Sukses

Bertemu Ma'ruf Amin di Shanghai, Bos Perusahaan Ekspedisi Pamer Pengembangan Bisnis di Indonesia

Sands Group menjelaskan kepada Wakil Presiden Ma’ruf Amin bahwa pihaknya sudah lama mengembangkan bisnis di Indonesia bermula tahun 2013 diawali dalam sektor alat komunikasi elektronik dan telah berkembang hingga ke 14 negara.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Indonesia Ma’ruf Amin melakukan kunjungan kerja ke Tiongkok, dimana agenda utamanya adalah menghadiri China – ASEAN Expon dan China – ASEAN Business Summit di Nanning. Ma'ruf juga melanjutkan kunjungannya ke Shanghai terkait kerjasama investasi, industri halal dan pariwisata. 

Di sela-sela agenda di Shanghai, Sands Group bersilaturrahim dengan Ma'ruf Amin. Hadir dari Sands Group Indonesia Ivan Lau dan Alinna Wen.

Ivan Lau menjelaskan kepada Ma’ruf Amin bahwa Sands Group yang sudah lama mengembangkan bisnis di Indonesia, bermula pada 2013 diawali dalam sektor alat komunikasi elektronik dan telah berkembang hingga ke 14 negara.

Berawal dari pengalaman ini, Sands Group hadir dan mengembangkan bisnis lain yang mencakup bidang komunikasi elektronik, logistik, kosmetik dan alat kecantikan, produk ibu dan anak serta industri makanan. Beberapa Brand yang telah dikembangkan diantaranya OPPO, J&T Express dan Kargo, MAKUKU, Hebe Beauty dan lainnya.

"J&T Express merupakan bisnis pertama yang didirikan oleh Sands Group di Indonesia pada tahun 2015," ungkap Mr Ivan Lau dikutip dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (23/9/2023).

Hingga saat ini J&T Express memiliki karyawan 70.000 orang di seluruh Indonesia, perusahaan ini mempercepat cakupan logistik Indonesia yang komprehensif dengan efisiensi yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah di seluruh negeri, sehingga secara efektif membantu perkembangan industri dan ekonomi Indonesia. 

Selain sektor alat komunikasi elektronik dan Logistik, Sands Group melalui brand MAKUKU merupakan perusahaan yang dikhususkan pada kebutuhan Ibu dan anak didirikan di Indonesia pada tahun 2021 dan telah membangun pabrik di wilayah Jawa Tengah.

MAKUKU memiliki komitmen yang kuat kepada misi menyediakan produk yang terbaik bagi konsumen, juga sangat mementingkan proses perizinan, sertifikasi halal dan sertifikasi terkait lainnya sejak didirikan.

Kini, MAKUKU memiliki pengetahuan dan kualifikasi mengenai sertifikasi halal yang lebih komprehensif dan sistematis. MAKUKU berupaya untuk menyediakan produk yang lebih banyak dan layanan yang lebih baik kepada konsumen produk ibu dan anak di Indonesia. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sertifikat Halal

Selain itu, Ma’ruf Amin juga ketemu beberapa perusahaan China lain, salah satunya adalah Feihe China. Perusahaan Feihe bergerak di bidang nutrisi ibu dan anak, yang memiliki sejarah selama 61 tahun berdiri, Pabrik Feihe telah memperoleh sertifikat halal dari lembaga sah di Tiongkok pada tahun 2022, "Aman dan tidak ada kasus", dan produk Feihe memiliki pangsa pasar terbesar di dunia.

Sesuai arahan yang diberikan KH Ma’ruf Amin kepada Sands Group waktu pertemuan di Shanghai, agar dapat memahami regulasi dalam hal perizinan, baik izin mendirikan perusahaan dan perizinan teknis di kementerian terkait.

Selain itu, Ma’ruf Amin menambahkan bahwa para pelaku usaha yang memproduksi dan memperdagangkan produk-produk pangan di Indonesia, wajib bersertifikat halal dan tertera logo halal pada kemasannya dan juga mutlak diperlukan sebagai payung hukum yang kuat bagi pemerintah yang berwenang untuk mengatur produk halal di Indonesia. Ini sangat penting, bagi pelaku usaha ditambah kedepannya MAKUKU akan fokus mengembangkan produk Ibu dan anak, jelas sangat sinkron dengan program pemerintah dalam peningkatan gizi dan menurunkan angka stunting di Indonesia dan ini merupakan harapan yang dapat dilakukan para stakeholders di Indonesia. 

 

3 dari 4 halaman

Wapres Ma'ruf Amin Ajak Pebisnis China Ikut Genjot Industri Halal

Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertemu dengan Wali Kota Shanghai Gong Zhen dalam agenda kunjungannya ke Republik Rakyat China (RRC). Industri halal menjadi salah satu yang disorot oleh wapres. 

Pada kunjungan ini, wapres RI didampingi oleh delegasi tingkat tinggi, termasuk Duta Besar RI untuk Tiongkok, Djauhari Oratmangun, dan sejumlah pejabat kunci. Sementara itu, Wali Kota Shanghai ditemani oleh para pejabat tingkat tinggi Pemerintah Kota Shanghai.

Dilansir situs Kemlu RI, Selasa (19/9/2023), Wapres Ma’ruf Amin memulai pembicaraan dengan menekankan peran strategis Kota Shanghai sebagai gateway perdagangan dan pusat komersial bilateral antara Indonesia dan Tiongkok. Dia menyatakan harapannya agar kunjungannya dapat memacu investasi dan kerja sama di sektor industri halal antara kedua negara.

Wapres memaparkan tiga poin kunci untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya dengan Kota Shanghai. Pertama, ia menyoroti pentingnya peningkatan investasi dari kedua belah pihak. Wapres mengapresiasi minat besar investor Shanghai untuk berinvestasi di Indonesia, termasuk di Kawasan Industri Morowali.

Terkait industri halal, Ma'ruf Amin menegaskan pentingnya pengembangan sektor industri halal. Ia lantas mengundang pelaku usaha Shanghai agar memanfaatkan potensi besar industri halal di Indonesia yang nilainya mencapai USD 135 miliar.

Ketiga, Wapres menyoroti pentingnya kerja sama antarmasyarakat untuk mempererat hubungan baik antara Indonesia dan Tiongkok. Ia mendorong kerja sama pendidikan, terutama di bidang vokasi, untuk memajukan sumber daya manusia sebagai pendukung investasi Tiongkok di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Respons Wali Kota Shanghai

Terkait dengan industri halal, Wali Kota Zheng berjanji untuk menyampaikan informasi tentang peluang pasar sektor halal senilai 135 miliar dolar Amerika kepada Komisi Perdagangan Kota Shanghai. Ia juga setuju tentang pentingnya program people-to-people contacts melalui pariwisata dan pendidikan.

Wali Kota Gong Zheng turut memaparkan kemajuan Shanghai dalam membangun diri sebagai kota modern yang berpengaruh di dunia, sesuai arahan dari Presiden Tiongkok Xi Jinping. Shanghai telah berhasil mempertahankan posisinya sebagai pusat ekonomi terbesar di Tiongkok dan menjadi salah satu pusat perdagangan terkemuka dunia.

Pihak Kemlu RI menyebut kunjungan ini memperkuat kemitraan strategis komprehensif antara Indonesia dan Tiongkok, seiring dengan tekad kuat dari kedua pemimpin, Presiden Joko Widodo dan Presiden Xi Jinping, untuk memperdalam hubungan bilateral kedua negara. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini