harus kita kombinasikan dengan elemen lain," pungkas Suahasil Nazara.

 

3 dari 5 halaman

Gali Strategi Genjot SDM Indonesia

Sebelumnya, Forum Human Capital Indonesia (FHCI) kembali menggelar pagelaran intelektual terkait Human Capital di Indonesia melalui Indonesia Human Capital Summit 2023 (IHCS) yang keempat pada 6-7 November 2023 di Ballroom Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta.

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar menyampaikan, besar harapannya supaya IHCS bisa dijadikan sebagai tempat untuk bertukar pikiran serta memperluas wawasan dan pengetahuan atas praktik maupun strategi human capital terkini.

IHCS tak hanya memberikan kegiatan yang relevan, tetapi juga memberikan panduan dalam menggali strategi pengelolaan human capital di Indonesia. Pada pagelaran intelektual ini, IHCS memiliki peran dalam memberikan dorongan kepada generasi muda supaya berperan aktif di perusahaan masing-masing.

 

4 dari 5 halaman

Dihadiri 15 Ribu Orang

Lebih dari 1.000 peserta hadir pada IHCS 2023, serta memberikan kesempatan bagi 15.000 peserta yang bergabung secara online. Alexandra Askandar mengatakan bahwa pada tahun ini, IHCS dilengkapi dengan berbagai kegiatan menarik yang tak terlihat pada IHCS sebelumnya.

"Untuk selalu berada di garis terdepan inovasi, dihadirkan seperti kompetisi call for paper bagi BoD-1 BUMN di bidang SDM, para profesional BUMN, serta akademisi sebagai wadah dan dorongan bagi para penggiat human capital tersebut untuk senantiasa berkarya dan berkontribusi melalui buah pemikiran yang esensial dan mendukung pengembangan serta pengelolaan SDM," kata Alexandra.

Tak hanya itu, Alexandra juga menambahkan bahwa pada IHCS 2023, diadakan juga AI role play experience di setiap sesi yang dikemas dalam mini games, agar peserta dapat meningkatkan potensi ilmu dan mengaplikasikannya dalam situasi di dunia nyata secara lebih efektif.

Lebih lanjut, dalam mewujudkan experience yang berbeda bagi para peserta summit, IHCS kali ini berinovasi dalam bentuk kegiatan Company Visit BUMN yg akan dilaksanakan pada hari ketiga di beberapa BUMN, yang bertujuan untuk menjadi sarana berbagi ilmu serta pengalaman berharga secara langsung dan mendalam.

 

5 dari 5 halaman

BUMN Ambil Peran

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengungkap peran perusahaan pelat merah dalam menggenjot kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satunya melalui peran dari Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN.

Hal ini disampaikan Erick Thohir dalam pembukaan Indonesia Human Capital Summit 2023. Acara ini jadi tahun ke-empat pelaksanaan forum tersebut.

"Saya mengapresiasi Forum Human Capital Indonesia sebagai mitra strategis pemerintah khususnya Kementerian BUMN yang terus berkolaborasi dan berinovasi dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia yang unggul. Baik dalam grup BUMN pada khususnya maupun Indonesia pada umumnya," jelas Erick dalam sambutannya, di Jakarta, Senin (6/11/2023).

Dia mengatakan, keseriusan Kementerian BUMN dan perusahaan pelat merah bisa terlihat melalui terselenggaranya acara ini.

"Tahun ini merupakan ke empat kalinya summit diselenggarakan. Hal ini menjadi bukti keseriusan FHCI dan Kementerian BUMN dalam pengembangan sumber daya manusia di Indonesia," tegas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.