Sukses

4 Tempat untuk Wisata Keluarga di Singapura, Bikin Liburan Tambah Asyik

Berikut sejumlah tempat wisata saat jalan-jalan bersama keluarga di Singapura. Bukan hanya sekadar jalan-jalan, tetapi anak juga bisa belajar saat mengunjungi tempat wisata ini.

Liputan6.com, Jakarta - Jalan-jalan di Singapura tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi sejumlah tempat wisata. Jika Anda sudah  mengunjungi  Universal Studios Singapore, Patung Merlion, Orchard Road, Garden by The Bay, Singapura menawarkan tempat wisata baru dan dapat jadi pilihan masuk daftar tempat yang dikunjungi.

Dikenal sebagai salah satu negara maju yang jaraknya dapat ditempuh sekitar 1 jam lebih dari Jakarta, Indonesia dengan pesawat terbang, Singapura menawarkan dan memiliki tempat wisata yang menarik untuk keluarga.Tak hanya menarik untuk jalan-jalan, tempat wisata ini juga memberikan edukasi kepada pengunjung termasuk anak-anak.

Sejumlah tempat wisata juga ramah untuk anak. Salah satunya Bird Paradise. Taman burung terbesar di Asia ini menggantikan Jurong Bird Park. Di Bird Paradise tidak hanya melihat koleksi burung, tetapi juga disediakan atraksi dan tempat untuk bermain anak.

Tak hanya tempat wisata, tapi juga bisa “pabrik” pembuat coklat sekaligus kafe dan toko ritel juga dapat jadi tujuan wisata edukasi bersama anak. Salah satunya Mr Bucket Chocolaterie.

Atau hanya sekadar ingin jalan-jalan bersama keluarga sambil menikmati pemandangan kota Singapura dari sudut yang menarik. Hal ini dapat dilakukan di salah satu kawasan Marina Barrage. Kawasan ini terdapat waduk untuk mengolah air  laut menjadi air tawar sehingga dapat dikonsumsi masyarakat.

Berikut sejumlah tempat wisata yang dapat jadi pertimbangan untuk dikunjungi bersama keluarga, berdasarkan perjalanan Liputan6.com bersama Singapore Tourism Board.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1.Mr. Bucket Chocolaterie

Tak hanya bagi penggemar coklat, tempat ini cocok bagi keluarga. Di tempat ini bukan hanya sekadar “toko” coklat tetapi juga ada bagian produksi yang terbuka, kafe, dan toko ritel.

 Di Mr.Bucket Chocolaterie memiliki konsep terbuka dengan jendela kaca bening sehingga pengunjung dapat melihat bagaimana coklat dibuat, atau membuat olahan coklat menjadi produk lainnya.

Selain menikmati coklat, Anda juga dapat membuat produk olahan coklat seperti produk bon-bon. Dikenakan biaya sekitar 68 dolar Singapura untuk pembuatan produk itu.

Selain itu, jika mengajak anak-anak ke Mr Bucket Chocolaterie juga dapat membuat coklat bar dengan memilih toping favorit dengan tiga rasa pilihan. Ada sekitar 16 toping yang bisa dipilih untuk coklat batangan atau slab. Biaya yang dikenakan sekitar 21,9 dolar Singapura.

Anda juga bisa sejenak duduk di kafe Mr Bucket Chocolaterie sambil menikmati kue dan ragam coklat yang menarik perhatian.

3 dari 5 halaman

2. HyperDrive

Bagi Anda dan keluarga yang suka balapan, arena go-kart HyperDrive di The Palawan @Sentosa ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi saat ke Singapura. Arena go-kart ini merupakan sirkuit go-kart listrik pertama yang baru buka Agustus 2023.

Sirkuit ini memiliki panjang 308 meter dengan 14 putaran. Sekitar 8 menit, Anda dapat menjajal pengalaman berkendara go-kart yang menguji adrenalin. Go-kart ini dapat dijajal oleh orang dewasa dan anak usia minimal 9 tahun dengan tinggi minimal 130 cm. Namun, kalau sang anak di bawah 90 cm sebaiknya tandem dengan orang dewasa minimal usia 18 tahun. Untuk menjajal go-kart ini perlu merogoh kocek sekitar 30-135 dolar Singapura tergantung tipe kart.

Sebelum menjajal kart ini, staf HyperDrive pun memastikan keamanan peserta. Sebelumnya peserta akan mengikuti arahan dari staf HyperDrive yang menjelaskan soal kart, keamanan dan lainnya. Setelah diberikan arahan, peserta kemudian diberikan buff dan helm. 

4 dari 5 halaman

3.Bird Paradise

Bird Paradise, salah satu tempat wisata baru di Singapura yang resmi dibuka Mei 2023. Sebelumnya Singapura memiliki taman burung sejak 1971 yang dikenal Jurong Bird Park. Kemudian Singapura memindahkan taman burung tersebut ke wilayah Mandai dan koleksi burung di Jurong Bird Park dipindahkan ke Bird Paradise.

Jika liburan bersama keluarga ke Singapura, tempat ini bisa menjadi pilihan. Di tempat ini tak hanya melihat koleksi burung dari berbagai wilayah di dunia tetapi ada edukasi mengenai burung di sejumlah zona, atraksi burung dan habitat penguin.

Salah satu taman burung terbesar di Asia ini memiliki luas 17 hektar yang terdiri dari 10 zona. Zona tersebut termasuk delapan zona kandang burung besar yang dapat ditelusuri, habitat penguin dan zona konservasi untuk burung.

 

Ada sekitar 3.500 burung dari 400 species yang berada di Bird Paradise. Taman burung ini didesain merefleksikan burung dari sejumlah benua antara lain dari benua Afrika, Amerika terutama dari Amerika Selatan, Asia, dan Australia.

Tak hanya melihat koleksi burung, di Bird Paradise ada juga Sky Amphiteatre yang menampilkan atraksi burung, dan menariknya peserta juga diingatkan untuk menjaga lingkungan termasuk burung-burung.

Bird Paradise buka dari pukul 09.00-18.00. Bagi Anda ingin melihat momen terbaik untuk melihat burung, salah satu tur dari Bird Paradise Kaiyan menuturkan, saat pagi dan sore hari. Pada pagi hari waktu pemberian makanan, dan burung-burung tersebut seperti sudah mengetahui waktu makan.

Adapun tiket Bird Paradise ditetapkan 48 dolar Singapura untuk dewasa, dan 33 dolar Singapura untuk anak-anak usia 3-12 tahun. Tiket dapat dibeli online untuk mengunjungi Bird Paradise.

5 dari 5 halaman

4.Marina Barrage

Singapura memiliki sekitar 17 waduk, salah satunya Marina Barrage. Marina Barrage, salah satu waduk yang berada di tengah kota Singapura. Di tempat ini dapat terlihat bagaimana Singapura dapat mengelola air. Kebutuhan air selain impor dari negara tetangga Malaysia, Singapura juga berupaya untuk “menangkap air” dan mengelolanya. Waduk ini mengubah air laut yang asin menjadi air tawar untuk dikonsumsi masyarakat. Tak hanya itu, waduk ini juga tempat untuk mengendalikan banjir.

Saat mengunjungi Kawasan Marina Barrage, tempat ini bukan hanya sekadar waduk. Di tempat ini, Anda dapat melihat bagaimana Singapura dapat mengelola air sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

Kawasan sekitar 10.000 ribu hektar ini juga memiliki rooftop yang sangat menarik. Di rooftop Marina Barrage ini bisa menjadi tempat piknik bagi Anda dan keluarga. Di rooftop ini Anda dapat melihat kota Singapura yang kaya dengan bangunan arsitektur yang menarik.

Bahkan Anda bisa melihat Marina Bay Sands, “pohon” di Gardens by the Bay, dan Singapore Flyer. Jika Anda suka berfoto, rooftop ini menjadi tempat instagramable. Bahkan Anda bisa bermain laying-layangan di sini.

Sejenak menikmati angin dan hangatnya matahari dengan suguhan pemandangan bangunan arsitektur yang menarik. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk masuk daftar tempat yang dikunjungi di Singapura.

 

 

Selain itu, tempat ini juga menghadap laut dan dapat melihat kapal-kapal besar yang melintas. Area public dan the green roof buka 24 jam. Namun, ada sejumlah tempat yang memiliki waktu buka yakni di water playground dan sustainable Singapore gallery.

Setelah menikmati rooftop, Anda juga bisa menikmati taman yang berada di kawasan ini yang dapat dikunjungi. Di jantung kota, taman ini sangat menarik untuk dikunjungi. Bahkan jika beruntung, Anda bisa melihat beberapa jenis burung antara lain collared kingfisher, white-throoted kingfisher, common kingfisher, dan oriental dwarf kingfisher.

Di taman ini, sejenak menghirup udara segar, kicauan burung, dan tenangnya lingkungan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini