Sukses

Ini Hari Besar Nasional dan Internasional pada 1 Oktober 2023

Memasuki 1 Oktober ada sejumlah hari penting nasional dan internasional yakni Hari Kesaktian Pancasila, Hari Lansia Internasional dan Hari Vegetarian Sedunia. Berikut penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki Oktober, ada sejumlah hari penting nasional dan internasional. Lalu 1 Oktober hari saja yang dirayakan dan diperingati?

Mengutip laman pkbi-diy.info yang memuat daftar hari-hari penting nasional dan internasional, pada 1 Oktober ada hari penting nasional dan internasional. Hari penting nasional ada peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Sedangkan hari penting internasional pada 1 Oktober yakni Hari Lansia Internasional dan Hari Vegetarian Sedunia. Berikut penjelasan singkat mengenai Hari Kesaktian Pancasila, Hari Lansia Internasional dan Hari Vegetarian Sedunia dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (30/9/2023):

1.Hari Kesaktian Pancasila

Mengutip laman disnakerpmtsp.malangkota.go.id, penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soehartno pada 27 September 1967. Hari Kesaktian Pancasila diperingati untuk mengingatkan masyarakat mengenai ideologi Pancasila yang tak bisa digantikan oleh paham apapun.

Dalam dokumen terpilih sekitar G30S/PKI (1997), Menteri/Panglima Angkatan Kepolisian pada 24 September 1966 mengusulkan supaya peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga dilakukan seluruh jajaran Angkatan Bersenjata.

Mengutip Kanal News Liputan6.com, penetapan Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan langsung oleh Presiden ke-2 Indonesia Soeharto, melalui Keputusan Presiden Nomor 153 Tahun 1967. Berdasarkan keputusan itu, pemerintah menyatakan agar peringatan Hari Kesaktian Pancasila dilakukan secara khidmat dan tertib oleh seluruh Rakyat Indonesia, terutama TNI AD atau Angkatan Darat.

Hal ini seiring berkaitan untuk memperingati peristiwa yang biasa disebut Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI. Pada 1965, berlangsung peristiwa pembunuhan terhadap sejumlah jenderal. Enam jenderal dan satu letnan TNI AD korban kekejian G30S/PKI pada 1965.

Adapun, Indonesia memperingati Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober sejak 1967. Saat peringatan Hari Kesaktian Pancasila, diadakan berbagai kegiatan dan upacara yang melibat berbagai elemen masyarakat. Pada 1 Oktober, Angkatan Darat memainkan peran khusus dengan melaksanakan upacara penghormatan dan penyerahan bendera merah putih sebagai simbol kesetiaan pada Pancasila.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2.Hari Lansia Internasional

Dikutip dari laman www.un.org, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bansa menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Lansia Internasional (resolusi 45/106) pada 14 Desember 1990.

Hal ini didahului dengan inisiatif seperti the Vienna International Plan of Action on Ageing, yang diadopsi oleh majelis dunia tentang penuaan pada 1982 dan disahkan pada akhir tahun itu oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Pada 1991, Majelis Umum mengadopsi prinsip-prinsip PBB untuk orang lanjut usia (resolusi 46/91). Pada 2002, the Second World Assembly on Ageing mengadopsi the Madrid Inernational Plan of Action on Ageing untuk menanggapi peluang dan tantangan penuaan populasi di abad ke-21 dan mendorong pembangunan masyarakat untuk segala usia.

Jumlah penduduk lanjut usia (didefinisikan sebagai mereka yang berusia 65 tahun atau lebih) meningkat tiga kali lipat dari sekitar 260 juta pada 1980 menjadi 761 juta pada 2021. Antara 2021 dan 2050, jumlah penduduk lanjut usia secara global diprediksikan meningkat dari kurang dari 10 persen menjadi sekitar 17 persen.

Pertumbuhan pesat jumlah orang yang mencapai usia lanjut menggarisbawahi pentingnya peningkatan kesehatan, pencegahan dan pengobatan penyakit sepanjang hidup.

Dalam masyarakat dengan populasi menua, penyesuaian terhadap peningkatan jumlah individu lanjut usia yang memiliki beragam kapasitas fungsional menjadi hal penting.

 

3 dari 5 halaman

Tema Hari Lansia Internasional pada 2023

Kemampuan untuk melaksanakan fungsi-fungsi penting dan mengambil bagian dalam aktivitas sehari-hari dipengaruhi tidak hanya oleh kapasitas bawaan individu tetapi juga oleh lingkungan sosial dan fisik di mana mereka tinggal.

Lingkungan yang mendukung memainkan peran penting dalam membantu individu lanjut usia untuk mempertahankan tingkat aktivitas dan kemandirian mereka seiring bertambahnya usia.

Pada 2023 untuk memperingati Hari Lansia Internasional mengambil tema “Memenuhi Janji Deklarasi Universial Hak Asasi Manusia bagi Lansia:Lintas Generasi.

75 tahun lalu, Majelis Umum PBB adopsi delakrasi universal Hak Asasi Manusia, sebuah dokumen penting dalam sejarah hak asasi manusia. Ditulis oleh perwakilan dari seluruh dunia dengan latar belakang hukum, budaya dan bahasa yang berbeda, dokumen ini merupakan dokumen pertama yang artikulasikan hak asasi manusia mendasar yang dimaksudkan untuk dilindungi secara universal.

Sebagai pengakuan atas tonggak sejarah ini, dan melihat masa depan yang memenuhi janji untuk memastikan semua orang, termasuk semua orang lanjut usia, sepenuhnya menikmati hak asasi manusia dan kebebasan dasar mereka.

4 dari 5 halaman

3.Hari Vegetarian Sedunia

Dikutip dari hindustantimes, didirikan oleh Masyarakat Vegetarian Amerika Utara pada 1977, dan didukung oleh Persatuan Vegearian Internasional pada 1978. Dikutip dari Kanal Lifestyle Liputan6.com, menurut American Dietetic Association, pola makan vegetarian yang direncanakan dengan tepat, termasuk diet vegetarian total atau vegan adalah menyehatkan, cukup bergizi, dan memberikan manfaat kesehatan dalam pencegahan dan pengobatan penyakit tertentu.

Sementara itu dikutip dari Hindustantimes, Vegetarisme sering disebut sebagai Diet Pythagoras sebelum istilah vegetarian dipopulerkan pada pertengahan 1800-an. Filsuf dan ahli matematika Yunani Kuno Pythagoras adalah pendukung awal diet ini. Karena itu, diet ini dinamai menurut namanya.

Vegetarisme telah ada di India sejak abad ke-5 SM, meski konsep ini juga jelas ada dalam agama Buddha yang berasal dari abad kelima dan keenam dalam makanan pokok nabati seperti tahu yang dikonsumsi. Di India, Jepang dan Thailand, juga benua Afrika sebelum penjajahan Eropa juga telah ada konsep vegetarian.

Hal ini menjadi umum di Amerika Serikat dan Inggris pada 1960-an dan momen tambahan pada 1970-an yang mendorong Masyarakat Vegetarian Amerika Utara menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Vegetarian Sedunia pada 1977 untuk mempromosikan kegembiraan, kasih sayang dan kemungkinan meningkatkan kehidupan dari vegetarianisme.

 

5 dari 5 halaman

Hari Penting Nasional dan Internasional pada Oktober:

  • 1 Oktober: Hari Lansia Internasional
  • 1 Oktober: Hari Kesaktian Pancasila
  • 1 Oktober: Hari Vegetarian Sedunia (internasional)
  • 2 Oktober: Hari Batik Nasional dan Sedunia (internasioal)
  • 2 Oktober: Hari Susu Nasional
  • 5 Oktober: Hari Guru Sedunia
  • 8 Oktober: Hari Tata Ruang Nasional
  • 10 Oktober: Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (internasional)
  • 14 Oktober: Hari Penglihatan Sedunia (internasional)
  • 15 Oktober: Hari Hak Asasi Bintang (internasional)
  • 16 Oktober: Hari Pangan Sedunia (internasional)
  • 17 Oktober: Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional
  • 20 Oktober: Hari Oesteoporosis Sedunia (internasional)
  • 24 Oktober: Hari Dokter Indonesia
  • 24 Oktober: Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)
  • 26 Oktober: Hari Interseks Internasional
  • 27 Oktober: Hari Listrik Nasional
  • 27 Oktober: Hari Penerbangan Nasional
  • 28 Oktober: Hari Sumpah Pemuda
  • 30 Oktober: Hari Keuangan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.