Sukses

Permintaan Bahan Bakar Fosil Bakal Capai Puncaknya di 2030

Outlook Energi Dunia terbaru IEA mengungkapkan bahwa puncak permintaan minyak, gas alam, dan batu bara terlihat pada dekade ini.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Energi Internasional (IEA) memperkirakan permintaan bahan bakar fosil dunia akan mencapai puncaknya pada tahun 2030, karena semakin banyak mobil listrik yang beredar dan perekonomian China tumbuh lebih lambat dan beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Laporan dari IEA, yang memberikan masukan kepada negara-negara industri, kontras dengan pandangan kelompok produsen minyak, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), yang melihat permintaan minyak meningkat jauh setelah tahun 2030 dan menyerukan triliunan investasi baru di sektor minyak.

Outlook Energi Dunia terbarunya IEA mengungkapkan bahwa puncak permintaan minyak, gas alam, dan batu bara terlihat pada dekade ini dalam skenario yang didasarkan pada kebijakan pemerintah saat ini.

"Transisi menuju energi ramah lingkungan sedang terjadi di seluruh dunia dan hal ini tidak dapat dihentikan. Ini bukan soal 'jika', ini hanya soal 'seberapa cepat' – dan semakin cepat semakin baik bagi kita semua," kata Direktur Eksekutif IEA Fatih Birol, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (26/10/2023).

"Pemerintah, perusahaan, dan investor perlu mendukung transisi energi ramah lingkungan, bukan menghalanginya," tegasnya.

Namun, IEA juga mengatakan bahwa permintaan bahan bakar fosil masih terlalu tinggi untuk memenuhi target Kesepakatan Paris yang membatasi kenaikan suhu rata-rata global hingga 1,5 derajat Celsius.

"Hal ini tidak hanya berisiko memperburuk dampak iklim setelah setahun mengalami suhu panas yang memecahkan rekor, namun juga merusak keamanan sistem energi, yang dibangun untuk dunia yang lebih dingin dengan kejadian cuaca yang tidak terlalu ekstrem," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Pada tahun 2030, IEA memperkirakan akan ada 10 kali lebih banyak mobil listrik yang beredar di seluruh dunia, dan IEA menyebutkan bahwa kebijakan yang mendukung energi ramah lingkungan di pasar-pasar utama membebani permintaan bahan bakar fosil di masa depan.

Misalnya, IEA kini memperkirakan 50 persen pendaftaran mobil baru di AS akan menggunakan kendaraan listrik pada tahun 2030, naik dari proyeksi dua tahun lalu sebesar 12 persen, yang sebagian besar merupakan dampak dari Undang-Undang Pengurangan Inflasi AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran China

IEA melihat peran China sebagai sumber utama pertumbuhan permintaan energi terbarukan.

Meskipun China dalam satu dekade terakhir menyumbang hampir dua pertiga dari kenaikan penggunaan minyak global, momentum di balik pertumbuhan ekonominya sedang surut dan negara tersebut merupakan “pembangkit tenaga energi yang ramah lingkungan”, kata laporan IEA, menambahkan lebih dari separuh penggunaan listrik global penjualan kendaraan pada tahun 2022 berada di China.

IEA mengatakan kunci transisi yang teratur adalah meningkatkan investasi di semua aspek sistem energi bersih, bukan pada bahan bakar fosil.

"Berakhirnya era pertumbuhan bahan bakar fosil tidak berarti berakhirnya investasi bahan bakar fosil, namun melemahkan alasan peningkatan belanja," jelas IEA.

3 dari 3 halaman

BP Ramal Pangsa Bahan Bakar Fosil Bakal Anjlok di 2050

Raksasa energi asal Inggris, BP memperkirakan minyak dan gas akan memainkan peran yang jauh lebih kecil pada energi global pada tahun 2050, sementara alternatif nol karbon seperti energi angin dan matahari akan terus meningkatkan penetrasi mereka.

Hal itu diungkapkan dalam laporan prospek energi tahunan BP ke-12 yang diterbitkan Senin (30/1).

Mengutip CNBC International, Selasa (31/1/2023) BP memperkirakan bahwa pangsa bahan bakar fosil sebagai sumber energi utama akan turun dari 80 persen pada 2019 menjadi antara 55 dan 20 persen pada 2050. 

Sementara pangsa energi terbarukan diramal akan tumbuh dari 10 persen menjadi antara 35 persen dan 65 persen selama periode waktu yang sama.

Restrukturisasi fundamental pasar energi global ini didorong oleh tiga faktor, yang disebut BP sebagai trilema energi :

Faktor pertama, adalah keberlanjutan, yaitu berfokus pada kebutuhan untuk memperlambat pemanasan global karena peristiwa cuaca ekstrem menjadi lebih umum dan nyata. 

Faktor kedua, adalah keamanan. Hal ini salah satunya keinginan baru negara-negara di seluruh dunia untuk meningkatkan keamanan energi mereka karena dampak perang Rusia-Ukraina.

Terakhir, adalah keterjangkauan, yaitu upaya berkelanjutan untuk menjaga kestabilan harga energi bagi konsumen.

"Emisi karbon yang terus meningkat dan meningkatnya frekuensi peristiwa cuaca ekstrem dalam beberapa tahun terakhir menyoroti lebih jelas pentingnya perubahan yang menentukan masa depan net-zero," tulis Spencer Dale, kepala ekonom di BP, dalam sebuah catatan.

Laporan BP juga menyebut, dalam salah satu dari tiga skenario, kecepatan energi terbarukan memasuki sistem energi global yang lebih cepat daripada bahan bakar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini