Sukses

Gelar MotoGP Mandalika 2023, Indonesia Bakal Cuan Besar?

Kesuksesan pagelaran MotoGP tahun sebelumnya dalam membangkitkan perekonomian daerah mendorong Pertamina kembali mendukung event internasional MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta Kesuksesan pagelaran MotoGP tahun sebelumnya dalam membangkitkan perekonomian daerah mendorong Pertamina kembali mendukung event internasional MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), Fadjar Djoko Santoso menjelaskan, Pertamina mendukung penuh penyelenggaraan MotoGP 2023 Mandalika, lantarm ajang ini menjadi sarana untuk mendatangkan wisatawan, baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

 

"Event MotoGP di berbagai negara memberikan dampak ekonomi dan multiplier effect, termasuk di Indonesia. Sebagai BUMN, Pertamina mendukung event internasional ini agar bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, termasuk pelaku UMKM," ujar Fadjar, Kamis (12/10/2023).

Fadjar menambahkan, gelaran MotoGP 2022 memberikan dampak ekonomi mencapai Rp 5 triliun, termasuk pelaku UMKM serta menyerap sekitar 4.600 tenaga kerja.

"Gelaran MotoGP 2023 di Mandalika menjadi momen yang tepat menumbuhkan ekonomi pasca pandemi. Pada saat yang sama, event ini akan mendorong branding Pertamina lebih mendunia," imbuh Fadjar.

Balapan MotoGP 2023 Mandalika

Balapan MotoGP 2023 Mandalika akan mendukung 3 poin penting bagi Indonesia, yakni meningkatkan pariwisata, meningkatkan country branding dan memastikan multiplier effect serta ekonomi effect.

Ajang balap motor dunia ini akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. Fadjar menilai, perhelatan seri MotoGP di Mandalika akan sangat menarik karena ketatnya persaingan antarpembalap.

"MotoGP Indonesia merupakan seri ke-15 MotoGP 2023. Hingga seri ke-14, puncak klasemen MotoGP diisi oleh pembalap Italia Francesco Bagnaia dari Ducati dengan 319 poin diikuti pembalap Spanyol Jorge Martin dengan selisih hanya 3 poin," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Tiba di Indonesia, Pembalap MotoGP Pinjam Uang Seratus

Para pembalap yang akan tampil di MotoGP Mandalika 2023 sudah berdatangan ke Indonesia pada awal pekan ini. Ada yang langsung ke Lombok, ada yang liburan ke Bali dulu. Sebagian melakukan kegiatan promosi dan menemui fans di Jakarta.

Pembalap-pembalap MotoGP ini mencoba berbaur dengan masyarakat Indonesia. Saat berinteraksi langsung atau lewat media sosial, banyak pembalap yang menyapa dengan Bahasa Indonesia.

Salah satunya pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales. Pria Spanyol itu langsung menuju Lombok tanpa melakukan kegiatan di Jakarta. Vinales sudah tiba pada Selasa 10 Oktober 2023. Dia menghabiskan waktu di hotel untuk menjaga kondisi kebugaran.

Menariknya Vineles mengunggah aktivitasnya di Lombok di Instagram dengan caption Bahasa Indonesia. Yang jadi sorotan Vinales mencoba meminjam uang seratus ribu kepada penggemarnya.

"Halo Indonesia! Apa Kabar? Boleh pinjam seratus?," tulis Vinales di akun Instagram.

"Boleh pinjam seratus" memang sedang viral di Indonesia. Gaya bahasa tersebut sering dipakai saat ingin meminjam uang kepada teman, saudara atau kerabat.

3 dari 3 halaman

Vinales Sudah Sering ke Indonesia

Bahasa Indonesia seharusnya memang sudah familiar dengan Vinales. Sebelum Sirkuit Mandalika jadi, pria 28 tahun itu sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia, terutama saat masih memperkuat Yamaha dari 2017 sampai 2021.

Vinales telah beberapa kali datang ke Indonesia untuk mempromosikan Yamaha. Bahkan dia juga tampil di iklan motor Yamaha dengan memakai bahasa Indonesia bersama Valentino Rossi.

Vinales sangat mengutamakan menjaga kebugarannya. Begitu tiba di Lombok, dia langsung mengenjot latihan fisik agar bisa prima di MotoGP Mandalika. Apalagi balapan diperkirakan akan berlangsung dalam cuaca panas.

Performa Vinales di MotoGP 2023 kurang stabil. Dia pernah dua kali finis sebagai runner-up, namun sering juga gagal finis sebanyak empat kali. Pada balapan terakhir di Jepang, Vinales hanya berada di urutan 19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.